Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

iPhone SE Generasi 4 Gagal di Produksi?

iPhone SE 4_1_1
Ada rumor kabar bahwa varian produk iPhone SE 4 dibatalkan produksinya oleh Apple. (Sumber: VOI)

Unbox.id – Belakkangan ini sudah ada desas-desus Apple yang kabarnya akan membatalkan produksi iPhone SE generasi keempat miliknya itu. Hal ini diungkap oleh salah satu analis yang ternama, ia membeberkan soal produk Apple tersebut, Ming-Chi Kuo. Lantas, apa yang terjadi akibat batnya produk varian smartphone dari Apple itu? Mari kita simak informasinya berikut di bawah ini.

Alasan Adanya Pembatalan iPhone SE Generasi 4

iPhone SE 4_1_2

Adanya pembatalan produksi iPhone SE 4 dikarenakan kurangnya minat bagi pangsa pasaran produk smartphonenya tersebut. (Sumber: Harapan Rakyat Online)

Menurut analisanya Kuo, alasan pembatalan produksi iPhone SE generasi keempat tersebut dikarekanakan performa penjualan iPhone model low yang hargaya terbilang cukup murah, seperti iPhone 13 mini, iPhone 14 reguler, serta iPhone SE 2022 juga tidak sesuai harapan Apple.

Kuo juga bilang saat ini iPhone model tingginya seperti “Pro” dan “Pro Max” malahan semakin laris. “Perusahaan pemasok telah menerima instruksi dari Apple yang mengindikasikan bahwa rencana pengiriman untuk iPhone SE 4 di 2024 telah batal, bukan lagi ditunda,” tulis Kuo dalam blog pribadinya di Medium saat itu.

Suramnya nasib iPhone SE ini telah muncul sejak awal tahun 2022. Waktu itu, outlet media Nikkei Asia telah melaporkan bahwa Apple sudah memangkas produksi iPhone SE 2022 hingga 20 persen di kuartal II-2022. Salah satu alasannya lantaran permintaan iPhone SE 3 yang sudah diperkirakan lebih sedikit dari target yang dipatok Apple saat itu.

Sementara itu, penjualanan seperti iPhone 14 ‘reguler’ dan ‘plus’ yang harganya lebih murah daripada model iPhone 14 series lain-Nya, sama juga disebut tidak begitu memuaskan, menurut laporan Bloomberg.

Baca juga: Ini Dia Teknologi Charging Serupa Apple MagSafe Untuk Android

Rendahnya Permintaan Dari Pangsa Pasarnya

Apple kabarnya memangkas produksi iPhone 14 karena rendahnya permintaan. Bahkan hingga kini, permintaan kedua model itu lebih kecil dari iPhone SE 3 dan iPhone 13 mini itu. Di sisi lain, penjualan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang tentu harganya lebih mahal, justru lebih besar bila dibandingkan dengan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus tersebut. Hingga saat itulah, Apple belum memberikan tanggapan apakah prediksi Kuo benar atau tidak, melansir dari CNET.

Melihat riwayat iPhone SE pada versi sebelumnya, tidak menutup kemungkinan, Apple akan merilis iPhone SE secara tetap, namun dengan jeda waktu yang cukup panjang tentunya. Seperti halnya ketika mereka merilis iPhone SE 2 pada tahun 2020, itupun setelah hiatus empat tahun setelah iPhone SE generasi 1 rilis pada tahun 2016.

Kita kembali dengan iPhone SE 14, dalam blognya Kuo menyebut kalau pembatalan iPhone SE Gen 4 ini bakal menguntungkan Qualcomm.  Pasalnya, Apple sedang fokus untuk mengembangkan chip modem 5G buatannya sendiri.

Kuo juga bilang, chip itu rencananya akan mereka sematkan ke iPhone SE sebelum menanamkan ke lini flagship-Nya mereka. Tetapi, Kuo juga mengklaim bahwa chip itu masih belum sebaik kualitas kepunyaan Qualcomm.

Hingga saat ini pun, Apple masih sangat bergantung dengan Qualcomm untuk mendapatkan chip modem 5G miliknya. Selama beberapa tahun, Apple sangat berambisi untuk lepas dari Qualcomm sebagai pemasok chip modem 5G miliknya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang bersiap meluncurkan jam tangan pintar barunya yang disebut-sebut akan diberi nama Apple Watch Series 10. Apple Watch Series 10...

Software

Unbox.id – Apple memperkenalkan fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri di iOS 17.3. Seperti namanya, fitur ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap data pribadi pengguna...

Tech Industry

Unbox.id – Apple akan terus melakukan proses secara bertahap saat merilis layanan Intelijen Apple ke publik. Diketahui, fitur-fitur yang diperkenalkan pada WWDC 2024 ini...