Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Oppo & OnePlus Hentikan Penjualan Smartphone di Jerman

Oppo
Foto: The Verge

Jakarta, Unbox.id – Kabar terbaru, produsen smartphone asal Negeri Tirai Bambu, Oppo dan OnePlus kini telah berhenti menjual produk mereka di Jerman. Tidak hanya penjualan smartphone, mereka juga telah menghentikan peredaran produk jam tangan pintar. Hal tersebut adalah dampak dari gugatan pihak Nokia terhadap keduanya.

Namun, pihak penggugat, yakni Nokia, bukanlah merk ponsel yang bernaung di bawah HMD Global. Akan tetapi, Nokia yang menggugat 2 produsen tersebut adalah perusahaan raksasa telekomunikasi asal Finlandia. Di mana perusahaan tersebut memiliki pengaruh besar di dalam dunia telekomunikasi di tanah Eropa.

Baca juga: Nokia Edge 2022: Saingi iPhone 13 Dengan Harga Lebih Terjangkau

Pada gugatan yang mereka bawa ke meja hijau, mereka menuding bahwa Oppo dan Oneplus telah menggunakan teknologi jaringan 4G dan 5G tanpa izin. Dengan kata lain, mereka dengan seenaknya memakai fitur jaringan tersebut tanpa membayar biaya lisensi.

Oppo dan OnePlus Tidak Memiliki Lisensi Untuk Mengakses Jaringan 4G dan 5G di Jerman

Atas gugatan yang dimenangkan oleh pihak Nokia, Oppo serta Oneplus terpaksa harus menghentikan peredaran ponsel mereka di Jerman. Larangan ini sudah berlaku sejak tanggal 5 Agustus 2022 kemarin. Hal ini terlihat dalam situs resmi Oppo di jerman, yakni oppo.com/de.

foto: berbagai sumber

Dalam situs tersebut, mereka sama sekali tidak menampilkan produk-produk smartphone maupun smartwatch yang mereka miliki. Tentu saja, ini sangat berbanding terbalik dengan situs Oppo di Tanah Air, yang masih terdapat banyak produk di dalamnya. 

Baca juga: Nokia: Salah Pilih Sistem Operasi Berakibat Fatal

Jika anda membuka situs tersebut, yakni yang ada di Jerman, anda hanya akan melihat informasi UI antarmuka ColorOS. Hanya ada satu keterangan berupa pertanyaan dan jawabannya. Yang bertuliskan, “Apakah pelanggan masih bisa menggunakan ponsel OPPO tanpa gangguan serta mendapatkan pembaruan sistem? Jawaban: Tentu, pelanggan masih bisa mengakses ponsel tanpa ada gangguan dan update ke pembaruan kedepannya.”

Untuk situs OnePlus sendiri, mereka terlihat masih memajang produk-produknya. Namun, ketika anda ingin melakukan pembelian secara online, halaman akan beralih ke page 404 not found.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Merk Oppo merupakan salah satu produk smartphone yang menjadi pilihan bagi para penggunanya. Dibekali dengan desain yang oke serta spek yang mumpuni,...

Oppo

Unbox.id – Seriring dengan produk-produk smartphone yang dihadirkan oleh para produsennya, beragam produk tersebut telah memiliki spesfikasi tinggi dan juga teknologi yang mumpuni. Dalam...

Merk

Unbox.id – Produsen asal negeri Tiongkok ini yaitu Oppo memang tidak pernah sepi untuk menghadikran beragam produk-produk terbarunya. Sejalan akan hal ini, Oppo belum...

Oppo

Last updated on 29 September, 2022 Unbox.id – Seiring dengan berjalannya waktu yang ada, beragam smartphone telah hadir dengan fitur-fitur andalannya yang semakin mumpuni...