Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

5 Fitur Tersembunyi di iOS 16

5 Fitur Tersembunyi di iOS 16 (sumber: apple.com)
5 Fitur Tersembunyi di iOS 16 (sumber: apple.com)

Jakarta, Unbox.id – Apple iOS 16 diperkirakan akan dirilis sebentar lagi pada musim gugur bersama dengan sejumlah fitur besar, termasuk layar kunci yang sepenuhnya didesain ulang dengan widget dan beberapa penyesuaian, serta kemampuan untuk unsend messages dan edit pesan.

Meski demikian, terdapat juga beberapa fitur tersembunyi baru yang dapat sepenuhnya mengubah cara Anda menggunakan iPhone. Bagi Anda yang mendaftar Beta, Anda dapat mencoba iOS 16 lebih awal untuk dapat mencoba beberapa fitur baru yang dihadirkan oleh Apple.

iOS 16 (sumber: wired.com)

iOS 16 (sumber: wired.com)

Oleh karena itu, bagi Anda para pengguna iOS, berikut ini adalah 5 fitur tersembunyi yang akan hadir pada iOS 16.

Sambungkan Nintendo Switch Joy-Cons dengan iPhone

Apple telah lama mengizinkan Anda untuk dapat memasangkan controller pihak ketiga, seperti PS5 Sony DualSense dan Xbox Core Controller, ke iPhone atau iPad Anda agar dapat memainkan video game dengan lebih nyaman seperti Apple Arcade Library, Minecraft, dan Call of Duty.

Namun jika Anda memiliki Nintendo Switch, di iOS 16 nanti Anda dapat memasangkan controller Joy-Con Anda ke iPhone atau iPad. Untuk menggunakannya, Anda dapat menahan tombol hitam kecil di Joy-Con hingga lampu hijau mulai menyala yang mana artinya perangkat sedang dalam mode pairing. Selanjutnya, buka iPhone Anda dan buka Pengaturan> Bluetooth dan pilih Joy-Con dari daftar.

Baca juga: Ini Tanggal Rilis iPhone 14 Yang Dirilis Apple

Hidden Album dan Recently Deleted menggunakan kata sandi

Hidden Album di aplikasi Photo jelas tak bisa disembunyikan, mengingat Anda dapat dengan mudah menemukannya. Hal tersebut tentu tidak praktis untuk menyembunyikan foto atau video pribadi. Meskipun Apple menyediakan opsi untuk membuat Hidden Album tidak terlihat, siapa pun yang memiliki akses ke iPhone Anda dapat membuatnya terlihat lagi dan melihat semua yang ada di album tersebut.

Namun di iOS 16 nanti, Anda dapat mengunci Hidden Album. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi Photo dan buka tab Album di bagian bawah layar. Jika Anda menggulir ke bawah, Anda akan melihat kunci kecil di sebelah Hidden Album dan Recently Deleted. Untuk dapat melihat isi album, gunakan Face ID atau kode sandi iPhone Anda.

Lihat dan bagikan password Wi-Fi yang tersimpan

Apple kini mengizinkan pengguna iOS untuk berbagi kata sandi Wi-Fi untuk sementara waktu di iOS 16, hanya dengan menempatkan dua perangkat Apple berdekatan. Caranya di menu Pengaturan, buka Wi-Fi dan ketuk ikon informasi kecil di sebelah kanan jaringan yang Anda inginkan passwordnya. Untuk melihat password jaringan tersebut, ketuk bagian Password lalu gunakan Face ID atau masukkan kode iPhone Anda untuk melihatnya. Kemudian Anda dapat mengetuk Copy untuk menyalin kata sandi ke clipboard Anda dan membagikannya.

Temukan dan hapus semua foto dan video duplikat

Mungkin Anda telah menyimpan beberapa foto yang sama beberapa kali atau mengunduh video lebih dari sekali, sehingga Anda memiliki duplikat yang tanpa sadar ada di album foto Anda. Di iOS 16, Apple menghadirkan setiap duplikat foto dan video dengan mudah.

Caranya buka Photo > Album, kemudian Anda akan melihat album Duplikat baru di bawah Utilities, tempat Apple memindai semua foto Anda dan menunjukkan foto atau video apa pun yang telah Anda simpan lebih dari sekali. Dari sana, Anda dapat menghapus duplikat apa pun, dengan cukup tekan Merge, dan nantinya Apple akan menyimpan foto dengan kualitas terbaik dan kemudian memindahkan yang lain ke tempat sampah.

Meskipun Anda mungkin ingin melihat setiap kumpulan duplikat, untuk memastikan bahwa itu benar-benar salinan yang sama persis dan bukan foto yang serupa, Anda juga dapat menekan Select > Select All > Merge untuk menghapus setiap foto dan video yang menurut Apple adalah duplikat.

Baca juga: Cara Aktifkan Auto FPS di Kamera iPhone

Pin tab favorit di Safari

Safari membatasi tab terbuka Anda pada 500, dan jika Anda mendekati batas itu mungkin sangat sulit untuk menemukan tab tepat yang sedang Anda cari. Namun di iOS 16 sekarang ada cara yang lebih mudah untuk menemukan tab tepat yang Anda cari.

Di Safari, jika Anda menekan tab yang terbuka, Anda memiliki opsi untuk menekan Pin Tab. Dengan menekan Pin tersebut akan memindahkan tab ke bagian atas Safari, dimana itu akan ada sebagai pratinjau tab kecil, disematkan secara permanen di paling atas, yang kemudian dapat Anda ketuk untuk melihatnya.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: apple.com, wired.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...