Tech News

Intip Cara Kerja Foxconn, Pabrikan Produsen iPhone

Foxconn, namanya mungkin asing bagi sebagian orang, namun jika Anda mengetahui, Foxconn adalah mesin yang bergerak di bagian produksi berbagai perangkat mobile canggih yang kini ada di pasaran. Sebut cepat saja Apple, Amazon, Sony, BlackBerry, Xiaomi, Motorola, Huawei, dan masih banyak lainnya sudah mempercayakan produksi perangkatnya di Foxconn.

Lalu apa yang membuat pabrikan Taiwan ini dapat dipercaya oleh begitu banyak perusahaan global? Pertama karena Foxconn sudah sangat berpengalaman bergerak di bidang 3C yaitu Computer, Communication dan Consumer-electronics. Selain mampu untuk memproduksi item dengan cepat karena memiliki supply chain yang pendek, Foxconn juga mampu melakukannya tanpa mengorbankan kualitas.

Perusahaan yang didirikan oleh Terry Gou pada 1974 dengan nama Hon Hai Precision Industry Company Ltd ini memiliki bisnis eCMMS yang membuatnya menjadi pabrikan one stop shopping yang memadukan performa mekanik, listrik, dan optik menjadi satu. Dengan kemampuan ini Foxconn dapat melakukan banyak mulai dari pencetakan, perkakas, bagian mekanis, komponen, modul, sistem perakitan, desain, manufaktur, hingga pemeliharaan, logistik, dan masih banyak lainnya. 

Selain itu Foxconn juga diyakini sebagai pabrikan pertama yang menggunakan teknologi CNC untuk proses produksi yang meliputi lebih dari 80.000 mesin. Maka tidak salah jika banyak perusahaan global menyerahkan produksi perangkatnya ke Foxconn. Mulai dari wearable, smartphone, tablet, notebook, komputer desktop, TV portable, papan tulis digital, signage digital, kendaraan listrik, hingga robot, semua dapat dilahap. Belum lagi pengembangan jaringan dan solusi untuk internet, internet of things, dan smart grid.

Anda pengguna iPhone? iPad? Sony Xperia? smartphone dan tablet tersebut yang Anda pegang adalah buatan Foxconn. Seluruh produksinya melibatkan penggunaan komputer untuk mengontrol peralatan mesin, semuanya dilakukan dengan ketelitian tingkat tingggi menggunakan teknologi mutakhir. [leo/UBX]

Related posts

Ini Bocoran Tampilan iPhone 11

Irianto Bina Dirgantara

Benarkah VLC Media Player Memiliki Ancaman Keamanan?

Yuriantin

Ponsel T-Mobile 5G Akhirnya Akan Datang Juga

Irianto Bina Dirgantara

Leave a Comment