Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Ketahui Bocoran dari Fitur iOS 18, Apa Saja?

Fitur iOS 18_1a
Fitur iOS 18. (Sumber: Techie Bundle)

Unbox.id – iOS 18 akan dirilis September mendatang. Meski begitu, bocoran mengenai sistem operasi iPhone terbaru sudah mulai bermunculan. Dari hadirnya fitur AI umum seperti ChatGPT untuk Siri hingga aplikasi bawaan Apple. Pembaruan lain yang juga akan tersedia di iOS 18 adalah dukungan RCS untuk aplikasi Messages, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman chatting yang lebih baik dengan pengguna Android. Sebagai informasi, iOS 18 akan diperkenalkan pada konferensi pengembang tahunan Apple, WWDC, Juni mendatang. Pembaruan akan tersedia untuk semua pengguna pada bulan September mendatang. Berikut bocoran fitur iOS 18 seperti dikutip MacRumors.

AI Generatif dan Siri yang Lebih Cerdas

Fitur iOS 18_2b

Fitur iOS 18. (Sumber: CNET)

iOS 18 dikabarkan akan didukung oleh fitur AI umum untuk Siri, Pintasan, Pesan, Apple Music, Pages, dan banyak lagi. Dalam laporan pendapatan Februari 2024, CEO Apple Tim Cook mengatakan perusahaan sedang mengembangkan AI umum dan akan mengungkapkannya tahun ini.

Sementara itu, Mark Gurman dari Bloomberg menyatakan bahwa AI umum akan meningkatkan Siri dan Pesan dengan menjawab pertanyaan dan melengkapi kalimat.

Sebaliknya, Wayne Ma dari The Information mengatakan bahwa Apple telah mengembangkan model bahasa luas di Siri yang memungkinkan pengguna mengotomatiskan tugas-tugas kompleks. Fitur ini juga akan melibatkan integrasi lebih dalam dengan Pintasan.

AI Generatif semakin populer sejak OpenAI merilis ChatGPT pada tahun 2022. Google dan Microsoft juga telah merilis alat serupa. Fitur AI umum pada iOS 18 bisa jadi menjadi fitur eksklusif di iPhone 16, di mana ponsel tersebut akan memiliki mesin saraf.

Dukungan RCS dalam Aplikasi Messages

November lalu, Apple mengumumkan bahwa mereka akan mendukung standar RCS untuk perpesanan lintas platform di aplikasi Message di iPhone mulai tahun 2024, jadi ada kemungkinan iOS 18 akan menyertakan fitur tersebut.

Dukungan RCS sendiri dapat menghasilkan peningkatan dalam hal perpesanan antara iPhone dan perangkat Android:

  • Foto dan video resolusi tinggi
  • Pesan audio
  • Indikator ketikan
  • Tanda terima pembacaan
  • Pengiriman pesan WiFi antara iPhone dan perangkat Android
  • Peningkatan obrolan grup, termasuk kemampuan bagi pengguna iPhone untuk meninggalkan percakapan yang melibatkan pengguna Android
  • Enkripsi yang lebih baik ketimbang SMS

Saat ini, fitur-fitur di atas tersedia dalam percakapan antar pengguna iPhone dengan apa yang disebut gelembung biru melalui iMessage.

Banyak fitur lain yang disediakan oleh aplikasi perpesanan pihak ketiga seperti WhatsApp dan Telegram. Dukungan RCS di iPhone akan memperluas fungsionalitas ke gelembung hijau melalui aplikasi Pesan.

Baca juga: Apple Ungkap Adopsi IOS 17 Masih Kalah Cepat Dari IOS 16

Update iOS Terbesar Sepanjang Sejarah?

Fitur iOS 18_3c

Fitur iOS 18. (Sumber: Gadgets Express News)

Apple yakin iOS 18 berpotensi menjadi pembaruan perangkat lunak terbesar dalam sejarah iPhone. Demikian yang dikatakan Mark Gurman dari Bloomberg. “Saya memahami bahwa sistem operasi baru ini dianggap oleh perusahaan sebagai salah satu pembaruan iOS terbesar dalam sejarah perusahaan,” katanya.

Tampaknya iOS 18 dan iPadOS 18 akan memiliki elemen penting Desain yang terinspirasi oleh VisionOS. Misalnya saja seperti dilansir The Verifier, Apple TV di iPadOS 18 diklaim akan dilengkapi dengan bilah navigasi transparan seperti yang diperkenalkan di TVOS 17.2 versi 2023.

Desain menu cukup mirip. hadir VisionOS, sistem operasi baru yang berjalan pada headset realitas campuran Vision Pro Apple. Apple juga dikatakan sedang mempertimbangkan untuk mendesain ulang berbagai sistem menu dan aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Safari.

Dengan fitur-fitur baru yang dimiliki iOS nantinya, akan banyak sekali fitur yang dapat memudahkan kita untuk mengakses gadget kesayangan kita berikutnya. Selain itu, fitur pada sistem software ini juga akan membuat perangkat dari Apple akan menjadi lebih canggih dan juga menjawab kebutuhan dari para pengguna produk Apple-nya tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....

Hardware

Unbox.id – Seri iPhone 16 memang belum diumumkan secara resmi oleh Apple, namun bocoran informasi mengenai seri iPhone 17 sudah mulai tersebar di Internet....

Hardware

Unbox.id – Kedatangan smartphone baru Apple, iPhone 16, masih tertunda setidaknya hingga September tahun depan. Meski begitu, bocoran mengenai spesifikasi smartphone ini mulai silih...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Rencana Apple untuk masa depan AppleTV mulai terbentuk, dan mungkin akan semakin dekat. Menurut Mark Gurman, perusahaan tersebut sedang mempertimbangkan untuk...