Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

Qualcomm Berikan Solusi Audio Buruk Pada Wireless Nirkabel

Last updated on 6 September, 2018

Unbox.id – Jika Anda mendengarkan musik dari ponsel Android dengan menggunakan sepasang headphone nirkabel, sebagian besar perangkat Anda mengandalkan kompresi algoritme yang dikenal sebagai AptX, yang seharusnya menghasilkan suara berkualitas tinggi dengan bandwidth yang terbatas pada koneksi Bluetooth . Namun AptX yang ada sekarang memiliki batas kemampuan, sehingga Qualcomm memperkenalkan AptX versi baru.

Versi baru AptX disebut AptX Adaptive, dan fitur utamanya adalah kemampuan dalam mengompres audio pada bitrate variabel. Maksudnya adalah jika Anda berada di kawasan dengan banyak sinyal wireless, ponsel anda akan dapat memampatkan audio anda menjadi ukuran file yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk melakukan streaming kedalam headphone Anda. Dan sebaliknya AptX Adaptive akan memungkinkan ponsel anda mengirim file bitrate lebih tinggi sehingga anda mendapatkan kualitas audio yang lebih baik.

Qualcomm mengklaim kemampuan AptX Adaptive tidak hanya menimbang dari kekuatan sinyal. Codec juga akan mempertimbangkan jenis audio saat anda streaming, contohnya jika melihat audio berasal dari Netflix, headphone mengenali jenis audionya dari film atau acara TV dan dapat menyesuaikan pengaturannya sesuai dengan kebutuhan situasi . Qualcomm juga menekankan, pengguna tidak perlu untuk memilih mode di ponsel mereka atau mengidentifikasi apa yang sedang didengarkan.

AptX Adaptive dimaksudkan sebagai pengganti AptX jadul dan AptX HD yang lebih baru. Bitrate-nya bisa diturunkan dari AptX normal (turun ke 280kbps, sedangkan AptX rata-rata 384kbps), tetapi tidak dapat mencapai setinggi AptX HD (naik hingga 420kbps, bukan 576kbps). Chris Havell, direktur marketing produk senior di Qualcomm, mengatakan bahwa batas tersebut bukan berarti audio menjadi lebih buruk karena peningkatan kompresi telah memungkinkan AptX mencapai tingkat kualitas yang sama dalam ukuran file yang lebih kecil.

“Kami pada dasarnya meningkatkan codec sehingga apa yang Anda dapatkan di 576 Anda sekarang dapatkan pada 420,” kata Havell. Mengurangi bitrate juga berarti lebih banyak bandwidth yang digunakan untuk mengirim ulang data yang tidak berhasil masuk ke headphone Anda, yang berarti harus memiliki koneksi lebih kuat juga. Havell juga mengatakan AptX Adaptive tidak terjebak hanya pada dua poin – 280kbps dan 420kbps – itu dapat berfluktuasi di mana saja disesuaikan dengan kondisi.

AptX Adaptive seharusnya support dengan Android Pie, sehingga ponsel yang keluar selama tahun depan bisa menggunakannya. Havell mengatakan ia mengharapkan headphone dengan dukungan AdtX Adaptive sudah hadir di paruh pertama tahun 2019. Headphone itu akan kompatibel dengan versi lama AptX juga, jadi headphone akan berfungsi bahkan jika ponsel Anda tidak menggunakan versi terbaru Android.

Sayangnya, iPhone belum support dengan AptX, jadi peningkatan ini benar-benar hanya berdampak pada ponsel Android. Bahkan Beats belum menerapkan AptX didalamnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Qualcomm baru saja mengumumkan akan mengganti nama seri prosessornya. Nama baru Snapdragon pun berubah menjadi format “seri satu digit dan nomor...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Sebuah merek audio premium Master & Dynamic baru-baru ini memperkenalkan headset gaming pertamanya. Tentu saja tak ada lagi keraguan bahwa video...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Kabar gembira buat para pelanggan dan pengguna YouTube Premium, karena akan bisa menikmati layanan Stadia Pro secara gratis selama tiga bulan....

Merk

Jakarta, Unbox.id – Chipset yang kita lihat di ponsel cerdas kita telah berkembang sedikit, apa yang begitu menarik dalam satu tahun terakhir ini adalah...