Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Penjualan iPhone Turun, Apa Penyebabnya?

Apple iPhone_1a
Apple iPhone. (Sumber: Gadget Market)

Unbox.id – Salah satu pemasok Apple, Skyworks, melaporkan permintaan iPhone lebih rendah dari perkiraan. Hal ini mempunyai dampak yang signifikan terhadap investor pemasok. Hingga saat ini, Apple harus bergantung pada pemasok pihak ketiga untuk memproduksi seluruh komponen perangkat keras iPhone, termasuk Skyworks. Apple meminta perusahaan semikonduktor tersebut untuk memproduksi chip yang memungkinkan iPhone terhubung ke jaringan nirkabel.

Adanya IoT

Apple iPhone_2b

Apple iPhone. (Sumber: ZDNET)

Seperti dikutip Apple Insider, karena Apple merupakan pelanggan terbesar Skyworks, penjualan iPhone berkontribusi besar terhadap keuntungan perusahaan. Pada tahun 2023, penjualan ke Apple akan mencapai 64% dari total pendapatan Skyworks, dan 85% di antaranya berasal dari penjualan iPhone.

Hal ini menjadikan iPhone sebagai salah satu faktor penentu nasib Skyworks dan banyak pemasok lainnya. Namun, pada Q2 2024, Skyworks melaporkan pendapatan sebesar $1,046 miliar, menunjukkan penurunan dari tahun ke tahun sebesar 8,7%.

CEO Skyworks Liam K. Griffin mengatakan kepada investor bahwa menurunnya permintaan komponen ponsel pintar adalah salah satu penyebab penurunan pendapatan perusahaan.

“Selama kuartal Maret, dalam bisnis seluler kami, kami melihat tren musiman di bawah normal, dengan permintaan di pasar akhir,” kata Liam dalam sebuah wawancara dengan Apple Insider. Karena penjualan iPhone Apple tidak stabil, penjualan Skyworks meningkat dengan memperluas jangkauan produknya ke perangkat Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan (AI), yang saat ini sedang populer di kalangan perusahaan teknologi.

Penjualan iPhone Merosot, Sebabkan Supplier Merugi

Menurunnya pendapatan pemasok Apple menjadi pertanda melemahnya permintaan iPhone. Faktanya, seiring pasar menunjukkan tanda-tanda pemulihan, penjualan Apple justru menurun dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Penjualan iPhone juga diperkirakan akan semakin menurun karena kekhawatiran menurunnya minat terhadap ponsel pintar di Tiongkok, salah satunya salah satu pasar terpentingnya.

Menurut laporan dari Phone Arena, Apple akan mengumumkan hasilnya besok dan Wall Street tidak terlalu optimis dengan penjualan ponsel pintar iPhone kali ini.

Penjualan iPhone Kian Jeblok, Kalah Sama Android

Apple iPhone_3c

Apple iPhone. (Sumber: CNET)

Penjualan iPhone turun 10%. Sementara penjualan ponsel Android meningkat 7,8 juta unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan penjualan iPhone di China. Mulai dari semangat nasionalisme masyarakat yang tinggi, keterbatasan ekonomi, dan semakin ketatnya persaingan dengan produk dalam negeri.

Penurunan penjualan juga tak lepas dari para pengguna setia iPhone, kini semakin banyak peminat produk dalam negeri untuk smartphone Android. Penurunan pangsa pasar Apple yang signifikan di Tiongkok menandai semakin besarnya pengaruh merek dalam negeri seperti Huawei, Xiaomi, dan Oppo.

Sentimen nasionalis hadir dengan keinginan untuk mendukung Mendukung bisnis lokal mempengaruhi keputusan pembelian ponsel konsumen Tiongkok.

Tren ini juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang masih berlangsung antara Amerika Serikat dan Tiongkok, sehingga dapat berdampak lebih dalam terhadap dinamika pasar global.

Baca juga: Apple Gelar Event 7 Mei 2024, Apa Itu?

Penjualan Samsung Kian Melejit

Di sisi lain, penjualan ponsel Samsung semakin kuat, bahkan melampaui posisi nomor satu Apple sebelumnya.

Menurut analis IDC Nabila Popal, integrasi fitur berbasis AI pada smartphone Galaxy lini produk ini merupakan salah satu yang paling laris. faktor yang membantu Samsung meraih posisi terdepan.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa salah satu faktor penyebab turunnya penjualan iPhone saat peluncuran adalah karena belum terintegrasinya fitur AI.

“Kami memperkirakan pendekatan Apple di WWDC 2024 pada bulan Juni. Kami yakin jika mereka menghadirkan produk yang disukai konsumen, mereka dapat mengatasi tantangan yang mereka hadapi saat ini. Nabila mengatakan.

Pertumbuhan penjualan ponsel pintar tahun ini terutama berasal dari ponsel andalan kelas menengah, sedangkan penjualan ponsel dengan harga terjangkau justru turun.

Hal ini menunjukkan bahwa konsumen lebih mengutamakan fitur fungsional dibandingkan keterjangkauan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

Hardware

Unbox.id – Apple Vision Pro yang sebelumnya hanya tersedia di pasar AS, juga akan dijual di seluruh dunia. Informasi tersebut diketahui dari laporan terbaru...