Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Xiaomi Ungkap Kedua Deretan Ponsel Akan Terima HyperOS

HyperOS Xiaomi_1a
HyperOS Xiaomi. (Sumber: GizChina)

Unbox.id – Xiaomi terus memperkuat posisinya di dunia teknologi dengan meluncurkan sistem operasi in-house HyperOS pada akhir Oktober lalu dengan meluncurkan seri Xiaomi 14. Usai peluncuran, Xiaomi langsung meluncurkan update ini untuk beberapa perangkat, termasuk Xiaomi. Seri 13 dan seri Redmi K60. Memanfaatkan momentum positif ini, perusahaan mengumumkan perangkat gelombang kedua yang akan menerima edisi pengembang HyperOS di Tiongkok pada bulan Desember 2023. Gelombang Kedua ini mencakup 11 perangkat, yang menunjukkan komitmen kuat Xiaomi untuk memperluas ekosistem HyperOS.

Beberapa Perangkat Yang Menarik Perhatian

HyperOS Xiaomi_2b

HyperOS Xiaomi. (Sumber: Update News Tech)

Beberapa perangkat terkenal dalam edisi pengembang HyperOS CN ROM adalah Xiaomi 12S Ultra, Xiaomi 12S Pro, dan Redmi K50 Ultra. Daftar ini juga mencakup berbagai model dari Xiaomi seri 12 dan Redmi K50 seperti Xiaomi Pad 5 Pro 12.4.

Pengumuman pertama ini membuat heboh komunitas Xiaomi di China, terutama karena seri Xiaomi 12S tidak masuk dalam daftar. Akibatnya, muncul diskusi dan spekulasi di situs tersebut. forum. Namun, juru bicara Xiaomi Zhang GuoQuan dengan cepat memberikan penjelasan melalui platform media sosial Tiongkok, Weibo.

Mengutip GizChina, Zhang menjelaskan bahwa telah terjadi penyimpangan miskomunikasi dalam “pengumuman” tersebut dan menegaskan bahwa seri Xiaomi 12S masih menjadi yang teratas. prioritas untuk peningkatan HyperOS.

Informasi ini penting karena Xiaomi 12S merupakan smartphone pertama yang diluncurkan bersama Leica. Menanggapi klarifikasi ini, postingan pengumuman di Komunitas Xiaomi China telah diperbarui untuk menyertakan perangkat Xiaomi 12S.

Ponsel Xiaomi Yang Kebagian Pembaruan Stabil HyperOS

Sebelumnya diketahui bahwa Xiaomi akan segera merilis pembaruan stabil HyperOS, sistem operasinya sendiri, untuk 5 model perangkat teratasnya. Dikutip GizmoChina, kabar ini bermula dari laporan GSMChina yang menyebutkan bahwa update tersebut akan berbasis Android 14.

Beberapa seri ponsel yang akan mendapat update ini adalah Xiaomi 13 Ultra, Xiaomi 13T, Xiaomi 12T, Xiaomi Bantalan 6 maks dan Redmi K60 Pro. Sebagai informasi, semua perangkat ini awalnya dilengkapi dengan HyperOS yang dikembangkan oleh Xiaomi sendiri dan dihosting di server resminya.

Pembaruan kemudian akan diluncurkan secara bertahap, dengan Xiaomi 13 Ultra menjadi yang pertama menerima pembaruan di pasar Tiongkok. Sementara itu, Xiaomi 12T dan Xiaomi 13T diperkirakan akan menerima pembaruan di pasar Eropa, dan wilayah lain akan menyusul di masa mendatang.

Xiaomi juga membagikan peta jalan pembaruan HyperOS, memberikan gambaran jelas tentang jadwal rilis perangkat di Tiongkok dan internasional. Pembaruan akan diluncurkan secara bertahap, dengan perangkat internasional diharapkan menerima HyperOS pada Q1 2024.

Sebelumnya, seri Redmi tidak termasuk dalam daftar ponsel yang diuji Xiaomi dengan HyperOS. Namun kenyataannya, ponsel seri Xiaomi ini masih menikmati HyperOS versi stabil dan kemungkinan besar akan menyebar ke seri Redmi lainnya.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Xiaomi 14 Ultra

Xiaomi Perkenalkan HyperOS ke Publik

HyperOS Xiaomi_3c

HyperOS Xiaomi. (Sumber: Hyper Tech)

Sebagai informasi, dikutip dari GSM Arena, HyperOS masih merupakan proyek Android Open Source, namun akan digabungkan dengan Vela, platform IoT milik Xiaomi.

Berkat postingan lain di Weibo, Lei Jun mengatakan sistem operasi baru inilah yang akan menggantikan MIUI akan menempatkan “manusia sebagai pusat ekosistem” di mana mereka dapat terhubung dengan orang lain, mobil, dan rumah.

MIUI pertama kali diluncurkan pada 16 Agustus 2010, dengan basis pengguna yang terus bertambah. berjumlah lebih dari satu miliar. User interface yang dirilis Xiaomi sebelumnya hanya memiliki empat fungsi umum, namun kini telah menjadi layanan multi-perangkat untuk ponsel dan peralatan rumah tangga.

Persiapan untuk Xiaomi HyperOS dimulai pada tahun 2014, ketika tren IoT mulai muncul. Perusahaan mengambil langkah pertamanya pada tahun 2017 dan kemudian mulai mengembangkan ekosistem baru untuk perangkat dan aplikasi.

Tujuannya adalah untuk menghubungkan “puluhan” miliar perangkat” di masa depan dan langkah pertamanya adalah seri Xiaomi 14.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Software

Unbox.id – Xiaomi baru saja merilis pembaruan HyperOS untuk Poco F3. Pembaruan ini menghadirkan peningkatan kinerja dan perbaikan keamanan terbaru. Dikutip Gizmochina, pembaruan HyperOS...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Xiaomi memperkenalkan tablet barunya, Xiaomi Pad 6s Pro 12.4, untuk membantu pengguna dalam pekerjaan sehari-hari. Apakah pernyataan tersebut dapat dibuktikan? Untuk melihat...

Software

Last updated on 14 Juni, 2024 Unbox.id – HyperOS adalah antarmuka pengguna baru Xiaomi yang bertujuan untuk menggantikan MIUI yang banyak digunakan oleh pengguna...

Tech Industry

Unbox.id – Xiaomi akan menghadirkan dua alat pembersih udara barunya ke Indonesia. Kedua model yang disebutkan adalah Xiaomi Smart Air Purifier 4 dan Xiaomi...