Connect with us

Hi, what are you looking for?

Oppo

Oppo Kembali Kuasai Pasar Ponsel Indonesia di Q3 2023

Oppo Company_1a
Oppo Company. (Sumber: Tech World)

Unbox.id – Setelah mengalami penurunan selama delapan kuartal berturut-turut, pasar smartphone Indonesia akhirnya bangkit kembali pada kuartal ketiga tahun 2023 (3Q23). Menurut laporan IDC (International Data Corporation), pasar ponsel pintar Indonesia meningkat sebesar 8,8% year-on-year (yoy), dengan penurunan triwulanan yang minimal. Lainnya (QoQ) meningkat 0,9% menjadi 8,9 juta unit. Sedangkan untuk pengiriman ponsel pintar 5G, saat ini mengalami pertumbuhan sebesar 54% dibandingkan tahun sebelumnya, setelah sebelumnya turun sebesar 4,3%. Smartphone 5G mencapai rekor pangsa pasar dengan menguasai 19,2% dari seluruh smartphone di Indonesia pada 3Q23.

Pertumbuhan Perusahaan Masih Mengalami Penurunan

Oppo Company_2b

Oppo Company. (Sumber: Oppo)

Pada kuartal ini, Oppo kembali meraih posisi terdepan setelah dilampaui oleh Samsung pada kuartal kedua. Smartphone ini dikapalkan sebanyak 1,8 juta unit dengan pangsa pasar 20,1%. Namun, pertumbuhan perusahaan masih turun 4,4%. selama periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, Samsung saat ini berada di peringkat kedua dalam bidang pelayaran. 1,4 juta smartphone dan pangsa pasar 16,3%. Pada kuartal ketiga, perusahaan mengalami penurunan pertumbuhan sebesar 17,8%.

Posisi ketiga saat ini ditempati oleh Transsion (induk Tecno, Itel, Infinix), dengan 1,4 juta ponsel pintar. Perusahaan tampaknya telah melihat pertumbuhan yang cukup signifikan, khususnya 79,7% year-on-year.

Selanjutnya, Xiaomi tetap berada di posisi keempat dengan 1 penjualan,3 smartphone. Namun, perusahaan pada kuartal ini mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 17,9% year-on-year. Sementara Vivo turun ke posisi kelima dengan penurunan pertumbuhan 16,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan jumlah pengiriman meningkat.

Smartphone di Berbagai Segmen Alami Peningkatan

IDC melaporkan, smartphone tersebut dibanderol dengan harga lebih dari 600 USD atau Rp 9,2 jutaan. meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Hal ini disebabkan oleh peluncuran ponsel lipat oleh Samsung dan pengiriman iPhone 13 dan iPhone 14 oleh Apple.

Sementara itu, ponsel pintar di segmen kelas menengah juga memiliki tingkat pertumbuhan hingga 16,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini didorong oleh Samsung, Apple dan OPPO.

Untuk smartphone entry-level, kuartal ini akhirnya mengalami pertumbuhan setelah beberapa kuartal mengalami penurunan. Pada kuartal ini, ponsel pintar kelas bawah tumbuh 2,7% dari tahun ke tahun.

Di segmen smartphone murah, persaingan sengit terjadi antara Transsion, Vivo, Xiaomi, dan Realme. Deputi analis pasar IDC Indonesia mengatakan: “Kami mulai melihat jalur pemulihan dengan pemulihan pada 3Q23.

Namun, mengingat laporan mengenai situasi konsumsi yang lambat dalam penyerapan, pemasok harus terus waspada dalam mengembangkan strategi untuk menghindari kelebihan persediaan di saluran mereka. “

“Pengiriman ponsel pintar sepanjang tahun 2023 diperkirakan akan tetap lebih rendah atau setidaknya sama dibandingkan tahun 2022,” tambah Vanessa.

Baca juga: Oppo Buka Premium Outlet Terbesar Di PIK 2

Laporan IDC Pasar Smartphone Indonesia di Kuartal 2

Oppo Company_3c

Oppo Company. (Sumber: Mobile Pro)

Pada kuartal terakhir, pertumbuhan di segmen mainstream mengurangi penurunan dari tahun ke tahun menjadi satu digit karena sebagian besar perusahaan besar meningkatkan pengiriman di segmen ini.

Kesimpulan Hasilnya, pangsa pasar ponsel pintar 4G meningkat menjadi 86%, dibandingkan dengan hanya 82% pada kuartal sebelumnya. Sementara itu, ponsel pintar 5G mengalami penurunan tahunan sebesar 4,3% untuk pertama kalinya sejak hadir pada tahun 2020.

Samsung tercatat sebagai pasar ponsel pintar Indonesia yang dominan pada Q2 tahun 2023 menurut IDC. Pabrikan Korea ini mengirimkan 1,9 juta ponsel, menguasai 20,8% pangsa pasar. Namun, pertumbuhan perusahaan masih turun 3,4% year-on-year.

Di posisi kedua ada Oppo yang mengapalkan 1,6 juta ponsel dan meraih pangsa pasar 17,6%. Perusahaan teknologi asal Tiongkok ini turun 19,8% year-on-year. Di peringkat ketiga ada Vivo dengan penjualan 1,5 juta ponsel pintar dan mencatat pangsa pasar 16,5% (turun 13,1% dibandingkan periode yang sama lalu tahun).

Di peringkat keempat, Xiaomi mengapalkan 1,3 juta unit HP dengan pangsa pasar 14,7% (turun 11,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu).

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — MediaTek kini berhasil menyaingi dominasi SoC Snapdragon dari Qualcomm dengan seri Dimensity 9000 miliknya. Hal ini terbukti dari skor milik Oppo...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – MWC 2024 menghadirkan kabar menarik dari Oppo saat mereka meluncurkan Air Glass 3 XR. Inovasi tersebut telah menetapkan standar baru untuk...

Vivo

Unbox.id – Pengguna smartphone sering kali berada dalam situasi di mana baterai hampir habis dan perlu diisi ulang dengan cepat, ketika karena satu dan...

Oppo

Unbox.id – Oppo resmi menggelar penjualan perdana Reno 11 F di Oppo Gallery Gandaria City, Oppo Experience Store Aeon Mall Jakarta Garden City, Oppo...