Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

5 Rekomendasi Browser Android Ringan

People browsing on smartphone (sumber: blog.opera.com)
People browsing on smartphone (sumber: blog.opera.com)

Jakarta, Unbox. Id – Saat ini semua smartphone memang sudah dibekali dengan browser bawaan masing-masing. Namun nyatanya, terkadang beberapa browser bawaan justru berat dan tak jarang mengalami lag.

Namun, Anda tak perlu khawatir, karena saat ini banyak aplikasi browser gratis yang dapat Anda unduh di Google Play Store. Selain menyediakan beberapa fitur yang tak tersedia pada browser bawaan, browser pihak ketiga justru lebih ringan dan memiliki performa yang stabil jika untuk internetan.

Baca juga: Rekomendasi Game Android Terbaik

Terlebih beberapa browser pihak ketiga juga menawarkan tampilan yang menarik, sehingga hal tersebut akan memudahkan para penggunanya. Selain itu, beberapa diantaranya juga memiliki ukuran yang kecil, sehingga Anda tak perlu khawatir memikirkan penyimpanan dan RAM smartphone Anda.

Berikut adalah rekomendasi 5 aplikasi browser android gratis yang dapat Anda unduh di smartphone Anda.

Chrome

Chrome (sumber: mobilesyrup.com)

Chrome (sumber: mobilesyrup.com)

Aplikasi browser satu ini tentunya sudah memiliki reputasi sebagai browser bawaan smartphone yang terkenal ringan dan cepat. Meskipun demikian, browser Chrome tidak menyediakan fitur Ad Block seperti kebanyakan browser lainnya.

Hal ini tentu akan membuat penggunaannya jadi lebih berat ketika sedang browsing website yang cukup berat. Terlebih untuk dapat menggunakan browser ini secara mulus dan tanpa lag, Anda harus memiliki smartphone dengan ukuran RAM 2GB keatas.

Brave Browser

Brave Browser (sumber: brave.com)

Brave Browser (sumber: brave.com)

Walaupun Brave Browser merupakan salah satu browser baru, namun browser ini hadir dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang berguna.

Brave Browser menyediakan ad-block, memblokir script, cookie pihak ketiga, serta memiliki pengaturan tiap situs untuk Anda yang membutuhkannya. Browser ini juga menawarkan optimalisasi untuk peningkatan kecepatan dan masa pakai baterai smartphone Anda.

Dengan begitu, browser ini sangat fungsional dan mudah untuk digunakan.

Opera Mini

Opera Mini (sumber: blog.opera.com)

Opera Mini (sumber: blog.opera.com)

Browser satu ini tentu namanya sudah tak asing lagi berkat sudah populer sejak dulu. Browser dengan logo lingkaran merah ini terkenal akan tampilannya yang cukup simpel dan mudah untuk digunakan.

Opera Mini memiliki fitur pengompres data yang tentunya dapat menghemat kuota internet Anda. Tak hanya itu, walaupun digunakan untuk berpindah tab berulang kali, Opera Mini tetap memiliki performa yang ringan dan cepat.

Firefox Browser

Firefox Browser (sumber: blog.mozilla.org)

Firefox Browser (sumber: blog.mozilla.org)

Browser ini memiliki dua versi yang dapat Anda pilih. Yang pertama ada Firefox standar dengan menghadirkan banyak fitur seperti sinkronisasi beragam platform, kemanan saat browsing, pengaman kata sandi, dan masih banyak lagi. Firefox juga browser yang jadi pesaing terbesar Google Chrome.

Lalu yang kedua adalah Firefox Focus, sebuah browser private dengan banyak fitur keamanan dan kekuatan privasi yang tidak akan Anda temukan pada browser lainnya.

Firefox juga memiliki ukuran yang cukup ringan dan dapat Anda unduh di smartphone Android tanpa takut ponsel akan jadi lambat.

APUS Browser

 

APUS Browser (sumber: apkses.com)

APUS Browser (sumber: apkses.com)

APUS Browser ini memiliki ukuran yang sangat ringan yakni hanya 2 MB saja. APUS Browser ini memiliki tampilan antar mukanya yang juga sederhana sehingga membuat browser ini menjadi lebih ringan dan tidak memberatkan performanya.

Baca juga: Aplikasi Pencatat Terbaik Untuk Android

APUS Browser juga menyediakan fitur Shortcut yang berfungsi untuk membuka banyak website, update cuaca, dan berbagai fitur lainnya. Terdapat juga fitur No Image yang akan membuat kegiatan browsing Anda menjadi lebih hemat kuota dikarenakan fitur foto yang dinonaktifkan.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: apkses.com, blog.mozilla.org, blog.opera.com, brave.com, mobilesyrup.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Tech Industry

Unbox.id – Banjir merupakan salah satu jenis bencana alam yang sulit diprediksi. Namun kini Google dapat memprediksi bencana tersebut secara akurat. Google baru saja...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah memperbarui fitur Penjelajahan Aman default di Chrome untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap situs jahat. Hingga saat ini, fitur...

Tech Industry

Unbox.id – Android 15 dikabarkan memiliki fitur penting yang memungkinkan pengguna melacak ponsel yang hilang meski dalam keadaan mati. Seorang pengembang Android mengungkapkan di...