Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Pengguna HP Non Samsung Bakal Bisa Pakai Fitur AI Live Translate Call

Samsung Fitur AI Live Translate Call_1a
Samsung Fitur AI Live Translate Call. (Sumber: Technoverso)

Unbox.id – Samsung telah menjajaki kekuatan AI untuk diterapkan pada ponsel pintarnya. Kali ini, para penggemar Samsung bertanya-tanya tentang kemungkinan penerapan model Gauss AI di smartphone andalan perusahaan berikutnya, seri Galaxy S24. Faktanya, menurut laporan yang dikutip Unbox.id dari Tech Times, fitur AI Live Translate Call tidak akan eksklusif untuk smartphone Samsung saja. Tampaknya perangkat non-Samsung juga akan mendapat manfaat dari kemampuan terjemahan panggilan AI real-time Samsung.

Mengenal Fitur Panggilan AI milik Samsung

Samsung Fitur AI Live Translate Call_2b

Samsung Fitur AI Live Translate Call. (Sumber: International Techno)

Pertama kali dilansir Nikkei Asia, fitur terjemahan panggilan Samsung disebut AI Live Translate Call. Fitur ini akan tersedia untuk pertama kalinya di Galaxy S24 dan model Samsung mendatang.

Fitur ini saat ini didukung dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Namun, perusahaan teknologi Korea juga akan memberikan dukungan terjemahan panggilan ke bahasa lain, dimulai dengan bahasa Jepang atau Korea.

Bagian terbaiknya adalah seri Galaxy S24 bukan satu-satunya perangkat Samsung yang memiliki fitur AI Call. Bahkan, perangkat non-Samsung juga bisa digunakan. Hal ini diungkapkan oleh Android Headlines.

Singkatnya, meskipun lawan bicara menggunakan perangkat Android lain, fungsi terjemahan panggilan AI Samsung masih dapat dirasakan.

Perangkat Samsung Versi Lama Mungkin Tidak Dapat Mencoba Fitur Terjemahan Panggilan

Hal ini menuai pujian dari banyak pengguna Samsung karena tidak membatasi penggunaan fitur panggilan AI hanya pada smartphone Samsung saja. Selain itu, bagi operator lain, membatasi penggunaan fitur terjemahan panggilan dianggap sebagai tindakan yang tidak masuk akal.

Apa pun perangkat yang mendapat manfaat dari fitur ini, tentu saja model Samsung yang lebih lama mungkin tidak memiliki fungsi terjemahan panggilan. Mungkin nantinya Samsung akan merilis update versi One UI untuk ponsel Samsung generasi sebelumnya.

Kabar Perilisan Galaxy S24 Series

Samsung Galaxy S24_1a

Samsung Galaxy S24. (Sumber: Gadget Idea)

Sebelumnya, seri Galaxy S24 dikabarkan akan meluncur pada 17 Januari 2024 berdasarkan bocoran informasi.

Sumber juga mengungkap bahwa Samsung akan mengumumkan seri Galaxy S24 di sebuah acara yang mengusung nama Galaxy Unpacked. Acara Galaxy Unpacked sendiri akan berlangsung di San Jose, California.

Bocoran ini didukung oleh leaker Evan Blass yang mengatakan bahwa akan ada hitungan mundur peluncuran perangkat Top. Acara ini akan berlangsung pada pukul 3 pagi waktu Korea.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S9 Dapat Update One UI 6

Tentang AI Live Translate Call

Salah satu fitur AI yang ingin dihadirkan Samsung ke perangkat barunya – diyakini sebagai seri Galaxy S24 – adalah Live Translate Call. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan panggilan dalam berbagai bahasa tanpa perlu menerjemahkan kata-kata penelepon.

Meski sudah terkonfirmasi kehadirannya, namun Samsung belum memastikan seri ponsel mana yang akan mengusung Galaxy AI. Seperti diketahui, fitur terjemahan real-time ini merupakan langkah maju besar Samsung dalam berinovasi bagi pengguna.

Verry mengatakan pengguna tidak perlu khawatir harus menelepon pengguna Samsung lain untuk dapat mengaktifkan fitur ini. Ini karena Galaxy AI merupakan fitur bawaan di perangkat. Oleh karena itu, sistem operasi yang dijalankannya akan berbasis pada jaringan seluler atau panggilan menggunakan pulsa.

“Itu (Panggilan Terjemahan Langsung) diinstal pada perangkat sehingga tidak menggunakan cloud “Cloud menggunakan data, (sedangkan) ini menggunakan ponsel,” tambah Verry. Namun, Samsung hanya menyiapkan fitur ini dalam bahasa sehari-hari yang formal.

“Apakah akan ada aksen dan dialek di masa depan? Kemungkinan besar, AI akan terus berkembang dan berkembang. “Tetapi untuk saat ini, masa depan adalah bahasa formal,” tambahnya. Proses penerjemahan ini juga cepat: AI hanya membutuhkan waktu 1-2 detik untuk memprosesnya, kemudian asisten virtual akan memberikan terjemahan Suara.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy C55 5G telah terungkap di laman Konsol Google Play. Kehadiran smartphone ini juga akan menjadi langkah langsung...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...