Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Platform Android 14 Hadirkan Fitur Baru

Android 14_1a
Android 14. (Sumber: Tech World)

Unbox.id – Google terus memperbarui Android versi 14 hingga Android 15 dirilis tahun depan. Hal ini akan dilakukan melalui QPR (Quarterly Platform Release) yang memperkenalkan kemampuan baru, kutip Gizchina. Di bawah ini adalah fitur-fitur yang akan tersedia di Android 14.

Mengubah Rasio Aspek Untuk Aplikasi Tertentu

Android 14_2b

Android 14 Android (Sumber: YTECHB)

Fitur menonjol dalam pembaruan triwulanan pertama Android 14 adalah kemampuan untuk menempatkan Instagram dalam mode layar penuh atau mengadaptasi aplikasi lama ke format ponsel cerdas saat ini.

Mirip dengan banyak rilis terbaru yang melengkapi pembaruan Android, pembaruan ini berfokus pada aspek permasalahan tertentu yang belum dibahas secara mendalam sebelumnya.

Selain itu, memastikan aplikasi mereka mempertahankan tampilan dan nuansa yang konsisten di seluruh perangkat dapat menguntungkan pengembang.

Memperkenalkan Fitur Webcam di Android 14

Awalnya, fitur ini tidak disertakan dalam versi stabil yang diberikan kepada pengguna. Namun sepertinya fitur ini akan segera diluncurkan. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengubah ponsel Android mereka menjadi webcam.

Fitur ini semudah menghubungkan ponsel melalui USB dan mengaktifkan opsi yang sesuai. Pada rilis Android 14 mendatang, pengguna akan dapat melihat detail lebih lanjut tentang baterai perangkat mereka. Berisi informasi tentang siklus pengisian daya dan detail seperti tanggal pembuatan baterai internal.

Peningkatan informasi ini dimaksudkan untuk membantu pengguna mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai kinerja baterai ponsel cerdas mereka.

Fitur-Fitur Lainnya Dalam Android 14

Android 14_3c

Android 14. (Sumber: Techno Inspire)

Android 14 menawarkan opsi kontrol layar kunci dan fleksibilitas untuk mengubah kontrol dengan cepat. Selain itu, varian jam tangan baru bernama “Metro” juga telah ditambahkan dalam pembaruan ini. Wallpaper dinamis telah lama memungkinkan pengguna mengganti gambar statis dengan gambar animasi dan bergerak.

Namun, pembaruan terkini memperkenalkan aspek baru pada fitur ini: kemampuan untuk menyetel wallpaper animasi berbeda untuk berbagai bagian perangkat, seperti layar beranda dan ‘Layar kunci’. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering melakukan dua tugas sekaligus dalam satu perangkat. Singkatnya, fitur ini mirip dengan fitur split screen di PC.

Namun fungsi fitur ini tidak hanya itu saja. Sebagai gambaran, jika pengguna sering membagi layar untuk menggunakan browser dan WhatsApp, Android 14 akan mengingat kombinasi ini. Kemudian akan merekomendasikan pengaturan masa depan untuk aplikasi ini, menyederhanakan proses untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Baca juga: Cara Cek Kondisi Sinyal Ponsel Android Dan IPhone

Fitur Prakiraan Cuaca di Aplikasi Jam

Awalnya, fitur ini eksklusif untuk aplikasi “Jam” Pixel 8. Namun kali ini akan segera tersedia di ponsel Android lainnya. Fitur tambahan ini akan Sangat berguna bagi pengguna yang menggunakan beberapa jam tangan untuk melacak waktu di berbagai wilayah secara bersamaan.

Selain aspek praktis, fungsi ini juga menghadirkan daya tarik estetika berkat kenyamanannya. Fitur ini memberikan lebih banyak informasi kepada pengguna tanpa membuka aplikasi cuaca. Ini adalah beberapa fitur yang akan tersedia di Android 14 QPR1. Sebelumnya, Android 14 juga dikabarkan memiliki fitur private space. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat profil berbeda dan menjaga privasi lebih.

Seperti dilansir GizChina, fitur Personal Area di Android 14 QPR2 Beta 1 memungkinkan Pengguna membuat profil pengguna baru dengan klasifikasi sub-pribadi. Pengguna dapat menyembunyikan aplikasi dan mungkin data di profil baru untuk meningkatkan tujuan privasi dan keamanan.

Kemudian dengan mengklik tombol “Membuat” “ruang pribadi”, pengguna dapat membuat profil pengguna terpisah di Android. Mereka dapat menyembunyikan aplikasi dan data tertentu di ruang pribadi ini.

Ruang pribadi ini dapat dibuka dengan kunci layar, sehingga memberikan lapisan keamanan ekstra untuk konten tersembunyi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Google diam-diam merilis fitur Android baru yang bertujuan melindungi pengguna dari upaya phishing dan serangan malware. Hal tersebut diungkapkan pakar Android Mishaal...

Oppo

Unbox.id – Banyak produsen ponsel Android membuat software berbasis Android sendiri untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan produknya. Perangkat lunak dan antarmuka disesuaikan dengan...

Tech Industry

Unbox.id – AnTuTu merupakan salah satu aplikasi benchmarking yang populer dan patut digunakan untuk mengetahui performa ponsel Android. Melalui aplikasi AnTuTu ini, pengguna Android...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Setiap tahun, game Android baru dirilis, membawa ponsel gaming terbaru ke dalam perjalanan yang luar biasa. Namun perusahaan tidak menciptakan semua...