Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Samsung Bakal Rilis Galaxy Watch Dengan Layar Micro LED

Samsung Galaxy Watch_1a
Samsung Galaxy Watch. (Sumber: Samsung Lovers)

Unbox.id – Samsung dikabarkan akan menggunakan teknologi layar microLED pada lini Galaxy Watch terbarunya. Layar tersebut akan digunakan di jam tangan pintar mereka daripada diterapkan di TV karena biaya produksi yang tinggi. Samsung akan menerapkan teknologi panel ini pada Galaxy Watch yang akan dirilis pada tahun 2025. Bocoran terbaru dari @Revegnus yang dikutip GizChina mengungkap bahwa Samsung ingin menerapkan panel microLED di jam tangannya, sama seperti Apple.

Apple Watch Juga Mengikuti

Apple Watch Series 9_1a

Apple Watch Series 9. (Sumber: CNET)

Selain Samsung, Apple juga ingin menggelar panel ini di Apple Watch. Namun, beberapa sumber menyebutkan Apple telah memutuskan untuk berhenti mengembangkan layar tersebut. Terlepas dari potensi manfaat teknologi microLED, tantangan utama bagi Samsung terletak pada menyeimbangkan biaya produksi dan harga jual Galaxy Watch.

Pasalnya, laporan menunjukkan bahwa setiap pengembangan layar microLED bisa menelan biaya 150 USD atau sekitar Rp 2,3 juta. Harga tersebut jauh lebih mahal dibandingkan panel OLED pada Apple Watch Ultra. Biaya produksi yang tinggi menimbulkan dilema penjualan.

Memang benar, kenaikan harga yang tajam dapat membuat konsumen enggan mencoba produk tersebut dan berdampak negatif pada penjualan. Meskipun terdapat kendala, potensi bisnis Samsung dalam teknologi microLED merupakan tonggak penting dalam inovasi teknologi jam tangan pintar.

Apple Watch X Bakal Usung Layar microLED

Sementara itu, Apple juga ingin menggunakan panel microLED untuk Apple Watch barunya. Leaker Mark Gurman meyakini Apple Watch Awalnya disebutkan layar ini akan hadir di model Watch Ultra berikutnya, tapi mungkin juga layarnya akan diluncurkan.

Menurut Kuo, “Apple Watch pada tahun 2024 kemungkinan tidak akan mengalami inovasi yang signifikan.” Selain Kuo, analis DSCC Guillaume Chansin juga keberatan dengan bocornya implementasi microLED di Apple Watch. Chansin mengklaim Apple telah membatalkan proyek microLED dengan salah satu pemasoknya, AMS OSRAM.

Dia menambahkan bahwa microLED direncanakan untuk merayakan ulang tahun ke 10 Apple Watch, namun kemajuannya lambat dan perusahaan menyadari perlunya penundaan jika kemajuan yang diharapkan tidak tercapai.

Samsung Galaxy Z Flip 6 Siap Meluncur Juli 2024

Samsung Galaxy Z Flip 6_3c

Samsung Galaxy Z Flip 6. (Sumber: Times Bull)

Di sisi lain, Samsung Galaxy Z Flip 6 akan mengalami perubahan terutama pada ukuran layar depan dibandingkan generasi sebelumnya. Diketahui, Galaxy Z Flip 6 memiliki layar eksternal yang lebih besar dibandingkan Z Flip 5 (3,4 inci) dan Z Flip 4 dan Z Flip 3 hanya berukuran 1,9 inci.

Hal tersebut diungkap oleh Leaker @TheGalox_, di mana ia disebutkan bahwa HP Galaxy Z Flip 6 akan hadir dengan layar eksternal berukuran 3,9 inci. Agar tidak mudah tergores dan pecah, perusahaan asal Korea tersebut telah melindungi penutup layarnya dengan teknologi Gorilla Glass Armor. Selain itu, perusahaan juga telah meningkatkan casing dan sistem pendinginnya lebih besar.

Ponsel Android lipat Samsung ini dikabarkan akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang dipadukan dengan RAM 12 GB. Jika benar, ini menjadi pertama kalinya Samsung membekali RAM lebih dari 8GB untuk seri Flip.

Baca juga: Samsung Galaxy M55 5G Segera Rilis Di Pasarannya

Kamera dan Fitur AI Galaxy Z Flip 6

Sementara dari segi fotografi, ponsel ini kabarnya akan dibekali kamera utama 50 MP dengan lensa ultra-wide 12 MP. Samsung juga dipastikan akan memperkenalkan fungsionalitas Galaxy AI bersama dengan pembaruan perangkat lunak dan keamanan selama 7 tahun seperti seri Galaxy S24.

Galaxy Z Flip6 juga akan mendapatkan peningkatan daya dengan baterai 4.000 mAh, dibandingkan Flip5. seri ‘hanya memiliki 3.700 mAh. Rencananya Galaxy Z Flip 6 akan diumumkan bersamaan dengan Z Fold6 dan Galaxy Ring pada acara Galaxy Unpacked 2024 kedua pada Juli ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy C55 5G telah terungkap di laman Konsol Google Play. Kehadiran smartphone ini juga akan menjadi langkah langsung...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...