Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple Dominasi Pasar Smartphone Q1 2023

Apple Smartphone_1as
Pangsa pasar smartphone Apple telah merajai pasaran smartphone di sesi Q1 tahun 2023. (Sumber: Jagad Review)

Unbox.id – Menurut laporan Monitor Pasar terbaru Counterpoint, pasar ponsel pintar global terus menyusut dengan pengiriman yang menurun pada kuartal pertama tahun 2023. Pengiriman ponsel pintar turun 14% secara tahunan (year-on-year, year-on-year). -tahun) dan 7% triwulanan (triwulanan, triwulanan), dengan total 280,2 juta unit. Analis senior Harmeet Singh Walia mengomentari dinamika pasar bahwa: “Pengiriman smartphone terus menurun pada Q1 2023 setelah kuartal liburan terlemah sejak 2013 karena tingkat pertumbuhan yang lebih lambat dari yang diharapkan di negeri Tiongkok telah dilanda kegagalan bank yang mengkhawatirkan di kedua sisi Atlantik.” Menurut Walia, hal ini semakin melemahkan kepercayaan konsumen menghadapi volatilitas pasar yang tiada henti.

Apple Berhasil Raih Hampir Setengah Dari Semua Pendapatan Smartphone

Selain itu, beberapa merek besar mengirimkan lebih sedikit perangkat baru ke pasar yang kesulitan dengan persediaan yang tinggi karena konsumen memilih untuk lebih jarang memutakhirkan tetapi dengan smartphone yang tahan lama, daripada saat mereka membeli.

Akibatnya, penjualan smartphone global dan laba operasional juga turun, namun tidak sebanyak penjualan. Ini sebagian karena pengiriman Apple turun lebih sedikit dari biasanya, menjadi 58 juta unit pada kuartal pertama 2023.

Alhasil, Apple berhasil meraup hampir setengah dari total pendapatannya dari smartphone. Sementara itu, pengiriman Samsung turun 19% year-on-year, meski tumbuh 4% quarter-on-quarter menjadi 60,6 juta unit.

Peluncuran seri Galaxy S23 memperlihatkan titik penjualan rata-rata (ASP) Samsung naik menjadi $340, naik 17% tahun-ke-tahun dan 35% kuartal-ke-kuartal, sehingga membantu mengurangi pendapatan global secara relatif lebih sedikit.

Apple dan Samsung

Apple Smartphone_2as

Apple jadi salah satu penyumbang pasar smartphone terbesar di dunia. (Sumber: Gizmologi)

Apple dan Samsung juga tetap menjadi merek yang paling menguntungkan, bersama-sama menyumbang 96% dari laba operasi smartphone global.

Direktur Riset Jeff Fieldhack menjelaskan kinerja Apple dengan mengatakan, “Apple mengungguli pasar karena sejumlah faktor. Pertama, kekakuan ekosistem mencegah pelanggan memilih ponsel cerdas yang lebih murah, bahkan di masa ekonomi yang sulit.”

Kedua, lanjut Fieldhack, Apple tidak hanya merebut hampir setengah dari pasar sekunder, tetapi juga menarik pengguna yang bersedia menghabiskan lebih banyak uang untuk perangkat yang lebih tahan lama, di mana daya tahan menjadi prioritas bagi banyak orang.

Ketiga, ini adalah merek yang disukai konsumen Gen Z di Barat dan oleh karena itu diposisikan untuk kesuksesan yang berkelanjutan. Pada saat yang sama, Apple telah mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Huawei di pasar kelas atas negeri Tiongkok,” kata Fieldhack.

Karena itu, kata Fieldhack, Apple mampu mengatasi fluktuasi ekonomi dan lainnya dengan lebih baik daripada para pesaingnya sambil tetap menikmati loyalitas yang kuat.

Baca lagi: Google Dan Apple Kolaborasi Atasi Tracker Bluetooth

Temuan Lainnya

Selain itu, Xiaomi, OPPO (termasuk OnePlus), dan vivo, merek ponsel pintar terbesar dunia di negeri Tiongkok, harus menunggu lebih lama untuk kembali karena semuanya mengalami penurunan tahun-ke-tahun pada level yang sama dua digit pada kuartal pertama tahun 2023.

Ini karena musim. Pertumbuhan telah melambat di negeri Tiongkok pada saat pemulihan ekonomi negara berlangsung lebih lama dari yang diharapkan. OPPO juga baru-baru ini menghadapi tantangan di pasar luar negeri. OPPO harus menarik diri dari pasar Jerman setelah kalah dalam gugatan paten dengan Nokia.

Di saat yang sama, pendapatan dan keuntungan ketiga merek tersebut juga sedang melorot. Sementara OPPO* dan vivo mengalami penurunan penjualan dan ASP dari tahun ke tahun, yang mengakibatkan penurunan pendapatan dua digit, pertumbuhan ASP Xiaomi yang rendah dari tahun ke tahun tidak menghentikan penurunan pendapatan sebesar dua digit pada kuartal pertama tahun 2023.

Ke depannya, pasar smartphone secara keseluruhan diperkirakan akan mengalami kesulitan pada kuartal-kuartal mendatang. “Masalah berkepanjangan yang mengganggu pasar smartphone diperkirakan tidak akan mereda dalam waktu dekat,” kata direktur riset Tarun Pathak.

Selain itu, keputusan baru-baru ini untuk mengurangi produksi minyak oleh negara-negara OPEC dapat menyebabkan tingkat inflasi yang lebih tinggi, yang menyebabkan penurunan daya beli konsumen.

Oleh karena itu, meski pengapalan smartphone berkurang, pemulihan yang signifikan tidak mungkin terjadi sebelum musim liburan.”

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Samsung terus memperluas jajaran produknya. Sejalan dengan hal tersebut, langkah perusahaan selanjutnya adalah menambah anggota baru di seri F populernya, Galaxy...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk smartphone terbaru Vivo dengan nama Y38 5G saat ini telah resmi meluncur di Taiwan. Meskipun ponsel ini terdaftar di situs...

Tech Industry

Unbox.id – iPad tampaknya digunakan dalam operasi yang tidak biasa selama perang Ukraina-Rusia. Alasannya karena Angkatan Udara Ukraina menggunakan iPad sebagai senjata modern pada...

Tech Industry

Unbox.id – iPad Apple telah ditambahkan ke daftar produk teknologi yang harus mematuhi peraturan DMA (Digital Markets Act) Uni Eropa. Komisi Eropa juga secara...