Kamera Xiaomi

YI M1 : Mirrorless Terjangkau Sensor Sony

YI M1 ini merupakan salah satu produk kamera Mirrorless buatan China yang memang belum dikenal oleh banyak orang, terutama oleh para pencinta dunia fotografi. Tetapi jangan salah loh, produk yang biasa dikenal dengan nama Yi Camera dibuat dengan beberapa kualitas yang perlu diperhitungkan juga dijajaran kamera terkenal lainnya, terutama jajaran kamera kelas menengah. Pasalnya kamera YI M1 dibekal dengan Four Thirds-format sensor Sony Exmor dan lensa Micro Four Thirds yang didukung secara luas pada bodynya. Tidak hanya itu saja, kamera digital ini juga dilengkapi dengan lensa kit 12-40mm dan juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi apakah kamera YI M1 memang benar-benar kamera digital yang memang patut dipertimbangkan untuk bisa bersaing ketat dengan kamera merk lainnya dari kelas yang sama? Mari kita review berikut ini;

Spesifikasi

Basic Specifications
Full model name: YI M1
Resolution: 20.16 Megapixels
Sensor size: 4/3
(17.3mm x 13.0mm)
Kit Lens: 3.33x zoom
12-40mm
(24-80mm eq.)
Viewfinder: No / LCD
Native ISO: 100 – 25,600
Extended ISO: 100 – 25,600
Shutter: 1/4000 – 60 seconds
Dimensions: 4.5 x 2.5 x 1.3 in.
(114 x 64 x 34 mm)
Weight: 9.9 oz (280 g)
includes batteries
Availability: 12/2016
Manufacturer: YI

Dilihat berdesarkan spesifikasi dasar di atas, kamera YI M1 ini memang layak diperhitungkan untuk bisa bersaing di dunia kaera dan fotografi. Ya, kamera ini bukan sekedar karena buatan China dengan harga andalan harga terjangkau atau murah saja, tetapi juga menawarkan beberapa hal yang layak memang layak diperhitungkan oleh para pencinta fotografi. Salah satunya dari sisi desain, perfoma dan harga.

Desain

Perlu kalian ketahui bahwa kamera YI M1 ini didesain oleh perusahaan Shenzhen XiaoYi yang kini dinaungi XiaoMi Technology. Oleh karena itulah, jangan heran bila kmaera digital ini juga dibekali juga desain yang cukup cukup solid dan apik disamping produk smartphonenya. Teknologi YI mungkin paling dikenal secara global untuk saat ini, terutama untuk produk smartphonenya yang kuat dan sistem operasi MIUI berbasis forksik pada yang mereka jalankan cukup menjadi bahan perhitungan bagi para pencinta teknologi gadget meskipun dibanderol dengan harga terjangkau.

Kinerja

Karena mampu merancang dan membangun produknya di daratan China, XiaoYi (Xiaomi) telah mampu mengurangi biaya format Micro Four Thirds-YI-M1 sampai batas minimum, namun tetap menggunakan komponen berkualitas seperti sensor gambar Sony IMX269 pada produk kamera YI M1 ini.

Hasil Bagus yang diambil dari kamera YI M1

Sebagai perbandingannya, chip yang sama pada kamera Panasonic GX8 dijual dengan hargasekitar  US $ 1.200. Tentu saja, ada banyak cara di mana kamera seri GX8 ini bisa tampil lebih baik dan mengalahkan YI-M1, seperti yang dapat Anda lihat di perbandingan kami di sini. Tapi ketika seseorang menganggap bahwa daftar Kamera Yi M1 yang hanya seharga $ 500 termasuk lensa zoom 12-40mm, F3.5-5.6 dan sudah tersedia dengan harga hanya seharga US $ 350 yang lengkap dengan lensa itu, maka hal tersebut benar-benar patut diperhitungan akan keunggulan kamera YI M1 ini.

Selain itu, body kamera digital dan mirrorless YI M1 memiliki body yang solid dan kokoh, meskipun bukan yang terbaik dari sisi ergonomi. Bodynya dinilai mengesankan karena dibekali lapisan busa cetakan di dalam kotak hitam matte yang bergaya dengan penutup magnetik. Hingga membuatnya cukup mengurangi derit atau flex dari panelnya. Kamera digital ini juga sangat ringan untuk kamera lensa yang dapat saling dipertukarkan, namun tanpa terasa tipis atau tidak penting.

Harga

Kamera YI M1 ini sebenarnya mulai diluncurkan pada bulan Oktober 2016 lalu dengan tiga peralatan berbeda. Kit zoom 12-40mm memiliki harga eceran sekitar US $ 500, kit utama 42,5mm di harga sekitar US $ 600, dan kit lensa berukuran kembar masih sekitar US $ 700.

Namun pada bulan September –Oktober ini, harga kamera YI M1 ini sudah potong hampir setengah dari harga di atas, yakni kamera plus kit 12-40mm kini hanya berharga sekitar US $ 300 saja, dan kit lensa kembar sekitar US $ 380. Jadi, harga termurah kamera ini masih sekitar US $ 329 untuk kit plus 12-40mm lens (Black), sedang untuk yang warna silver masih terjual dengan mulai seharga US $ 379. 450, dan tentunya dengan kit 12-40mm dan 42.5mm lens.

Nilai Plus

– Murah (sudah dengan lensa kit!)

– Kualitas sensor Sony Exmor Four Thirds

– Lebar Micro Four Thirds yang terpasang secara luas

– Kualitas gambar bagus dari file mentah

– Kinerja cukup baik

– Pengambilan video 4K juga terbilang masih baik

Nilai Minus

– Sisi Ergonomi masih buruk

– Kontrol terlalu mudah terbentur

– Kurang user Friendly

– Kualitas gambar JPEG masih biasa-biasa saja

– Pengurangan suara masih berat

– Keseimbangan titik putih belum bisa diandalkan

– Penyangga kamera hampir tidak ada

– Beep konfirmasi fokus masih sering terjadi saat masih fokus

–  AF buruk dalam cahaya rendah

Demikian ulasan review kami pada produk kamera digital YI M1. Semoga bermanfaat!

Related posts

Selain Di China, Redmi K20 Pro dan K20 Akan Memakai Nama Pocophone F2

Irianto Bina Dirgantara

Xiaomi Luncurkan Tas Laptop Terbaru, Mi Business Casual Backpack

Irianto Bina Dirgantara

Xiaomi Mi Band 4 Rilis Akhir Tahun

Irianto Bina Dirgantara

Leave a Comment