Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

MacBook Layar Lipat Apple Siap Rilis 2026

Folded MacBook Apple_1a
Folded MacBook Apple. (Sumber: Know Techie)

Last updated on 19 Juni, 2024

Unbox.id – MacBook layar lipat sepertinya akan segera hadir. Setidaknya itulah yang terungkap melalui bocoran peta jalan Apple untuk perangkat yang dapat dilipat. Analis Haitung International Securities Jeff Pu mengungkapkan, MacBook lipat Apple diperkirakan mulai diproduksi tahun depan. Mengutip laporan Pu, kehadiran MacBook lipat ini akan mengarah pada peluncuran iPhone lipat Apple pada tahun 2026. Analis Apple lainnya, Ming-Chi Kuo, memposting informasi tersebut. Kuo mengatakan Apple sedang mempertimbangkan dua ukuran layar berbeda. MacBook lipat ini diklaim akan hadir dalam ukuran 20,25 inci dan 18,8 inci. Saat dilipat, ukuran kedua laptop ini setara dengan laptop 14-15 inci dan 13-14 inci.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara close tab macbook

Diperkirakan Harganya Lebih Mahal

Folded MacBook Apple_2b

Folded MacBook Apple. (Sumber: 9to5 Mac)

Namun menurut laporan terbaru, LG Display tampaknya akan menjadi pemasok eksklusif layar lipat untuk perangkat Apple. Memang benar, perusahaan senang dengan panel OLED LG di tablet iPad Pro baru Apple.

Kuo menulis bahwa produksi panel lipat, berapa pun ukuran yang dipilih Apple, akan dimulai pada kuartal keempat tahun 2025, dan perakitan MacBook lipat pertama akan dimulai pada paruh pertama tahun 2026. Dari segi spesifikasi, MacBook baru ini akan dibekali chipset M5. Faktanya, Apple baru saja merilis chip M4 dan memasangnya di iPad Pro 11 inci dan 13 inci.

Menurut Kuo, Apple sedang berusaha membuat layar MacBook barunya bebas kerutan. Teknologi layar ini diperkirakan berharga antara $600 dan $650 per unit dari Apple. “Setiap engsel akan berharga antara $200 dan $250 bagi Apple,” kata Kuo.

Berdasarkan perkiraan harga panel dan engselnya, kemungkinan harga MacBook layar lipat ini akan jauh lebih mahal dibandingkan model laptop Apple yang ada di pasaran. Nampaknya harga MacBook lipat dari segi bahan (BOM) hampir sama dengan Vision Pro. Jadi apakah Anda masih ingin membeli laptop Apple baru?

Apple Kebut Pengembangan Perangkat Foldable

Apple disebut-sebut tengah meningkatkan pengembangan layar lipat. Informasi tersebut diketahui dari laporan investor terbaru.

Mengutip informasi dari 9to5Mac, analis Haitong International Securities Jeff Pu mengatakan Apple berencana memulai produksi massal perangkat layar lipat menjadi 20,3 inci pada akhir tahun 2025. Lalu, terlambat 2025. Akhir tahun 2026, perusahaan akan melakukannya dengan iPhone yang dapat dilipat.

Jika analisis ini benar, Apple mungkin telah mempercepat pengembangan perangkat layar lipatnya. Laporan tersebut juga mengatakan bahwa hal ini dilakukan karena perusahaan melihat visibilitas yang lebih baik ke dalam rantai pasokannya.

Alasannya adalah berdasarkan prediksi Ming-Chi Kuo sebelumnya, Apple sedang mengembangkan MacBook lipat 20,3 inci miliknya yang diperkirakan akan dirilis. pada tahun 2027. Ross Young juga mengungkapkan hal serupa.

Baca juga: Apple Boyong Fitur Battery Health

iPhone Layar Lipat Targetkan Pasar Ultra High-end

Folded Apple iPhone_3c

Folded Apple iPhone. (Sumber: Smarthphones 24)

Namun berdasarkan analisis terbaru Jeff, kemungkinan besar rencana tersebut akan terealisasi lebih cepat dari perkiraan. Menurut Jeff, perangkat layar lipat besutan Apple ini akan menjadi lini produk terbaru perusahaan.

Perangkat ini akan menyasar pasar ultra-high-end. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu disebut sedang menjajaki dua pilihan ukuran layar untuk iPhone lipatnya, yakni 7,9 inci dan 8,3 inci. Izinkan saya memberi tahu Anda, Apple masih menjadi merek perangkat seluler yang terkenal ragu-ragu memasuki pasar ponsel pintar yang dapat dilipat.

Bahkan, Apple berkali-kali dikabarkan akan memperkenalkan ponsel layar lipat pertamanya selama kurang lebih tiga tahun. Namun sejauh ini belum ada iPhone dengan desain tersebut yang dirilis. Mengutip GSM Arena, tahun 2026 atau 2027 akan menjadi masa peluncuran ponsel layar lipat Apple.

Informasi tersebut diungkap oleh sumber anonim di Korea. Ponsel Apple ini konon akan memiliki layar utama berukuran 7 atau 8 inci. Dengan ukuran tersebut, ponsel Apple ini berpotensi menggantikan lini iPad mini yang ada di pasaran dalam beberapa tahun mendatang.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang berdiskusi mendalam dengan Meta, perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg. Tampaknya Apple ingin mengintegrasikan model AI generatif raksasa media sosial...

Tech Industry

Unbox.id – iOS 18 hadir dengan banyak fitur dan penyempurnaan baru untuk iPhone, untuk membantu pengguna tetap teratur dan aman. Hal tersebut diungkapkan Apple...

Software

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang bersiap meluncurkan jam tangan pintar barunya yang disebut-sebut akan diberi nama Apple Watch Series 10. Apple Watch Series 10...