Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

iPad Mini dan Air Segera Hadirkan Panel OLED pada Variannya

ipad mini
Apple hadirkan layar OLED pada varian tabletnya | foto : MacRoumors

Jakarta, Unbox.id – Mulai 2024 mendatang, Apple merencanakan semua model iPad hadir dengan dioda pemancar cahaya organik alias OLED. Kabarnya, Apple akan menerapkan OLED pertama kali pada model tablet pro 11 inch dan 12,9 inch, serta iPad Mini dan Aero.

IPad Mini adalah tablet yang mengedepankan portabilitas, dan iPad Air adalah model kelas menengah dengan performa dan harga lebih rendah ketimbang versi Pro. Keduanya memiliki keunggulan dari segi fungsionalitasnya masing-masing.

Baca juga: Apple Siap Rilis iOS 17.2 di Desember 2023

Karena OLED lebih tipis dan ringan ketimbang layar kristal cair (LCD), Apple yakin akan memperluas penerapannya. Mereka akan melakukan langkah efektif dengan memperkenalkan OLED sebagai peningkatan kinerja dan faktor diferensiasi untuk iPad.

Pemasangan Panel OLED pada Varian iPad Mini dan Air

Dengan penggunaan layar OLED ini, perkiraan yang muncul adalah penampilan dan performanya yang menyesuaikan versi tablet. Apple membuat perbedaan performa pada model versi tablet Pro dengan reguler, seperti halnya yang mereka terapkan pada iPhone.

Ulasan lain hadir dari laman GSM Arena, dari perusahaan riset pasar, Stone Partners. Mereka mengungkapkan bahwa Apple mengandalkan OLED polikristalin oksida (LTPO) dengan suhu rendah model hybrid berbasis substrat kaca tandem dua tumpukan.

Apple hadirkan layar OLED pada varian tabletnya | foto : MacRoumors

Kedua varian tablet reguler akan mendapatkan OLED silikon polikristal suhu rendah (LTPS). Mereka juga menyebutkan bahwa model iPad Air yang memiliki panel OLED 12,9 inci akan menyusul di tahun 2027. Sejauh ini, baru iPad Air 10,9 inci yang meluncur.

Informasi Lainnya

Selain itu, model OLED 2027 Pro akan mendapatkan peningkatan. Secara khusus, perushaan kemungkinan akan memasang panel generasi berikutnya untuk meningkatkan efisiensi cahaya panel melalui filter warna enkapsulasi (CoE: Color Filter on Encapsulation).

CoE adalah metode penempatan filter warna pada lapisan enkapsulasi OLED. Ini merupakan komponen yang dapat meningkatkan efisiensi cahaya dengan tidak menggunakan polarizer dan mengurangi konsumsi daya panel penggerak sebesar 20%.

Baca juga: Nothing Chats Ditarik dari Google Play Store dengan Alasan Keamanan

Ini juga merupakan teknologi utama yang dapat menerapkan kamera di bawah layar (UDC), yang menyembunyikan kamera di bawah layar karena transmisi cahayanya yang tinggi.

Sementara itu, Apple berencana menerapkan panel OLED pada MacBook mulai tahun 2025. Berawal dari model 16 inci, jumlah model OLED akan meningkat menjadi 13 inci, 14 inci, dan 15 inci pada tahun 2026.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Para penggemar Apple saat ini sudah tidak sabar menunggu peluncuran iPhone SE 4. Beberapa laporan menyebutkan bahwa Apple sedang mengembangkan model ponsel...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini membuat marah banyak orang setelah merilis iklan kontroversial untuk iPad Pro OLED barunya. Iklan tersebut memperlihatkan mesin press hidrolik...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk terbaru merk Vivo, yaitu versi Y28s 5G akan segera memasuki pasar China dalam waktu dekat. Merk tersebut akan segera menambahkan...