Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Android 14 Dengan Performan dan Baterai Yang Lebih Hemat

Android 14_1a
Android 14. (Sumber: Gizbot)

Unbox.id – Android 14 telah menjadi sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh Google. Sistem operasi ini hadir dengan sejumlah fitur dan peningkatan yang bertujuan untuk memperpanjang masa pakai baterai dan meningkatkan performa. Di Android 14, pengurangan aktivitas di latar belakang merupakan salah satu perubahan yang sangat berarti. Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa perangkat serta memperpanjang masa hidup baterai.

VP Engineering Dari Google

Android 14_2b

Android 14. (Sumber: Sam Lover)

Ada beberapa perubahan penting dalam sistem Android 14, seperti yang diungkapkan oleh Dave Burke, VP Engineering Android dari Google. Salah satunya adalah mekanisme penyesuaian kerja memori dan prosesor yang telah mengalami perubahan signifikan.

Dalam mengutip laporan dari Gizchina, diketahui bahwa perubahan mekanisme ini memberikan dampak positif baik pada performa perangkat serta masa pakai baterai yang lebih baik. Menurutnya, kami telah mengupayakan banyak hal untuk mengurangi kegiatan CPU pada aplikasi latar belakang dan sebagai hasilnya, cold start di Android 14 dapat berkurang sebanyak 30 persen.

Menurut Burke, cold start terjadi ketika perangkat harus mengambil kode dari flash dan memuatnya ke dalam memori sebelum perangkat dapat beroperasi. Menurut Burke, pengurangan cold start sebesar 30 persen dapat dirasakan secara signifikan oleh pengguna.

Artinya, cold start merujuk pada permulaan aplikasi dari nol. Selanjutnya, tim engineer Android di Google berupaya meningkatkan jumlah proses yang di-cache, yaitu proses yang tersimpan di dalam RAM. Dengan demikian, mereka dapat melakukan lebih banyak proses awal.

Kemampuan Baru di Android 14

Namun, cara ini juga memiliki risiko jika terlalu banyak proses yang disembunyikan di ponsel dan proses tersebut tidak benar-benar dihentikan, maka proses tersebut akan menggunakan lebih banyak aktivitas GPU dan menguras baterai.

Melalui pengujian terus-menerus, kata Burke, tim akhirnya mampu mengurangi penggunaan CPU hingga 50 persen saat program berjalan di latar belakang. Sistem Android 14 membatasi transfer untuk menghemat sumber daya. Broadcasting sendiri merupakan mekanisme komunikasi antara sistem dan aplikasi.

Dimulai dengan Android 14, sistem dapat mengantri acara yang direkam dalam konteks saat aplikasi berada dalam mode cache. Hal ini mirip dengan perilaku antrean penerapan peristiwa tautan asinkron di Android 12. Aplikasi yang ditampilkan dalam daftar tidak akan dimasukkan dalam antrean dan aplikasi akan dihapus dari cache untuk mengirimkan sinyal.

Ketika aplikasi keluar dari mode cache, misalnya, kembali ke latar depan, sistem mengirimkan semua aplikasi dalam antrian. Beberapa contoh siaran tertentu dapat digabungkan menjadi satu siaran.

Hal ini bergantung pada faktor-faktor lain seperti keadaan sistem, kemampuan aplikasi untuk menghapus cache, dan transmisi apa pun yang sebelumnya berada dalam antrean yang mungkin telah terkirim.

Baca juga: One UI 6.0 Berbasis Android 14 Siap Rilis Dalam Waktu Dekat

Membatasi Aktivitas Aplikasi di Background

Android 14_3c

Android 14. (Sumber: Gizchina)

Banyak aplikasi terus berjalan di latar belakang meskipun pengguna tidak menggunakannya. Hal ini mempengaruhi cepat habisnya baterai meskipun tidak digunakan. Untuk membatasi aktivitas latar belakang, buka aplikasi Pengaturan dan buka Aplikasi dan notifikasi.

Lalu ketuk Tampilkan semua aplikasi dan notifikasi. Lalu klik Tampilkan semua aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda batasi. Di menu Tingkat Lanjut, ketuk Baterai dan matikan pembatasan latar belakang.

Meskipun Android 14 membatasi siaran dan aktivitas latar belakang untuk meningkatkan kinerja, perusahaan juga telah mengubah ukuran kode. Dapat memperkecil ukuran aplikasi hingga 90 persen. Kami mengurangi ukuran kode sebesar 9 persen dengan melakukan banyak optimasi.

Perangkat dengan kode optimasi dari 500 MB menjadi 1 GB. Aplikasi yang terinstal dapat dioptimalkan dan menghemat memori 50-100 MB.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis pembaruan Android 15 beta 3. Pembaruan tersebut menghadirkan sejumlah fitur baru ke ponsel Android. Seperti dilansir Gadgets360, salah...

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini, panggilan spam yang mengarah ke penipuan online sering kali mengintai pengguna ponsel cerdas. Panggilan telepon, email spam, dan berbagai hadiah...

Artikel

Unbox.id – Tipe Smartphone Android bermacam-macam, ada yang memiliki spesifikasi terbaik dengan harga selangit, ada juga HP terjangkau namun dengan spesifikasi dan fitur terbatas....

Google

Jakarta, Unbox.id – Google baru saja mengumumkan inovasi terbaru yang cukup besar. Perusahaan mesin pencari tersebut berencana akan meluncurkan fitur kecerdasan buatan untuk software...