Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Ikut Pasar, Apple Siapkan HP Layar Lipat Pertama untuk Dirilis

HP Layar Lipat Apple_1a
HP Layar Lipat Apple. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Apple sejauh ini menjadi satu-satunya perusahaan teknologi yang masih ragu untuk “memasuki” pasar smartphone layar lipat. Bahkan, Apple berkali-kali dikabarkan akan memperkenalkan ponsel layar lipat pertamanya sekitar tiga tahun mendatang. Sejauh ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS itu belum mau membeberkan apa pun terkait ponsel layar lipat tersebut. Namun, hal ini tampaknya mulai berubah. Mengutip GSM Arena, tahun 2026 atau 2027 akan menjadi masa peluncuran model ponsel layar lipat Apple. Informasi ini diungkap oleh sumber anonim di Korea. Ponsel Apple ini konon akan memiliki layar utama berukuran 7 atau 8 inci. Dengan ukuran tersebut, ponsel Apple ini berpotensi menggantikan lini iPad mini yang ada di pasaran dalam beberapa tahun mendatang. Sayangnya, spesifikasi teknis dan tampilan ponsel anyar Apple tersebut belum terungkap. Samsung Display dan LG Display dikabarkan menawarkan model panel layar lipat berukuran 6 inci dan 7 inci.

Memutuskan Untuk Perkenalkan Ponsel Layar Lipat

HP Layar Lipat Apple_2b

HP Layar Lipat Apple. (Sumber: CNET)

Jika Apple memutuskan untuk memperkenalkan ponsel layar lipat, kemungkinan besar perusahaan tersebut akan menggunakan panel dari Samsung Display.

Hal ini berdasarkan pengalaman Samsung Display sebagai pemasok ponsel. Produk layar lipat andalan Samsung, seperti Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold.

Dengan ini, besar kemungkinan perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini akan memperluas lini produk layar lipatnya jika ponsel mereka sukses di pasaran. Maka tak heran jika pada tahun 2028 Apple meluncurkan produk dengan layar lipat berukuran 20,25 inci.

Tim Cook Beri Tanda Apple Bakal Hadirkan Kemampuan AI Generatif di iPhone 16

Apple diperkirakan mulai menerapkan teknologi AI secara umum pada lini iPhone terbaru. Hal tersebut diungkapkan CEO Apple Tim Cook saat bertemu dengan investor usai laporan keuangan tahunan perusahaan.

Mengutip informasi dari GSM Arena, dalam pertemuan tersebut, Tim Cook mengatakan akan membahas Generative AI pada akhir tahun ini. Ada kecurigaan kuat bahwa aplikasi AI Generatif akan mulai diluncurkan di iPhone 16.

Oleh karena itu, kemungkinan Apple akan membahas teknologi tersebut lebih lanjut di WWDC pada pertengahan tahun 2024, sebelum perusahaan mengumumkan secara resmi seri iPhone 16, yang biasanya berlangsung pada tahun September.

AI Generatif di iOS 18

Di sisi lain, kehadiran Generative AI di iPhone 16 juga diperkuat dengan bocoran seputar iOS 18. Seperti diketahui, saat diperkenalkan nanti, kemungkinan besar iPhone 16 akan langsung menjalankan iOS.

Ya, klaim Bocoran dari reporter Bloomberg, Mark Gurman bahwa iOS 18 akan membawa beberapa perubahan besar pada sistem operasinya. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan Siri.

Sepertinya Apple akan menghadirkan kemampuan AI umum ke iOS menggunakan LLM (Large Language Model) miliknya sendiri. Dukungan AI umum ini akan meningkatkan kemampuan Siri dan beberapa aplikasi lainnya, seperti Messages, Apple Music, Pages, Keynote, dan Shortcuts.

Baca juga: Bos Apple Bandingkan Kehadiran Vision Pro

Apple Akhirnya Izinkan Toko Aplikasi Selain App Store di Uni Eropa

Apple iPhone App Store_1a

Apple iPhone App Store. (Sumber: ZDNet)

Di sisi lain, Apple akhirnya akan mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga di iOS untuk pertama kalinya di Uni Eropa. Hal ini untuk mematuhi peraturan Digital Markets Act yang akan berlaku di blok ini.

Dengan adanya perubahan pada iOS 17.4 Maret mendatang, App Store tidak lagi menjadi distributor atau satu-satunya toko aplikasi yang disahkan oleh Apple. Mengutip The Verge, ke depannya, pengguna iOS 17.4 di Uni Eropa akan dapat mengunduh “pasar aplikasi alternatif” dari situs pasar tersebut.

Namun, untuk dapat menggunakannya di iPhone, App Store harus tetap menerima persetujuan dari Apple, dan setelah diunduh, pengguna harus memberikan izin untuk mengunduh aplikasi ke perangkat.

Setelah toko aplikasi disetujui dan diinstal pada perangkat, pengguna dapat mengunduh aplikasi apa pun yang mereka inginkan, bahkan aplikasi yang melanggar Pedoman App Store.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan memperkenalkan fitur AI di iOS 18 yang akan mengutamakan privasi pengguna. Perusahaan siap menantang Google dan Samsung dalam persaingan...

Hardware

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang berupaya mengembangkan chipset generasi terbarunya sendiri, khususnya M4. Menurut rumor yang beredar, chipset Apple M4 akan hadir dalam tiga...

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....

Hardware

Unbox.id – Seri iPhone 16 memang belum diumumkan secara resmi oleh Apple, namun bocoran informasi mengenai seri iPhone 17 sudah mulai tersebar di Internet....