Ponsel T-Mobile 5G Akhirnya Akan Datang Juga

Unbox.id  –  Semua orang semakin bersemangat tentang 5G, teknologi jaringan generasi berikutnya yang akan memungkinkan Anda mengunduh data di ponsel cerdas dengan kecepatan sangat cepat. Tidak terkecuali vendor seperti T-Mobile.

Namun tidak seperti Verizon, Sprint, dan AT&T, T-Mobile belum mengkonfirmasi jajaran ponsel 5G yang bekerja pada jaringan 5G-nya. Mengapa? Karena T-Mobile selama ini bekerja secara berbeda dari operator lain.

Kebanyakan operator beroperasi pada frekuensi gelombang milimeter yang lebih tinggi, yang seharusnya akan memberikan kecepatan lebih cepat tetapi memiliki jangkauan lebih sedikit. T-mobile tidak mengikuti pakem itu.

Lalu apakah produk-produk unggulan produsen handphone akan bekerja sama dengan opertaor ini nantinya? Samsung Galaxy S10 5G dengan Snapdragon 855, yang belum memiliki tanggal rilis resmi, telah dipastikan tersedia untuk pelanggan Verizon sekitar kuartal kedua (Q2) 2019. Nah T-Mobile juga mengisyaratkan akan bekerja sama dengan Samsung Galaxy S10 5G dalam posting blog mereka sebelumnya. Tetapi tidak menunjukkan kapan (atau bagaimana) ponsel akan bekerja dengan jaringannya yang berbeda.

T-Mobile tampaknya memilih spektrum low band (sub 600MHz) untuk daya jaringan 5G pada awalnya. Ini diharapkan dapat memberikan luas jangkauan yang lebih baik meski lebih sedikit kecepatan daripada jaringan frekuensi tinggi. .

Sebagai pengganti band lainnya, T-Mobile telah melakukan pengujian jaringan sub 600MHz 5G, tetapi tidak akan meluncurkannya di 30 kota pertama yang direncanakan sampai paruh kedua tahun 2019. Demikian yang dikemukakan, CTO T-Mobile Neville Ray kepada CNET.

Lima Fitur iPhone yang Tidak Diketahui Fungsinya

Rencananya mereka akan melengkapi frekuensinya dengan mid band sebagai bagian dari spektrum layanannya. Saat ini T-Mobile sedang mengujinya di Atlanta, Los Angeles, Miami, New York, Ohio dan beberapa tempat lain (berpotensi mencakup 100 juta orang).

Operator ini berencana untuk menambah banyak frekuensi mid band-nya dengan melakukan merger dengan Sprint. Sayangnya ini ditentang oleh Senat AS.

Alasannya? Belum ada ponsel yang berfungsi dengan jaringan low band.

Ingat dengan Samsung Galaxy S10 5G? Modem LTE Snapdragon 855-nya tidak mendukung 5G, jadi ponsel ini mengandalkan modem terpisah, Qualcomm Snapdragon X50, agar terhubung.

Tetapi modem X50 tidak mendukung jaringan sub-6GHz (alias sub 600MHz). Pada event Snapdragon pada bulan Desember, Presiden Qualcomm menyiratkan bahwa modem ini tidak akan bisa digunakan untuk mendukung jaringan 5G awal punya T-Mobile, setidaknya pertengahan 2019 mendatang.

Fx Tec Pro1, Ponsel Yang Masih Dilengkapi Keyboard

Paket Peluncuran 5G T-Mobile

T-Mobile sebelumnya menegaskan pada tahun 2018 akan membawa 5G ke 30 kota sebagai langkah awal. Kota New York, Los Angeles, Dallas, dan Las Vegas ada di daftar teratas. Terkait itu tidak diketahui berapa banyak infrastruktur yang telah dibangun perusahaan tersebut.

T-Mobile memilih sub-600MHz untuk jangkauan yang lebih jauh, yang mencakup lebih banyak area dengan infrastruktur lebih sedikit daripada jaringan frekuensi tinggi yang dibangun oleh operator lain.

Setelah diluncurkan sepenuhnya, T-Mobile mengklaim jaringannya akan mencakup lebih dari 95 persen dari sekitar 62 juta penduduk pedesaan di Amerika.

 

Sumber   : berbagai sumber

Foto        :   berbagai sumber

Tinggalkan Balasan