Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

5 Software Laptop Terbaik Untuk Editing Foto

Editing Photo on Laptop (sumber: chicagotribune.com)
Editing Photo on Laptop (sumber: chicagotribune.com)

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda memiliki hobi foto atau Anda adalah seorang fotografer, tentu Anda wajib untuk memiliki software editing foto untuk menyempurnakan hasil jepretan Anda. Mulai dari mengatur kontras, cahaya, tone warna dan detail, hingga menambahkan teks pada foto dapat Anda lakukan sendiri dengan menggunakan beberapa software pilihan ini.

Berikut adalah 5 software laptop yang bisa Anda unduh untuk menyempurnakan hasil dan kualitas foto Anda.

Photoscape X

Photoscape X (sumber: alex71.com)

Photoscape X (sumber: alex71.com)

Sebagai salah satu software editing foto gratis, Photoscape X dapat diandalkan untuk retouching foto Anda. Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap yakni diantaranya seperti image viewer, batch editing, built in screen capture tool, variasi filter, serta efek yang dapat langsung Anda pasang untuk membuat hasil foto Anda menjadi lebih sempurna.

Baca juga: Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan foto Anda menjadi sebuah foto panorama atau kolase. Dengan menggunakan Photoscape, Anda juga bisa membuat gambar menjadi animasi GIFs, mengonversi file RAW, membuat slideshow dan mencetak foto dengan berbagai template yang sudah disediakan.

Software satu ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula atau sedang belajar untuk editing foto dasar.

Adobe Lightroom

Adobe Lightroom (sumber: softfamed.com)

Adobe Lightroom (sumber: softfamed.com)

Bagi Anda yang suka membuat koleksi foto dengan rapi dan terorganisir, Lightroom cocok untuk Anda coba. Software Lightroom ini sangat populer dan banyak digunakan oleh para pemula maupun professional. Software ini memungkinkan Anda untuk mengolah semua file foto RAW atau JPEG dalam waktu yang bersamaan.

Seperti kebanyakan software editing lainnya, Lightroom dapat digunakan untuk retouching dasar seperti mengatur exposure, kontras, tone warna dan lainnya. Lightroom juga memiliki berbagai preset yang dapat Anda gunakan. Tentunya dengan adanya berbagai preset ini akan sangat membantu Anda untuk mengolah foto dengan jumlah banyak dalam satu waktu saja. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan preset buatan Anda sendiri untuk digunakan kembali.

Secara keseluruhan, Lightroom lebih mudah digunakan terutama jika Anda tidak berniat melakukan banyak retouch dalam foto Anda karena software satu ini tidak ditujukan untuk melakukan pengeditan yang lebih kompleks seperti menambahkan suatu objek dari satu foto ke foto lainnya. Untuk dapat melakukan hal tersebut, Anda dapat menggunakan software Photoshop yang juga sama-sama merupakan software besutan Adobe.

GIMP

GIMP (sumber: ubunlog.com)

GIMP (sumber: ubunlog.com)

Software GIMP ini sering disebut sebagai Photoshop versi gratis karena memiliki beberapa kesamaan dan fitur yang cukup lengkap. Terdapat berbagai fitur dan tools yang bervariasi untuk editing hasil jepretan Anda.

Meski dalam soal fitur dan tools software ini masih berada di bawah Photoshop, para pengembang GIMP kini sudah mulai menemukan beberapa extension baru untuk software ini. Selain itu, Anda tak perlu khawatir karena banyak sekali tutorial untuk editing foto menggunakan GIMP berkat komunitasnya yang cukup banyak.

Luminar

Luminar 4 (sumber: windowscentral.com)

Luminar 4 (sumber: windowscentral.com)

Jika Anda adalah pemula dan mencari aplikasi editing dengan banyak filter menarik dan mudah digunakan, Luminar mungkin cocok untuk Anda coba. Software ini menyediakan lebih dari 40 filter menarik yang langsung dapat Anda gunakan.

Walaupun software ini menyediakan banyak filter, ada juga berbagai fitur untuk profesional yang bisa Anda coba. Menariknya, terdapat juga fitur otomatis seperti memperbaiki warna, lens distortion, tone, hingga chromatic.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan pagi pemula sampai profesional sekalipun. Sayangnya software ini  berbayar, namun Anda dapat mencoba versi trial yang disediakan oleh Luminar melalui website resminya.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop (sumber: softmany.com)

Adobe Photoshop (sumber: softmany.com)

Terakhir, Photoshop telah menjadi software photo editing paling populer yang digunakan oleh seluruh kalangan dan para fotografer profesional diseluruh dunia. Di software photoshop ini, Anda bisa memanipulasi foto sesuai kemauan Anda. Fiturnya juga sangat lengkap ditambah Anda juga dapat memanfaatkan add-ons yang sangat beragam.

Anda dapat mengatur berbagai dasar editing seperti dodging, burning atau cropping. Selain itu, software ini juga memungkinkan Anda untuk editing foto yang kompleks dan rumit seperti masking, cloning, liquify, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Microsoft Hentikan Sinkronisasi Windows 7 dan 8 2022

Terdapat layers yang dapat digunakan untuk melakukan manipulasi foto secara bertahap tanpa perlu khawatir harus mengulang dari awal ketika ada bagian atau langkah yang ingin Anda atur ulang.

Software ini dicintai oleh banyak orang karena fiturnya yang tanpa batas dan memiliki banyak komunitas. Dengan Photoshop, Anda dapat berkreasi tanpa batas dan menciptakan karya yang bagus dengan menggunakan berbagai fitur dan toolsnya dengan maksimal. Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir karena tersedia tutorial yang sangat banyak yang dapat Anda temui berbagai web hingga video di YouTube.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: chicagotribune.com, softmany.com, windowscentral.com, ubunlog.com, softfamed.com, alex71.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...

Software

Unbox.id – Serangan siber telah menjadi hal lumrah di dunia digital ini. Sekitar 4000 serangan baru telah diterima setiap harinya. Untuk melindungi file dan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Adobe kembali meluncurkan alat unik yang mereka sebut sebagai Project Music GenAI Control. Sebuah alat yang mampu mengubah teks menjadi musik...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Google baru saja mengumumkan inovasi terbaru yang cukup besar. Perusahaan mesin pencari tersebut berencana akan meluncurkan fitur kecerdasan buatan untuk software...