Inilah Chip RAM Samsung Terbaru, LPDDR4X Generasi Kedua. Apa Saja yang Ditawarkannya?

Belum puas merilis chipset Exynos terbarunya, kali ini Samsung membuat sebuah pengumuman bahwa pihaknya tengah mempersiapkan sebuah chipset RAM dengan berapa keunggulan, terutama kapasitasnya. Ya, baru-baru ini Samsung memang telah memperkenalkan RAM LPDDR5-nya, meskipun masih di pasaran masih terdapat chip standar lama, yakni LPDDR4X. Namun, pada Jumat (27/7) kemarin, perusahaan Samsung memperkenalkan chip LPDDR4X generasi kedua.

Lalu dimana letak perbedaannya dan apa saja yang bakal ditawarkan chip RAM LPDDR4X generasi kedua besutan Samsung ini?

Tentang Chip RAM Samsung Terbaru, LPDDR4X Generasi Kedua

Berdasarkan dari laporan yang telah kami terima dari pihak Samsung sendiri, chip RAM Samsung yang terbaru, yakni LPDDR4X Generasi Kedua ini akan bisa menghasilkan kecepatan kinerja mencapai 4.266 megabit per detik.

Kenapa bisa mencapai kecepatan tinggi seperi itu? Karena ini merupakan Chip RAM dengan kapasitas 16 gigabit, yang artinya chip ini mampu mencapai 2GB per chip-nya, dibandingkan dengan 1GB yang dimiliki oleh chip RAM LPDDR5.

Catatan itu seakan menandakan bahwa hanya empat dari mereka yang diperlukan untuk paket 8GB yang dibuat Samsung, yang menghemat harga (note : Diketahui RAM LPDDR5 membutuhkan delapan chip untuk kapasitas besar itu).

Selain itu, Chip RAM LPDDR4X generasi kedua ini akan memiliki keunggulan dalam sisi penghematan ruang memorinya. Dengan kata lain, chip ini bisa menggunakan daya 10% lebih sedikit daripada generasi pertama dan paket 8GB yang terbaru untuk perangkat Samsung atau lainnya. Tidak hanya itu saja, ketebalan chip generasi kedua memiliki ketebalan 20% yang lebih tipis daripada yang generasi pertamanya. Ini semua berkat proses “10 nmg” yang ditingkatkan (node yang sebenarnya ada di suatu tempat antara 10nm dan 19nm) yang selama telah diteliti dan dikembangkan sendiri oleh pihak Samsung.

Chip RAM Samsung Terbaru, LPDDR4X Generasi Kedua ini direncanakan baru akan terlihat di ponsel yang diluncurkan pada paruh pertama tahun 2019 mendatang. Dan pihak Samsung sendiri juga telah mengumpulkan paket 4GB dan 6GB, sehingga para produsen gadget akan memiliki banyak pilihan bila mereka  berminat membelinya untuk produk gadget mereka.

Tinggalkan Balasan