Tech News

Inilah 5 Inovasi Keren Smartphone 5 Tahun ke Belakang

Inovasi adalah sesuatu yang selalu dilakukan pabrikan atau vendor smartphone untuk unggul dan selangkah lebih maju dari pesaingnya. Memang inovasi adalah amunisi yang membuat pasar ketagihan melihat teknologi-teknologi yang semakin memanjakan.

Bila Anda ingin melihat dalam jangka 5 tahun ke belakang apa saja inovasi smartphone yang hadir dan kini semakin populer, Anda dapat menyimaknya dalam Inilah 5 inovasi keren smartphone 5 tahun belakangan.

1. Pemindai sidik jari

Teknologi pemindai sidik jari sesungguhnya sudah lama hadir, namun memang belum lazim digunakan pada smartphone, apalagi 5 tahun yang lalu. Tak bisa disangkal, iPhone 5s adalah salah satu yang mempopulerkan teknologi yang tertanam di smartphone. Tidak hanya untuk verifikasi keamanan dalam membuka tutup kunci smartphone saja, tapi kini finger print scanner dapat digunakan untuk verifikasi pembayaran.

2. Pengisian daya kilat dan nirkabel

Pengisian daya kilat kini sudah hadir pada banyak smartphone, namun dulu salah satu pemulanya adalah perangkat Android yang di dalamnya terbenam teknologi Qualcomm QuickCharge. Kini, perangkat seperti Samsung Galaxy S7 dapat mengisi penuh hanya dalam waktu kurang dari 2 jam. Bahkan pengisian daya setengah jam saja dapat menyuntikkan energi yang cukup untuk digunakan berjam-jam.

Sedangkan wireless charging atau pengisian daya nirkabel memungkinkan penggunanya mengisi daya smartphone tanpa menggunakan kabel, tinggal letakkan saja pada penampang maka secara otomatis perangkat Anda akan terisi.

3. Layar resolusi tinggi

Saat ini smartphone kelas atas yang tak memiliki layar resolusi tinggi minimal QHD adalah iPhone, walaupun begitu iPhone tetap terlihat tajam juga karena ukuran layar yang terbilang lebih kecil dibanding pesaingnya.Galaxy S7, LG G5, dan HTC 10 seluruhnya hadir dengan resolusi 1440 x 2560 pixel. Namun semua itu dicapai secara bertahap di mana dahulu kala resolusi di bawah HD pun sudah cukup membuat kita kagum.

4. Kamera: Optical image stabilization, video 4K, fokus kilat

Salah satu teknologi smartphone yang meningkat pesat adalah sisi kamera. Selain resolusi yang kian rapat, sensor yang kian tajam, ada juga inovasi teknologi kamera yang membuat hasil tangkapan kamera smartphone semakin baik yaitu optical image stabilization (OIS), rekam video 4K, dan teknologi auto fokus kilat.

Dimulai dengan smartphone Nokia, kini teknologi OIS sudah menghinggapi hampir seluruh smartphone Android kelas atas menghadirkan tangkapan lebih tajam dan minim blur walau diambil dalam keadaan berguncang. Belum lagi resolusi 4K memungkinkan video yang diambil dapat tampil lebih tajam walau diputar di layar yang lebih besar.

Setidaknya ada tiga teknologi fast focus yang kini digunakan kamera smartphone. Mulai dari phase detection, laser auto focus, hingga Dual Pixel yang digunakan pada Galaxy S7.

5. Layar lengkung

Inovasi terakhir adalah layar lengkung yang kini hadir pada beberapa smartphone yang dipelopori salah satunya oleh Samsung sebagaib produsen layar tampil terkemuka. Tampaknya inovasi layar lengkung tak berhenti disini lama, karena Samsung sudah terlihat mengembangkan layar yang benar-benar fleksibel. [leo/UBX]

Related posts

Bersama Orion, ASUS Hadirkan ROG Esports Arena

Ini Dia 3 Keunggulan Galaxy S20 dalam Membuat Video

Irianto Bina Dirgantara

Vivo Berikan Perpanjangan Garansi Hingga Akhir Juni 2020

Irianto Bina Dirgantara

Leave a Comment