Dibongkar Tuntas, Ini Rupa Daleman Google Pixel 3 XL

Jakarta, unbox.id – Tiga hari yang lalu seorang jurnalis youtuber gadget Jerry dalam akunnya JerryRigEverything membuat sebuah video pembongkaran terbaru dari perangkat smartphone Google Pixel 3 XL. Yang mana dalam klip tersebut seakan menunjukkan jawaban tentang mengapa takik (notch) pada perangkat Google ini begitu besar bila dari luar.  Anda bisa melihat klipnya di atas.

Ya, Jerry menghadirkan kembali video tentang bagaimana isi daleman Pixel 3 XL lainnya. Namun kali ini pembongkaran kali ini berfokus pada desain internal daripada eksternal. Seperti biasa, ia membongkar smartphone itu terpisah sepotong demi sepotong sabil menjelaskan prosesnya hingga sampai pada titik kesimpulannya.

Baca juga – Ini Informasi Terbaru Smartphone Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Dalam klip di atas, bisa dilihat pengisian nirkabel Qi di bagian belakangnya, indikator kerusakan air, semua perekat yang digunakan untuk menempel pelat belakang dan baterai di tempat serta duo kamera depan dan kita lalu bisa  melihat ukuran kedua sensor itu, cukup jelas bahwa takiknya jauh lebih kecil dari pada yang nampak dari luarnya. Jadi, ini meneruskan tentang bagaimana Google sedemikian seriusnya dalam membuat bagian kamera untuk pixel 3 XL ini.

Ya, Anda bisa mendapat beberapa foto yang bagus dari kamera Google Pixel 3 XL karena ini memang salah satu smartphone dengan kamera terbaik sejauh ini, meskipun layarnnya mendapat respon yang kurang bagus. Video Jerry diatas juga seakan melanjutkan proses yang pembongkaran telah dilakukan oleh para ahli iFixit beberapa waktu lalu. Pembongkaran iFixit ini telah mengungkapkan bahwa tampilan perangkat Google ini menggunakan pabrikan Samsung pada tahun ini (yang mana pengontrol sentuhnya sama dengan yang digunakan untuk  Galaxy S9 +). Sebagai catatan, tahun lalu panel OLED Google Pixel 2 XL diproduksi oleh LG.

Pergantian pemasok panel OLED ini dinilai tidak mengherankan lagi, mengingat evaluasi DisplayMate terhadap hasil layar perangkat Google Pixel 3 XL. Perusahaan nampaknya mencoba memberikan spesifikasi display dengan peringkat tertinggi yang pernah ada, yang saat ini baru hanya dicapai oleh empat perangkat, yakni Samsung Galaxy S9 dan Note9, serta Apple iPhone X dan XS Max. Lihat polanya? Semua handset ini memiliki layar OLED pabrikan Samsung.

Pada pembongkaran ini, iFixit memberi nilai 4 pada Google Pixel 3 XL (dari 10 ) untuk kategori  perbaikan – di mana 10 berarti yang paling mudah untuk diperbaiki. Itu berarti perangkat ini termasuk sukar sekali untuk diperbaiki bila sudah mengalami kerusakan pada komponen utamanya meskipun kami mengetahui bahwa itu demi kerapatan komponen yang erat dan cukup rumit berguna untuk melindungi daleman komponen dari air.

Dilihat dari pola perekatan komponen daleman Google Pixel 3 XL ini membuktikan bahwa ini  memerlukan alat pembongkaran yang lengkap untuk bisa memperbaiki display kembali dan juga bahan kaca di bagian depan dan belakang perangkat menciptakan kerentanan yang meningkat akan  kerusakan yang sulit diperbaiki lagi. Akhirnya, perlu diingat bahwa untuk melepas komponen apa pun di perangkat ini, Anda harus melepas lem dan kemudian kembali lem panel belakang kaca – yang tidak terlalu mudah dilakukan karena ada banyak benda lengket yang menahannya di sekitarnya.

Perekat kuat juga membuat koil NFC menempel pada baterai, dan speaker house melekat pada chassis ponsel di bagian bawahnya. Perekat segel bilik speaker harus dipecahkan untuk mengakses port pada papan anak (yang berisi port USB-C, nampan SIM, dan beberapa perangkat keras antena). Motherboard, di sisi lain, memiliki banyak thermal paste di bagian bawahnya, untuk membantu mentransfer panas dari chip ke kerangka logam.

Jadi, Jerry menegaskan apa yang ditemukan iFixit beberapa hari lalu, yakni bahwa Google Pixel 3 XL cukup sulit untuk diperbaiki. Maka dari itulah, pastikan Anda merawatnya dengan baik atau Anda mungkin akan membayar mahal untuk perbaikannya.

Tinggalkan Balasan