Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Microsoft Blokir Akses Karyawan ke ChatGPT

Microsoft ChatGPT _1a
Microsoft ChatGPT . (Sumber: CNET)

Unbox.id – Microsoft dilaporkan telah memblokir pengguna untuk masuk ke ChatGPT karena masalah keamanan. Gizchina menyebut, Microsoft memberlakukan pembatasan ini dengan tujuan “keamanan dan masalah data”. Perusahaan bersikeras bahwa ChatGPT adalah layanan pihak ketiga dan oleh karena itu harus mewaspadai risiko privasi dan keamanan. Namun pembatasan tersebut hanya bersifat sementara.

Pembatasan Akses Karyawan

Microsoft ChatGPT_2b

Microsoft ChatGPT . (Sumber: DW)

Pembatasan akses pengguna ke ChatGPT ini dilakukan karena terjadi kesalahan saat Microsoft menguji sistem untuk Bahasa Besar (LLM).

“Kami sedang menguji sistem manajemen titik akhir untuk LLM dan membuatnya berfungsi secara tiba-tiba untuk semua pengguna. Microsoft mengatakan, “Kami memulihkan layanan segera setelah kami menemukan kesalahan yang terjadi.

Sekadar informasi, Microsoft telah mengintegrasikan model AI OpenAI ke dalam produknya, seperti Bing Chat dan Bing Image Creator. Oleh karena itu, perusahaan mendorong pengguna (terutama pelanggan) untuk menggunakan layanan Bing Chat Enterprise dan ChatGPT Enterprise, dengan mengatakan bahwa layanan tersebut memberikan tingkat keamanan dan perlindungan privasi yang baik.

Sebelumnya, perusahaan lain seperti Samsung, Amazon, dan Apple juga melarang dan melarang penggunanya mengakses ChatGPT. Alasannya juga terkait dengan perlindungan data.

Acara ini menyoroti tantangan yang sedang berlangsung dalam menyeimbangkan manfaat teknologi AI (kecerdasan buatan) seperti ChatGPT dan kebutuhan untuk mengatasi masalah keamanan dan privasi, terutama di lingkungan perusahaan.

OpenAI Luncurkan Chat GPT -4 Turbo

Sementara itu, baru-baru ini, pada konferensi pengembang pertamanya, OpenAI meluncurkan GPT-4 Turbo. Perusahaan mengklaim versi baru GPT-4 ini lebih bertenaga dan lebih murah. Merujuk pada Tech Crunch, GPT-4 Turbo hadir dalam dua versi, yaitu versi yang hanya memindai teks dan versi yang menyertakan lingkaran teks dan gambar.

Versi analisis teks tersedia dalam pratinjau melalui API mulai 7 November 2023. OpenAI juga mengungkapkan rencana untuk membuat kedua versi tersebut menjadi umum “dalam beberapa minggu mendatang.”

GPT-4 Turbo akan tersedia dengan harga $0,01 (Rp 156) untuk 1.000 entri (~750 kata). Penanda itu sendiri mewakili bagian-bagian dari teks tertulis: misalnya, kata “fantastis” dibagi menjadi “fan”, “tas”, dan “tis”. Harga keluar dibayarkan sebesar $0,03 (Rp 470) per 1.000 token.

Sekadar diketahui, sinyal masukan merupakan sinyal masukan ke dalam model, sedangkan sinyal keluaran merupakan sinyal dari model berdasarkan sinyal masukan tersebut. Sedangkan untuk harga pengolahan gambar GPT-4 Turbo akan tergantung dari besar kecilnya gambar.

Misalnya, gambar dengan resolusi 1080×1080 piksel dalam format GPT-4 Turbo akan berharga $0,00765 (Rp120). “Kami telah meningkatkan kinerja sehingga kami dapat menawarkan GPT-4 Turbo dengan harga indeks 3x lebih murah dan harga token lebih murah dibandingkan GPT-4,” tulis OpenAI dalam postingan blog yang dibagikan kepada TechCrunch.

GPT-4 Turbo menawarkan banyak peningkatan dibandingkan GPT-4. Salah satunya adalah basis pengetahuan baru yang dapat digunakan untuk menjawab permintaan.

Baca juga: Apple Hadirkan AI Generatif Seperti ChatGPT Di IOS 18

Baidu Luncurkan Model AI Ernie 4.0

AI Ernie 4.0_3c

AI Ernie 4.0. (Sumber: Trend Hunter)

Di sisi lain, Baidu China merilis versi terbaru Ernie AI LLM yang diberi nama Ernie 4.0. Diumumkan oleh News18, versi baru ini sesuai dengan Large Language Model (LLM) GPT-4 dari OpenAI (pencipta ChatGPT).

Prototipe AI baru ini diluncurkan oleh CEO Baidu Robil Li di sebuah acara perusahaan di Beijing, Tiongkok. Dalam acara tersebut, ia juga mengungkap sederet kemampuan AI terkini. Beberapa kemampuan tersebut diyakini ada pada AI ini dalam menulis konten seperti buku tari pada waktunya, serta mempelajari kemampuannya dalam membuat media visual seperti poster dan video.

Kehadiran model Ernie AI dan Ernie Bot dipandang sebagai upaya China untuk bersaing dengan Google dan OpenAI. Karena sama-sama sudah mengembangkan LLM lanjutan yaitu PaLM 2 (mendukung Google Bard) dan GPT-4 (mendukung ChatGPT).

Dilaporkan juga bahwa Tiongkok saat ini memiliki setidaknya 130 LLM, mewakili 40% dari total dunia. Negara ini kini berada di urutan kedua setelah Amerika Serikat, menyumbang 50% dari total global, menurut data dari CLSA.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...

Tech Industry

Unbox.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS (CISA) mengungkapkan bahwa peretas yang didukung oleh pemerintah Rusia menggunakan akses ke sistem email Microsoft untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...