Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Penyebab Baterai iPhone 15 Overheating dan Cara Mengatasinya

iPhone 15_1a
iPhone 15. (Sumber: Retail News Asia)

Last updated on 6 Juni, 2024

Unbox.id – Baru-baru ini, internet ramai membahas masalah panas berlebih pada perangkat iPhone 15. Beberapa analisis percaya bahwa ini adalah hasil dari pembaruan perangkat lunak, sementara yang lain menyalahkan produksi iPhone 15 yang buruk. Sementara itu, Apple secara resmi telah mengakui masalah tersebut dan mengatakan bahwa ada dua masalah yang dapat menyebabkan iPhone baru menjadi terlalu panas dalam beberapa hari pertama setelah pemasangan. Salah satunya adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan kelebihan beban. Apple mengatakan pihaknya sedang bekerja sama dengan pengembang untuk mengatasi masalah ini, termasuk Asphalt 9, Uber, dan Instagram.

Hentikan Panas Berlebih

iPhone 15_2b

iPhone 15. (Sumber: Utterly Techie)

Berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah overheating, yang dirangkum oleh 9to5Mac:

  • Berhenti menggunakan Uber dan Asphalt 9 atau gunakan secara ringan sampai pembaruan tiba.
  • Pastikan untuk memperbarui Instagram ke versi terbaru yang tersedia.
  • Jika ada aplikasi spesifik lain yang kamu gunakan dan kamu melihat iPhone kamu mulai terlalu panas, hentikan penggunaannya jika memungkinkan, dan pastikan kamu menjalankan versi terbaru dari aplikasi tersebut.
  • Nantikan rilis iOS Apple berikutnya, kemungkinan iOS 17.0.3 akan memperbaiki ini semua.

Kemudian, apa saja yang menyebabkan baterai iPhone boros?

  • Memulihkan cadangan.
  • Mengunduh foto/video dalam jumlah besar cukup menguras daya, dan menyebabkan overheating.
  • Menggunakan aplikasi dengan pelacakan lokasi yang konstan.
  • Aktivitas aplikasi latar belakang yang tinggi.
  • Menggunakan iPhone terlalu lama.

Jika Anda baru saja mendapatkan iPhone 15, bahkan setelah memulihkan cadangan, mengunduh semua foto, aplikasi/data, dll. mungkin tidak berfungsi. itu akan memakan waktu. IPhone Anda bekerja lebih keras dan lebih panas dari biasanya, sehingga menghabiskan lebih banyak baterai.

baca artikel menarik lainnya tentang : penyebab bh iphone drastis

Di app Foto, Anda dapat menjeda unduhan menggunakan iCloud. Jika hal ini tidak terjadi secara otomatis, buka Apple Photos > Perpustakaan > Semua Foto > geser ke bawah dan ketuk “Jeda”. Melanjutkan mengisi daya di malam hari akan membantu menghemat masa pakai baterai.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai iPhone 15

Buka Pengaturan > Baterai untuk melihat detail tentang penggunaan baterai Anda. “24 jam terakhir” adalah pengaturan default dan menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi daya. Cari “Aktivitas latar belakang” di suatu aplikasi untuk melihat apakah aplikasi tersebut menggunakan baterai di belakang layar.

Lihat juga rekomendasi masa pakai baterai tepat di atas penggunaan baterai. Ini akan memberi Anda cara cepat untuk menghindari pemborosan baterai.

Mode daya rendah adalah cara cepat untuk memperpanjang masa pakai baterai. Fitur ini berfungsi dengan menjeda aplikasi yang tidak diperlukan, menyegarkan aplikasi di latar belakang, mengunduh otomatis, dan lainnya hanya dengan mengklik tombol.

Anda dapat mengaktifkan Mode Daya Rendah di Pengaturan > Baterai atau meminta Siri untuk melakukannya. Namun, akan sangat membantu jika memiliki akses cepat ke mode daya rendah di Pusat Kontrol.

Buka Pengaturan > Pusat Kontrol > Sesuaikan Kontrol, lalu ketuk ikon + di sebelah Mode Daya Rendah jika Anda belum melakukannya.

Baca juga: Pengguna IPhone Keluhkan Baterai Makin Boros Di IOS 17

Kunci Otomatis, Kecerahan Layar, dan Tampilan Selalu Aktif

iPhone 15 Pro_3c

iPhone 15 Pro. (Sumber: CNET)

Jika Anda melihat “Layar utama dan layar kunci” pada penggunaan baterai lebih tinggi dari yang diharapkan maka Anda harus memeriksa pengaturan ini. Kunci otomatis setelah 30 detik akan membantu Anda menghemat baterai.

Buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci otomatis. Menurunkan kecerahan layar juga akan meningkatkan masa pakai baterai, namun hal ini bergantung pada preferensi pribadi. Anda dapat melakukan ini di Pusat Kontrol (geser ke bawah dari sudut kanan atas) atau di Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.

Seperti 14 Pro, iPhone 15 Pro tetap menunjukkan tidak akan menghabiskan banyak baterai karena kecepatan refreshnya sangat rendah. Namun jika Anda ingin menggunakan baterai selama mungkin, mematikannya dapat menghemat sekitar 1% energi per jam. Buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Selalu ditampilkan di bagian bawah.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Last updated on 14 Juni, 2024 Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk mengatakan dia akan melarang atau memblokir Apple dari bisnisnya jika pembuat iPhone itu mengintegrasikan OpenAI ke dalam sistem operasinya. Musk,...

Tech Industry

Unbox.id – MacBook Air M3 2024 akhirnya resmi meluncur di Indonesia, setelah Apple menungkap lini laptop baru tersebut pada 4 Maret 2024 lalu. Selang...

Tech Industry

Unbox.id – Apple telah lama dianggap sebagai pemimpin pasar dalam hal kontrol orang tua atas apa yang dilihat anak-anak di ponsel cerdas mereka. Kontrol...