Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Arti Kata “Barcode” Yang Sering Dipakai di Dunia Medsos

Barcode social media_1
Istilah Barcode di dunia media sosial memiliki makna konotasi yang cukup perlu diperhatikan. (Sumber: MSU Denver RED)

Unbox.id – Media sosial (medsos) memiliki banyak bahasa gaul yang sering digunakan penggunanya. Bahasa gaul media sosial terkadang memiliki arti yang lucu dalam kaitannya dengan hiburan, namun seringkali juga memiliki arti yang menyedihkan. Salah satu kata gaul media sosial yang memiliki arti seperti kesedihan adalah misalnya barcode. Dalam arti aslinya, kode batang (barcode) adalah serangkaian kode dalam rangkaian bilah hitam berjajar yang menyimpan informasi tertentu.

Apa Arti Kata Barcode?

Ini adalah arti asli dari barcode. Namun makna ini berbeda cerita dengan kata barcode yang sering digunakan di media sosial. Di media sosial, pengguna biasanya menggunakan kata barcode dalam keadaan atau situasi yang menyedihkan.

Tweet di atas menyertakan tangkapan layar dari percakapan kontroversial yang tampaknya terjadi di antara teman. Kata Barcode dapat dilihat muncul di beberapa diskusi. Selain tweet @tanyarlfes, masih banyak pengguna lain yang menggunakan kata barcode dalam situasi sedih.

Jika Anda terbiasa menggunakan kata-kata seperti itu, lalu apa arti kode batang? Untuk informasi yang lebih spesifik, berikut penjelasan tentang arti barcode yang sering digunakan di media sosial untuk situasi atau keadaan yang menyedihkan.

Baca juga: Pengertian Shadowban Di Media Sosial Dan Cara Mengatasinya

Menyakiti Diri Sendiri

Barcode social media_2

Barcode memiliki arti yang cukup memerlukan perhatian lebih lanjut bagi para penggunanya di dalam dunia media sosial. (Sumber: Onlymentalhealth)

Dalam pelacakan media sosial, arti dari barcode adalah kode untuk kesehatan mental yang tidak baik. Kata barcode digunakan untuk menggambarkan seseorang yang merugikan dirinya sendiri. Bagaimana kata ini bisa berhubungan dengan menyakiti diri sendiri? Sebelum mengetahui hubungan kedua hal tersebut, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu isu self-harm.

Perhatikan bahwa menyakiti diri sendiri adalah menyakiti diri sendiri dengan sengaja. Dikutip dari Into the Light Indonesia yang berfokus pada masalah kesehatan mental, self-harm terjadi ketika seseorang berada di bawah tekanan besar atau menyakitkan tetapi tidak dapat mengungkapkan perasaannya dengan cara lain.

Bunuh diri memiliki beberapa plot umum. Salah satu caranya adalah dengan menyayat tubuh dengan benda tajam. Hasil dari self-harm ini kemudian dicocokkan dengan istilah kata tersebut. Sayatan yang berderet dihubungkan dengan cara yang sama seperti palang yang tercetak pada kode batang. Inilah penjelasan arti dari kalimat yang sering digunakan di media sosial sebagai kode untuk masalah kesehatan mental.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

Layanan Untuk Penyelamatan

Informasi lebih lanjut, karena kalimat ini memiliki arti yang berbeda, jika anda menemukan teman atau kerabat mengucapkan istilah barcode dengan maksud merugikan diri sendiri, sebaiknya jangan dihiraukan. Saat Anda sendiri berada di bawah banyak tekanan, jangan memilih untuk menyakiti diri sendiri. Coba ceritakan kepada orang-orang terdekat dan tepercaya Anda tentang kesusahan atau masalah yang Anda alami.

Atau Anda juga bisa pergi ke fasilitas psikiatri seperti Into the Light Indonesia untuk meminta bantuan. Into the Light Indonesia dapat dihubungi lebih lanjut melalui website ini https://www.intothelightid.org/contact-us.

Jadi, barcode ini mempunyai arti yang buruk untuk di media sosial itu sendiri, ada kalanya lebih baik kita dapat saling membantu teman dan kerabat kita yang sedang mengalami kesulitan.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...

Tech Industry

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp beta terbaru yaitu beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan estetika pada tab Status. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat...