Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Akan Garap Layar Besar

iPhone 16 Pro Max_1a
iPhone 16 Pro Max. (Sumber: Tech Word News)

Unbox.id – Seri iPhone 15 sudah diluncurkan di pasaran, namun informasi mengenai iPhone Apple generasi baru sudah mulai tersebar di Internet. Laporan terbaru menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar yang lebih besar: 6,27 inci dan 6,86 inci, serta akan menggunakan panel LTPO 120Hz. Lalu bagaimana dengan varian iPhone 16 dan iPhone 16 Plus? Mengutip GSM Arena, kedua ponsel ini masing-masing menggunakan layar berukuran 6,12 inci dan 6,69 inci. Kedua layar seri iPhone 16 mendukung kecepatan refresh 60Hz. Rumor tersebut dibenarkan melalui tweet dari leaker Ross Young. Jika laporan ini benar, model iPhone 16 dan 16 Plus akan tetap menggunakan layar dengan kecepatan refresh 60Hz yang sama dengan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Dia mengatakan Apple tidak akan mengintegrasikan Pro Motion ke model standar hingga tahun 2025. Kembali ke bocoran seri iPhone 16 yang rencananya meluncur tahun depan, para penggemar Apple bisa berharap semua model iPhone baru akan hadir dengan Dynamic Island.

iPhone 16 Hadir Dengan Tombol Tambahan

Sebelumnya beredar rumor bahwa HP iPhone 16 akan menggunakan tombol tambahan kecuali volume, power, dan mute. Kabar tersebut diungkap oleh leaker terpercaya yang memiliki akun Weibo yakni Instant Digital. Ia mengatakan penerus seri iPhone 15 akan hadir dengan tombol tambahan.

Tak hanya tombol, perusahaan Cupertino juga akan mengubah posisi antena mmWave di sisi kiri ponsel seri iPhone 15 yang sebelumnya berada di sisi kanannya.

Fungsi Pro Action Button di iPhone 16

iPhone 16 Series_3c

iPhone 16 Series. (Sumber: Tech World Insight)

Tombol yang disebut Pro Action di iPhone dikatakan terintegrasi ke dalam bodi ponsel dan merupakan cara Apple untuk menggunakan teknologi tombol solid state. Rumor ini berasal dari Instant Digital dan mendukung informasi dari MacRumors, pada September 2023. Jadi apa perannya?

Apple secara internal menyebut tombol ini sebagai “tombol tahan”; itu terletak di bawah tombol power di sisi kanan iPhone. Banyak orang yang percaya bahwa “tombol ambil” ini akan berfungsi sebagai jalan pintas untuk meluncurkan aplikasi foto, seperti ponsel Android Sony Xperia.

Menurut analis Jeff Pu, semua model iPhone 16 akan ditenagai oleh chipset A18, menurut GSMArena. Berbeda dengan lini tahun ini, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mendapat A16 Bionic. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ditenagai chip A17 Pro.

Pakai Chipset A18

Meskipun keempat model tersebut akan menggunakan chip A18 pada tahun 2024, diperkirakan keduanya tidak akan sama. Faktanya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan memiliki chip A18, sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki chip A18 Pro.

Jadi, pada akhirnya, Apple bisa terus menemukan kembali mereknya sendiri. Dengan begitu, iPhone “vanilla” tidak akan berbeda spesifikasi hardwarenya dari iPhone Pro. Tidak jelas apa perbedaan A18 dengan A17 Pro yang digunakan di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

Namun, TSMC akan memproduksi A18 dan A18 Pro menggunakan proses “N3E” 3nm kedua. Karena akan lebih murah dan memberikan hasil yang lebih baik daripada “N3B” yang digunakan untuk A17 Pro, menurut TSMC.

Baca juga: IPhone 16 Akan Pakai IOS 18

Bocoran Spesifikasi iPhone 16

iPhone 16_1a

iPhone 16. (Sumber: GizChina)

Sebelumnya, seperti disebutkan MacRumors, iPhone 16 dikabarkan akan menggunakan RAM lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Pasalnya iPhone 15 Pro tahun ini masih akan menggunakan jenis RAM yang sama dengan pendahulunya.

Menurut rumor yang beredar, iPhone 16 akan menggunakan RAM LPDDR5X yang memberikan performa terbaik. Sedangkan lini iPhone 15 Pro akan menggunakan RAM LPDDR5, sama seperti lini iPhone 14 Pro. Selain itu, prediksi lain juga menunjukkan bahwa Apple akan meningkatkan kemampuan Dynamic Island di iPhone 16.

Menurut laporan dari The Elec, Apple akan menggunakan sensor depan di bawah layar pada model iPhone 16Pro.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Rumor terkait spesifikasi teknis dan jadwal peluncuran seri iPhone 16 kian santer. Terbaru, ponsel Apple ini dikabarkan telah menggunakan lapisan lensa baru....

Apple

Unbox.id – Pengguna iPhone harus waspada karena baru-baru ini, peneliti keamanan siber menemukan metode baru spionase siber. Menargetkan pengguna iPhone di Asia Selatan, penjahat...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran iPhone SE 4 masih bermunculan dari waktu ke waktu. Terbaru, iPhone SE 4 disebut-sebut mendapat tambahan kemampuan kamera berbasis kecerdasan buatan...

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....