Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Android Keluarkan Fitur Reset Izin Otomatis

Android 11

Jakarta.Unbox.id – Google akan meluncurkan fitur terbaru Reset Izin Aplikasi ke perangkat yang menjalankan Android 6 (Marshmallow) dan di atasnya.

Pada saat Google meluncurkan Android 11 di akhir musim panas lalu, mereka menambahkan fitur yang secara otomatis izin mengatur ulang aplikasi.

Jika pengguna tidak menggunakan aplikasi setelah beberapa bulan, OS dapat mencabut beberapa izin yang diminta aplikasi untuk Anda berikan saat pertama kali menginstalnya.

Meskipun fitur ini adalah fitur praktis, namun sayangnya hanya tersedia di sejumlah kecil perangkat.

Karena sebagian besar produsen Android hanya mendukung perangkat mereka dengan pembaruan platform selama beberapa tahun.

Berita terbarunya, pada Desember 2021, Google akan mulai meluncurkan fungsionalitas itu ke semua perangkat yang menjalankan Android 6 (Marshmallow) dan di atasnya.

Fitur ini akan datang berkat pembaruan layanan Google Play yang akan diluncurkan perusahaan ke “miliaran” perangkat.

Setelah pengguna menginstal perangkat lunak baru di perangkat, maka aplikasi akan mengaktifkan fitur tersebut secara default untuk Android 11 atau lebih tinggi.

Untuk aplikasi pada versi OS yang lebih lama, pengguna akan memiliki opsi untuk mengaktifkannya secara manual.

Lebih lanjut, berikut ini beberapa informasi tentang pembaruan Android 11 dan fitur baru apa yang dibawanya.

Baca juga : Oppo Pamerkan ColorOS 12 Setelah Merger OnePlus

Sistem Izin Ponsel

logo android 2019

Menurut SlashGear, sebenarnya hampir semua perangkat lunak yang berbeda saat ini mengaitkan fitur privasi dan keamanan yang secara langsung merupakan sistem izin.

Sehingga aplikasi yang tidak memerlukan akses ke fitur atau perangkat keras tertentu tidak dapat mengaksesnya.

Namun, ketika aplikasi dapat mengaksesnya, mereka masih perlu mendapatkan persetujuan pengguna sebelum melakukannya.

Android telah menyempurnakan sistem tertentu dari waktu ke waktu dan memungkinkan penggunanya untuk dengan mudah memberikan atau bahkan mencabut izin aplikasi tertentu pada waktu tertentu.

Fitur Reset Otomatis

Tidak semua pengguna menyadari atau mungkin lupa bahwa mereka sebenarnya telah menginstal beberapa aplikasi.

Untuk itulah fitur izin reset otomatis dirancang, dan saat ini akhirnya datang ke ponsel yang menjalankan perangkat lunak untuk Android 6 Marshmallow ke atas.

Pada saat ini, hampir terlalu mudah untuk menginstal aplikasi Android dan juga mudah untuk memberi izin yang mungkin sebenarnya tidak dibutuhkan.

Itu mungkin bagus untuk aplikasi tertentu, tetapi sebagian pengguna memiliki kecenderungan untuk membiarkan aplikasi itu tetap ada di ponsel meskipun tidak digunakan selama berbulan-bulan.

Google Android 11

android11

Dengan bantuan izin yang tepat, aplikasi khusus ini juga dapat menjadi kerentanan yang berpotensi memungkinkan malware menginfeksi perangkat.

Inilah sebabnya mengapa Google kemudian mengembangkan fitur di Android 11 baru yang secara otomatis mengatur ulang izin reset, jika suatu aplikasi tidak benar-benar digunakan selama beberapa bulan.

Meskipun sebenarnya ada pengecualian untuk jenis aplikasi tertentu, namun perilaku umumnya adalah pengguna akan memberikan izin lagi jika membuka aplikasi untuk pertama kalinya setelah waktu yang lama.

Jadi ini akan membuat ponsel akhir 2020 hingga 20121 tetap aman, tetapi juga membuat sebagian besar populasi pengguna Android menjadi rentan.

Baca juga : Semua Tentang Tampilan Baru Apple Watch Series 7

Layanan Google Play

Google juga mendorong fitur tersebut untuk mendukung Android 6 dan perangkat yang lebih baru. Setelah diluncurkan, izin reset otomatis dilaporkan akan diaktifkan secara default pada perangkat tertentu yang kompatibel.

Ini berarti ponsel Android, tablet, dan perangkat lain yang memiliki layanan Google Play.

Meski demikian, pengguna masih dapat memilih untuk secara otomatis mengaktifkan izin pengaturan ulang meski tanpa bantuan layanan Google Play. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto : dari berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Banyak dari pengguna yang akan setuju bahwa pengalaman menggunakan YouTube di iPhone atau iPad tidak begitu bagus. Kini masalah itu dapat...

How To

Jakarta, Unbox.id – Google Form adalah aplikasi yang layak untuk direkomendasikan. Karena selain mudah digunakan, mudah dibagikan, juga memiliki antarmuka yang bersih. Salah satu...

How To

Jakarta, Unbox.id – Ingin tahu nomor IMEI smartphone Xiaomi Anda? Mengetahui nomor IMEI adalah hal yang cukup penting. Karena nomor IMEI dapat berguna dalam...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Di belahan dunia, seperti Asia, menjual dan mengiklankan produk melalui livestream sudah menjadi aktivitas yang cukup populer. Di sinilah penjual berinteraksi...