Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

4 Inovasi Baru Akan Hadir di Aplikasi DANA

Aplikasi DANA (sumber: qoala.app)
Aplikasi DANA (sumber: qoala.app)

Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu lalu, bertepatan dengan ulang tahun yang ke-4, aplikasi dompet digital DANA memperkenalkan empat inovasi terbarunya dengan tujuan untuk memberikan solusi bertransaksi digital yang lebih nyaman bagi para penggunanya. Tentu hal tersebut menjadi kabar baik di industri finansial teknologi di Indonesia.

Keempat inovasi terbaru tersebut rencananya akan segera hadir di aplikasi DANA dan pengguna dapat memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memberikan rekomendasi finansial hingga layanan tarik tunai yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna DANA di gerai Alfamart.

Keuntungan menggunakan Aplikasi DANA (sumber: pikiran-rakyat.com)

Keuntungan menggunakan Aplikasi DANA (sumber: pikiran-rakyat.com)

Kehadiran inovasi baru tersebut juga menunjukkan komitmen DANA dalam mengoptimalkan teknologinya untuk memberikan layangan keuangan digital terbaik. Selain itu, hadirnya inovasi terbaru tersebut juga menjadi bukti nyata bahwa DANA mendukung akselerasi literasi dan inklusi keuangan digital khususnya di Tanah Air.

Baca juga: Ini 7 Fitur Andalan Aplikasi Finansial Mobile Jenius

Rangga Wiseno, selaku Chief of Product DANA Indonesia mengungkapkan bahwa selama empat tahun sejak kehadirannya, DANA telah bertumbuh pesat baik dari segi jumlah pengguna yang kini sudah lebih dari 100 juta penguna, dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari, dan 5 ribu online merchant, termasuk lebih dari 500 ribu UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis.

Ia juga menambahkan bahwa teknologi dan keamanan DANA semakin dipercaya dan semakin inklusif. Pembaruan yang mereka sebut sebagai “Inov4si Untuk Negeri” ini merupakan wujud apresiasi DANA atas kepercayaan dari seluruh pengguna dan mitra DANA.

Berikut adalah empat inovasi terbaru yang akan hadir dalam aplikasi DANA.

DANA Pay

DANA ingin memastikan bahwa pengalaman bertransaksi digital pengguna bukan hanya mudah, aman dan nyaman, namun juga semakin pintar. Melalui pembaruan yang dilakukan, aplikasi DANA kini memiliki kemampuan untuk mengombinasikan metode pembayaran melalui saldo DANA, kartu debit maupun kredit jika saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.

Dengan adanya pembaruan ini, DANA memungkinkan transaksi tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi tersebut. Selanjutnya, pembayaran akan terselesaikan secara otomatis.

Untuk memudahkan pengguna, pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation). Tak hanya itu, keamanan saat bertransaksi digital juga semakin terlindungi dengan hadirnya pilihan otentikasi pembayaran serta Daily Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap harinya.

Rapor DANA

Guna menjembatani kesenjangan yang masih terjadi antara literasi dan inklusi keuangan, DANA akan menghadirkan fitur baru yakni Rapor DANA. Fitur tersebut akan ditujukan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.

Dengan Rapor DANA, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, kemudian pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, hingga aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Lewat serangkaian pertanyaan tersebut, pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban pengguna. Pada Rapor DANA, pengguna juga akan terus mendapatkan edukasi finansial yang dibagikan secara gratis agar mereaka mampu menentukan langkah finansialnya dengan lebih bijak.

Pembayaran STNK via Signal

DANA kini juga telah terintegrasi dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan pengguna untuk membayar STNK. Pembayaran ini dapat ditemukan pada kategori Biller. Caranya pun juga mudah, yakni pengguna cukup memasukkan nomor tagihan dalam kolom yang disediakan lalu melakukan pembayaran menggunakan saldo DANA maupun kartu debit yang telah disimpan pada dompet digital DANA.

Saat ini, layanan pembayaran Samsat Digital Nasional dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia di antaranya seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Jambi, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.

Kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart

Sejalan dengan komitmen DANA untuk menciptakan layanan keuangan digital yang inklusif, kini DANA juga dapat memungkinkan penggunanya untuk mengirim uang kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank atau aplikasi DANA untuk menarik uang dapat diterimanya melalui Alfamart.

Baca juga: 5 Aplikasi Untuk Jual Beli Mobil, Aman dan Cepat

Bagi pengirim, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memilih menu Send dan dilanjutkan dengan memilih Withdraw Cash. Kemudian, pengguna dapat memilih Alfamart, lalu Send Cash untuk memasukkan data penerima. Pengirim akan mendapatkan kode verifikasi yang dapat dibagikan kepada penerima dengan batas waktu tarik tunai selama 12 jam.

Sementara itu, penerima dapat menarik uang yang ditujukan kepadanya dengan mengunjungi Alfamart dan melalui ke kasir dengan menyebutkan DANA Penarikan Uang. Pastikan juga data diri sesuai KTP telah terdaftar pada kasir Alfamart. Terakhir, informasikan kode verifikasi yang dikirimkan oleh pengirim untuk mendapatkan uang tunai senilai uang yang telah dikirim.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: qoala.app, pikiran-rakyat.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...