Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Perkenalkan TMall Genie, Asisten Digital Anyar Besutan Alibaba

tmall genie

Alibaba ternyata tertarik untuk berkecimpung di ranah asisten digital setelah secara resmi meluncurkan sebuah perangkat yang dinamai TMall Genie.

Raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba sepertinya ingin mengikuti jejak Google dan juga Amazon. Perusahaan pimpinan Jack Ma resmi merambah ranah asisten digital berbasis suara setelah meluncurkan TMall Genie.

Perangkat TMall Genie ini memiliki kegunaan untuk melakukan beragam perintah suara yang dilakukan oleh penggunanya. Diantaranya seperti belanja online melalui Tmall, melihat prakiraan cuaca, mencari berita terhangat, bahkan dapat terintegrasi dengan perangkat smart home lainnya.

Untuk dapat menerima perintah suara ini, perangkat ini mengandalkan asisten virtual suara yang juga buatan Alibaba yaitu AliGenie. Asisten virtual ini akan aktif dalam bahasa mandarin, sehingga sangat cocok bagi pengguna di negara asal Alibaba. Namun belum diketahui berapa macam jenis perintah suara yang dapat dimengerti asisten virtual yang juga terbilang baru ini.

Sebelum Alibaba meluncurkan TMall Genie, Google terlebih dahulu hadir dengan Google Home, serta Amazon yang memiliki Amazon Echo dengan asisten digitalnya Alexa. Bahkan yang terbaru, Alexa dilaporkan telah memiliki 15 ribu kemampuan untuk mengerti perintah suara yang diberikan pengguna.

Untuk saat ini, TMall Genie masih tersedia secara ekslusif di Tiongkok. Perangkat ini dibanderol dengan harga yang terbilang sangat terjangkau yakni 500 Yuan atau sekitar Rp 1 juta. Kita nantikan saja, apakah perangkat ini mampu menyaingi kesuksesan dari Google Home atau Amazing Echo.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Alibaba Cloud telah meluncurkan kecerdasan buatan (AI) Large Language Model (LLM) barunya, Tongyi Qianwen 2.0. Selain itu, pada Konferensi Apsara di Hangzhou,...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Kemajuan teknologi kecerdasan buatan yang diprakarsai oleh OpenAI dengan ChatGPT-nya membuat banyak pihak latah mengikuti. Salah satunya adalah perusahaan marketplace raksasa...