Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

HP Samsung Ini Tak Lagi Dapat Update OS

Galaxy Note 10 Lite_1a
Galaxy Note 10 Lite. (Sumber: Gadget Universe)

Last updated on 20 Juni, 2024

Unbox.id – Samsung dikatakan akan mengakhiri dukungan untuk empat model smartphone Samsung Galaxy lama. Empat ponsel Samsung yang tidak lagi mendukung pembaruan perangkat lunak adalah Galaxy Note 10 Lite, Galaxy S10 Lite, Galaxy A02, dan Galaxy A71. Di antara keempat smartphone tersebut, semuanya merupakan model lama dari segmen mid-range hingga low-cost.

Dikutip dari GizChina, informasi mengenai rencana ini diketahui pada daftar pembaruan keamanan bulan Maret. Keempat smartphone diketahui telah melewati batas waktu penerimaan pembaruan sistem operasi.

Jadi, seri smartphone ini hanya mendapat pembaruan keamanan dari Samsung. Namun, setelah pembaruan keamanan bulan Maret dirilis, tidak semua ponsel cerdas lagi menerima pembaruan keamanan. Meski sudah dihentikan, pengguna masih bisa menggunakan smartphone tersebut. Apalagi jika pengguna hanya menggunakannya untuk tugas sederhana.

Namun, perlu diingat bahwa jika pengguna memilih untuk terus menggunakan perangkat ini, mereka akan menghadapi beberapa risiko keamanan.

Baca juga: HP Samsung Mid Range

Galaxy S10 Lite

Galaxy S10 Lite. (Sumber: CNET)

Berikut adalah contoh risiko jika tetap menggunakan smartphone yang tidak lagi mendapat update OS:

  • Smartphone yang tidak mendapatkan update lagi rentan diserang oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Hacker dapat memanfaatkan kerentanan untuk mencuri data, memasang malware, atau mengambil alih perangkat kamu.
  • Jika kamu tidak melakukan update OS di HP Samsung, beberapa aplikasi mungkin tidak dapat digunakan. Hal itu disebabkan pengembang aplikasi terus mengembangkan dan memperbaharui aplikasi mereka. Selain itu, pembaruan aplikasi juga memerlukan sistem operasi terkini. Karenanya, software yang tidak diperbarui membuat aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan.

Selain itu, jika ponsel cerdas Anda tidak menerima pembaruan, kemungkinan besar perangkat Anda tidak akan menerima fitur baru melalui pembaruan perangkat lunak. Pembaruan perangkat lunak itu sendiri diperlukan untuk menjaga perangkat tetap mutakhir dan dengan fitur-fitur baru.

Opsi lain yang memungkinkan adalah menggunakan ROM khusus, namun metode ini tidak disarankan karena mungkin memiliki celah keamanan.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

How To

Unbox.id – Banyak orang bertanya ke kami perihal kedatangan dari Fold6 dan Flip6. Namun kami pun juga bingung karena banyak smartphone flagship masuk ke...

Samsung

Unbox.id – Samsung akhirnya memperkenalkan Galaxy Fold 6 terbaru ke khayalak. Dengan peluncuran ini memang Fold 6 menggantikan Fold 5 meski ubahannya kali ini...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung diperkirakan akan meluncurkan smartphone layar lipat generasi terbarunya, kemungkinan Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6, pada 10 Juli...

Tech Industry

Unbox.id – Setiap tahun, beberapa perangkat Samsung Galaxy kehilangan dukungan pembaruan OS Android setelah menerima pembaruan beberapa generasi. Tahun ini, Android 15 melalui One...