Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

7 Aplikasi Android Wajib Untuk Naik Gunung

Mendaki gunung (sumber: cnn.com)
Mendaki gunung (sumber: cnn.com)

Jakarta, Unbox.id – Menghabiskan waktu di alam merupakan salah satu hal terbaik untuk dapat menyegarkan pikiran dan tubuh. Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas menantang dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di alam.

Mendaki gunung memang menyenangkan, namun ada beberapa hal yang tentunya perlu Anda siapkan agar aktivitas mendaki Anda aman. Menariknya, saat ini Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi yang ada di Android Anda untuk meningkatkan pengalaman mendaki Anda. Mulai dari mencari jalur baru, Kompas, hingga pendukung keselamatan Anda.

Berikut adalah 7 rekomendasi aplikasi yang wajib Anda miliki saat hendak mendaki gunung.

Cairn: Hiking & Outdoor Trail Safety

Cairn: Hiking & Outdoor Trail Safety (sumber: cairnme.com)

Cairn: Hiking & Outdoor Trail Safety (sumber: cairnme.com)

Cairn merupakan salah satu aplikasi mendaki yang dapat membantu Anda agar tetap aman selama pendakian. Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini yakni adalah membagikan lokasi real-time Anda dengan teman- teman Anda. Hal ini tentu dapat berguna untuk saling mengawasi satu sama lain.

Baca juga: 5 Fitur Canggih di Aplikasi Google Maps Yang Jarang Diketahui

Aplikasi ini juga menawarkan fitur perencaan rute dengan menyediakan perkiraan tentang berapa lama Anda dapat menyelesaikan rute tertentu berdasarkan data yang dipersonalisasi. Jika Anda membutuhkan waktu lebih lama dari perkiraan untuk mendaki, aplikasi ini akan memberikan notifikasi pada kontak daruratmu untuk memberi tahu mereka.

Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis. Namun, untuk dapat menggunakan fitur- fiturnya secara offline, Anda dapat dapat membeli versi premiumnya.

AllTrails

AllTrails (sumber: mapbox.com

AllTrails (sumber: mapbox.com)

AllTrails adalah merupakan aplikasi mendaki yang dapat membantu para pendaki pemula maupun berpengalaman. Beberapa fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini adalah dapat menemukan jalur hiking, bersepeda, serta lari dengan berbagai tingkat kesulitan dan jarak. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuat peta jejak khusus, mengikuti aktivitas teman, dan membaca ulasan dari para pengguna lain.

Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis dengan menawarkan fitur yang lebih dari cukup untuk akivitas mendaki yang nyaman. Namun, terdapat juga juga versi berbayar yang menawarkan fitur tambahan, seperti navigasi off-route offline dan overlay real-time.

Hiking Project

Hiking Project (sumber: hikingproject.com)

Hiking Project (sumber: hikingproject.com)

Hiking Project merupakan aplikasi mendaki yang menggunakan konten yang bersumber dari komunitas untuk membantu pengguna lain memilih jalur terbaik ketika mendaki. Di sini, terdapat informasi, seperti deskripsi rute, gambar, dan ulasan yang dapat dijadikan sebagai panduan dan pertimbangan Anda dalam memilih rute pendakian.

Hiking Project juga dapat digunakan secara offline sehingga Anda tak perlu khawatir saat kehilangan sinyal ketika mendaki.

HERE WeGo Maps & Navigation

HERE WeGo Maps & Navigation (sumber: ultimatepocket.com)

HERE WeGo Maps & Navigation (sumber: ultimatepocket.com)

HERE WeGo merupakan sebuah aplikasi navigasi yang bisa menjadi pengganti Google Maps. Aplikasi ini memiliki dukungan peta offline yang bagus sehingga mampu memberikan Anda bantuan navigasi jika Anda tiba- tiba kehilangan koneksi internet. Sebelumnya Anda cukup mengunduh peta wilayah tempat Anda berada. Menariknya, aplikasi HERE WeGo ini dapat Anda unduh secara gratis yang tentunya ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang hendak mendaki gunung.

Offline Survival Manual

Offline Survival Manual (sumber: americanoutdoor.guide)

Offline Survival Manual (sumber: americanoutdoor.guide)

Offline Survival Manual merupakan aplikasi untuk bertahan hidup atau survive. Aplikasi ini berisi banyak informasi tentang cara bertahan hidup di berbagai situasi, seperti membuat api, mencari makanan, hingga hal-hal yang lebih rumit seperti dampak psikologis ketika Anda sedang berada dalam situasi bertahan hidup.

Terdapat fitur informasi per kategori seperti obat-obatan dasar, tumbuhan, hewan berbahaya, saran situasional untuk gurun dan daerah tropis, bahkan pembuatan senjata dasar. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Compass Steel 3D

Compass Steel 3D (apkmirror.com)

Compass Steel 3D (apkmirror.com)

Compass Steel 3D merupakan aplikasi pendukung aktivitas mendaki yang cukup penting. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur,seperti indikator utara, serta utara magnetis. Terdapat juga fitur lainnya seperti indikator arah matahari dan bulan, waktu matahari terbit dan terbenam, waktu terbit dan terbenam bulan, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play Store secara gratis.

Flashlight

Flashlight (sumber: trscollegerawa.org)

Flashlight (sumber: trscollegerawa.org)

Senter adalah merupakan alat yang penting dalam aktivitas mendaki karena ini akan memberikan Anda akses cepat untuk menerangi jalan gelap, dan mencari sesuatu yang hilang. Walaupun sebenarnya saat ini semua smartphone sudah dibekali dengan senter bawaan, namun Anda memerlukan aplikasi senter tambahan.

Baca juga: 5 Aplikasi Smartphone Untuk Nonton Film

Flashlight adalah aplikasi senter yang mungkin cocok untuk para pendaki karena aplikasi ini menawarkan lebih dari sekadar alat penerangan. Flashlight dapat berkedip dalam berbagai warna, termasuk sinyal SOS, dan kode morse. Dengan fitur tersebut tentunya dapat mempermudah Anda dalam aktivitas mendaki.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: cnn.com, trscollegerawa.org, apkmirror.com, americanoutdoor.guide, ultimatepocket.com, hikingproject.com, mapbox.com, cairnme.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...