Jakarta, Unbox.id  – Tingginya angka penyebaran Covid-19 di Indonesia membuat masyarakat kembali terbatas untuk beraktivitas di luar rumah. Di tengah pemberlakuan kembali PSBB dan new normal, UMG Idealab, bengkel teknologi 4.0 besutan Kiwi Aliwarga terus berinovasi dengan menghadirkan ragam inovasi teknologi terbaru agar masyarakat betah beraktivitas #DiRumahAja. Lewat dua startupnya, Widya Wicara dan Svara, fitur yang ditonjolkan mulai dari konten hiburan hingga reliji.

Saat ini, Widya Wicara memudahkan pengguna dengan kemudahan mengakses berbagai gerai Alfamart di seluruh Indonesia. Melalui keunggulan smart speaker berbahasa Indonesia berbasis Artificial Intelligence (AI) dan dan Neutral Language Processing (NLP), Widya Wicara dapat diaktifkan dan mengakomodasi keperluan barang yang ingin dibeli pengguna.

Jika pengguna membutuhkan sabun, cukup dengan memberikan komando suara, “Hai Widya, belikan saya sabun mandi,” disertai spesifik merek sabun. Maka, gerai Alfamart terdekat akan merespon dan mengantar keperluan belanja ke lokasi pengguna.

Tidak hanya itu, Widya Wicara juga menyediakan konten reliji bagi umat Islam, antara lain informasi penanggalan Hijriah, pengingat puasa, imsak, dan berbuka, rangkaian kisah nabi, hingga membaca Alquran dan terjemahan. Pengguna cukup menyebut nama surat atau nomor surat Alquran yang ingin didengar, Widya Wicara akan langsung memutar surat yang dimaksud.

The Sunny Company for UMG Idealab

“Keunggulan Widya Wicara adalah konten dan lokalisasi sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Saat ini misalnya, dengan kondisi pandemi kami hadirkan konten Islami. Kami yakini di masa pandemi, masyarakat lebih ingin mendekatkan diri ke Tuhan dan keluarga. Sementara, tingginya angka belanja masyarakat via online kami respon melalui kerja sama dengan Alfamart, yang kemudian kami kawinkan dengan teknologi komando suara. Tentunya hal ini semakin memudahkan masyarakat dalam berbelanja kebutuhannya,” ujar Benjamin Arianto Abimanyu, CEO Widya Wicara.

Sementara itu, fitur di Svara, platform broadcaster, media, dan komunitas juga tidak kalah menariknya. Svara bekerja sama dengan lebih dari 100 radio di Indonesia dalam menyajikan digital radio streaming. Selain memiliki layanan streaming, Svara juga menyediakan fitur broadcast. Fitur ini telah dimanfaatkan oleh beberapa kampus dan sekolah di Bandung sebagai media broadcast materi pelajaran dari guru atau dosen ke siswa.

“Kami juga menjangkau desa – desa, karang taruna, dan pos warga. Kami sediakan tool penyiaran sehingga masyarakat yang minim jangkauan teknologi dapat merasakan sensasi asyiknya siaran menggunakan platform Svara,” papar CEO Svara Farid Fadhil Habibi.

Selain di smart speaker Widya Wicara, Svara juga bisa diintegrasikan di smart TV dan connected car, sehingga pengguna punya banyak pilihan menikmasi ragam konten yang disediakan Svara.

Aplikasi Svara bisa ditemukan di Playstore

Sementara bagi Founder UMG Idealab Kiwi Aliwarga, UMG Idealab akan terus berinovasi mendukung pemerintah agar pandemi lekas berakhir. “Penting bagi semua pihak untuk berkontribusi. UMG Idealab sebagai pusat inovasi teknologi 4.0 turut berkontribusi melalui berbagai teknologi agar masyarakat semakin nyaman selama di rumah saja,” tutupnya Kiwi.

Related posts

Gameloft Gandeng MD Pictures Buka Foxtrot Six Pro Tournament

Leonardo Suksmaditya

10 Cara Memainkan YouTube Music Premium di Background Saat Menggunakan Smartphone

theresia yesica

Harga Ponsel Lipat Motorola RAZR Terkuak, Berapa Harganya?

Irianto Bina Dirgantara

Leave a Comment