Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Aplikasi Cek Suhu Untuk CPU dan GPU Yang Gratis

HWMonitor-App_1h
Ada beberapa aplikasi cek suhu yang bisa dipilih untuk mengecek suhu untuk CPU dan GPU yang pas untuk pengguna PC. (Sumber: ApkPure)

Unbox.id – Memantau suhu perangkat di komputer dan laptop kita adalah salah satu hal yang perlu kita lakukan. Untungnya, banyak pengembang telah menghadirkan aplikasi untuk mengukur suhu CPU, GPU, dan bahkan perangkat keras lainnya. Fungsionalitas CPU dan aplikasi pengukuran suhu perangkat keras lainnya sangat penting. Dengan aplikasi ini kita dapat mencegah komputer dan laptop kita dari overheat. Jadi, mari kita lihat aplikasi pengukur suhu terbaik di komputer dan laptop di bawah ini.

HWMonitor

HWMonitor adalah salah satu aplikasi gratis yang paling mudah digunakan. Aplikasi pengukur suhu komputer yang dihasilkan oleh CPUID ini dapat memantau suhu motherboard, CPU, hard drive, dan GPU.

Tidak hanya suhu, HWMonitor juga menampilkan voltase dan jumlah watt yang digunakan prosesor. Anda juga dapat mengekspor data terlacak ke dokumen teks jika Anda memerlukan aplikasi pengukur suhu sederhana, HWMonitor adalah jawabannya. Anda dapat mengunduh HWMonitor secara gratis dari situs resminya.

Real Temp

Real Temp App_2

Jadi salah satu aplikasi cek suhu gratis yang cocok untuk penggunanya, Real Temp hadirkan kemudahan dalam pengecekan suhu di perangkat PCnya. (Sumber: FileCroco)

Real Temp juga merupakan aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengukur suhu perangkat keras di komputer atau laptop Anda. Apalagi bagi Anda yang menggunakan prosesor Intel, aplikasi ini menjadi pilihan yang cocok.

Real Temp kompatibel dengan prosesor single core, dual core, quad core, i3, i5, i7 dan i9. Real Temp akan menampilkan suhu CPU Anda secara real time. Real-time juga akan menampilkan suhu terendah dan tertinggi sejak Anda menyalakan komputer.

Anda juga dapat memicu alarm untuk memberi tahu Anda jika suhu perangkat keras terlalu tinggi. Anda dapat mengunduh aplikasi Real Temp secara gratis melalui tautan ini.

Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor sangat mirip dengan HWMonitor tetapi dengan fitur tambahan. Selain menampilkan suhu perangkat keras Anda, Open Hardware Monitor juga menampilkan frekuensi CPU dan GPU, informasi RAM, dan bahkan status hard drive atau SSD Anda.

Open Hardware Monitor juga dapat dikustomisasi, misalnya dapat mengganti nama atau menyembunyikan nilai dan mengubah offset. Anda dapat mengunduh Open Hardware Monitor secara gratis dari situs resminya.

Pastikan untuk menjalankan aplikasi ini sebagai administrator sehingga Anda dapat menggunakan fitur lengkapnya.

Baca juga: Deretan Aplikasi Gratis Untuk Time Lapse

Speedfan

Speedfan adalah salah satu aplikasi gratis tertua bahkan sebelum Windows XP lahir. Selain dapat melihat suhu CPU, kecepatan kipas, dan voltase, Anda dapat menggunakan Speedfan untuk mengontrol kecepatan kipas di komputer Anda. Anda juga akan mendapatkan notifikasi jika suhu CPU terlalu tinggi.

Speedfan juga memiliki fungsi grafik yang memungkinkan Anda menganalisis suhu dan voltase perangkat keras lebih dalam. Anda dapat mengunduh aplikasi Speedfan secara gratis dengan mengklik tautan ini.

CPU Thermometer

Termometer CPU adalah aplikasi pemantauan suhu perangkat keras yang paling minimalis dan mudah digunakan. Aplikasi ini hanya menampilkan informasi suhu tentang CPU. Karena kesederhanaannya, CPU Termometer memiliki berat kurang dari 300 KB.

Bagi anda yang sekedar ingin mengetahui berapa suhu pada CPU, CPU Thermometer adalah jawaban yang tepat untuk anda.

Unduh Termometer CPU secara gratis dan mulailah mengukur suhu pada perangkat keras Anda.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...

Tecno

Jakarta, Unbox.id — Publik telah akrab dengan asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, akan tetapi tidak dengan buatan Tecno. Perusahaan tersebut kini...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Fitur talkback pada ponsel Samsung Galaxy sangat bagus untuk penyandang tunanetra atau gangguan penglihatan. Ini membantu mereka dengan membacakan dengan lantang...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp beta terbaru yaitu beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan estetika pada tab Status. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat...