Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

5 Aplikasi Wajib Untuk Mudik Lebaran

5 Aplikasi Wajib Untuk Mudik Lebaran (sumber: grid.id)
5 Aplikasi Wajib Untuk Mudik Lebaran (sumber: grid.id)

Jakarta, Unbox.id – Dari dulu hingga sekarang, mudik sudah menjadi aktivitas yang wajib bagi masyarakat Indonesia menjelang hari lebaran. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, perjalanan mudik pun kini terasa lebih nyaman dan menyenangkan dengan adanya bantuan beberapa aplikasi di smartphone.

Untuk mengoptimalkan perjalanan mudik lebaran agar aman dan nyaman, berikut adalah 5 rekomendasi aplikasi yang wajib Anda unduh untuk dapat Anda manfaatkan sepanjang perjalanan mudik.

PeduliLindungi

PeduliLindungi (sumber: dinkes.jakarta.go.id)

PeduliLindungi (sumber: dinkes.jakarta.go.id)

Semenjak adanya Covid-19, aplikasi ini menjadi sebuah aplikasi yang wajib tersedia di smartphone Anda guna untuk mendukung pemerintah dalam upaya tracing untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: 6 Aplikasi Untuk Desain Rumah di Android

Saat ini, hampir semua tempat umum dapat Anda temui scan PeduliLindungi yang mana mengharuskan pengunjung wajib untuk scan kode QR melalui aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga menyimpan sertifikat vaksin Anda jika sewaktu-waktu diperlukan tanpa harus repot mencetaknya. Tersedia juga informasi penting lainnya terkait perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Aplikasi Maps

Aplikasi Maps (sumber: businessinsider.com)

Aplikasi Maps (sumber: businessinsider.com)

Maps atau peta dipastikan juga menjadi aplikasi yang wajib ada di smartphone guna menjadi asisten bagi pemudik yang tak hafal jalan. Adapun aplikasi maps yang populer saat ini yakni adalah Google Maps dan Waze. Kedua aplikasi tersebut mendukung berbagai fitur selama perjalanan Anda mulai dari mengetahui traffic jalan, kemacetan, hingga rekomendasi tempat terdekat dari lokasi Anda seperti masjid, restoran, hingga hotel.

Aplikasi Jalan Tol

Aplikasi Jalan Tol Travoy (sumber: side.id)

Aplikasi Jalan Tol Travoy (sumber: side.id)

Terdapat beberapa aplikasi jalan tol yang dapat Anda pilih seperti Travoy, atau BPJT Info Tol yang dapat menginformasikan perihal tarif tol.

Dengan aplikasi tol, pemudik bisa mendapat informasi secara real time mengenai kepadatan jalur tol yang hendak dilalui. Termasuk juga informasi bila terjadi kecelakaan dan kemacetan yang panjang.

Aplikasi Booking Hotel

Aplikasi Booking Hotel Traveloka (sumber: dribbble.com)

Aplikasi Booking Hotel Traveloka (sumber: dribbble.com)

Pemudik yang memiliki tujuan cukup jauh mungkin harus mempertimbangkan aplikasi pemesanan hotel. Karena bila sepanjang perjalanan Anda sudah merasa ngantuk atau kelelahan dan dirasa membutuhkan istirahat, pemudik bisa secara instan mencari hotel terdekat dan melakukan pemesanan.

Terdapat banyak aplikasi pemesanan hotel yang bisa Anda temukan misalnya seperti Traveloka, Agoda, Tiket.com dan masih banyak lainnya. Anda dapat memilihi aplikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi Berita

Aplikasi Berita CNN Indonesia (sumber: app.cnnindonesia.com)

Aplikasi Berita CNN Indonesia (sumber: app.cnnindonesia.com)

Sebagai tambahan informasi selama perjalanan mudik, pemudik juga bisa memanfaatkan aplikasi berita untuk memantau kabar terkini terkait jalur mudik. Dengan begitu, jika ada kejadian tertentu, pemudik yang ada sedang ada di perjalanan dapat mengantisipasi hal yang mungkin akan dihadapinya, seperti kemacetan, kecelakaan, dan lain-lain.

Baca juga: 6 Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik

Saat ini terdapat banyak aplikasi berita yang dapat Anda unduh secara gratis misalnya CNN Indonesia, Detikcom, Kompas.com, Kumparan, dan masih banyak lagi.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: grid.id, dinkes.jakarta.go.id, businessinsider.com, side.id, dribbble.com, app.cnnindonesia.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...

Social Media

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Publik telah akrab dengan asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, akan tetapi tidak dengan buatan Tecno. Perusahaan tersebut kini...