Connect with us

Hi, what are you looking for?

Huawei

HiSilicon Kirin 980, Chipset 7nm Pertama di Dunia

Last updated on 6 September, 2018

Jakarta, unbox.id – Huawei baru saja mengumumkan perangkat SOC unggulannya di IFA tahun ini di Berlin, yakni HiSilicon Kirin 980.  Chipset tersebut diharapkan akan memperkuat perangkat smartphone Mate 20-series yang akan datang.

Ini merupakan chip berbasis 7nm pertama di dunia (diproduksi oleh TSMC) yang menjanjikan banyak keunggulan dan efisiensi yang diperoleh dari pendahulunya, 10nm chipset oleh pesaing., yang mana salah satunya adalah 37% lebih cepat dari sang pendahulunya. Lalu apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh chipset 7nm pertama dunia ini? Simak ulasannya!

Beberapa Keunggulan HiSilicon Kirin 980

Chipset terbaru besutan Huawei ini menggunakan desain CPU 8-core gabungan dari 2x Cortex-A76 high-performance core dan 2x “power-efficient” Cortex-A76 core. Ini berarti HiSilicon Kirin 980 akan kinerja dua core Cortex-A76 yang hemat daya ini lebih rendah daripada yang berkinerja tinggi dan menggunakan arsitektur DynamIQ ARM karena mereka membentuk satu cluster dan memiliki inti sel 4x Cortex-A55 berdaya rendah.

Selain itu, Huawei memberitahu bahwa pihaknya telah mengembangkan teknologi “Flex-Scheduling” untuk menetapkan inti yang tepat untuk tugas yang tepat dan mencapai efisiensi yang lebih baik pada HiSilicon Kirin 980 ini. Namun sayangnya, kecepatan clock-nya tidak diungkapkan, tetapi Huawei mengatakan ia akan lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Terkait tentang percepatan grafis, perangkat SoC terbaru Huawei ini menggunakan GPU Mali-G76 yang sebelumnya telah diumumkan pada Mei 2018 lalu, yang menawarkan kinerja luar biasa dan peningkatan efisiensi dibandingkan dengan pendahulunya Mali-G72 di chipset Kirin 970. Sistem GPU pada HiSilicon Kirin 980 ini mengungguli generasi sebelumnya, yakni sekitar 46% hingga bisa  menghemat daya 178% lebih besar. Dan ini juga dapat memanfaatkan teknologi penguat jam baru yang mengenali ketika aplikasi game sedang berjalan menuntut menyediakan ruang memori hingga kinerja permainan atau game bisa optimal.

Semua hal tersebut di atas memastikan HiSilicon Kirin 980 memiliki kinerja 37% yang lebih baik daripada pendahulunya, yakni Kirin 970 yang tersemat di perangkat Huawei P20 dan P20 Pro. Namun, beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana kinerjanya melawan SoC kelas atas besutan Qualcomm, Snapdragon 845 (10nm)?

Menjawab ini, pihak Huawei menunjukkan bahwa HiSilicon Kirin 980 mengungguli kineja chip 10nm sebesar 20% dan 40% lebih efisien pada saat yang sama tanpa menyebutkan nama Snapdragon 845 pada khususnya.

Namun perlu diketahui bahwa proses manufaktur chipset 7nm bukanlah satu-satunya klaim yang terkenal. Chipset HiSilicon Kirin 980 ini juga menjadi yang pertama mendukung memori LPDDR4X 2133MHz dan menggabungkan chip NPU ganda khusus. Huawei menyebutnya “Dual-Brain Power”, yang dapat membantu mengenali hingga 4.500 gambar per menit, 120% lebih cepat dari chip NPU tunggal tahun lalu pada Kirin 970 SoC.

Adapun fitur penting lainnya, termasuk 6,9 miliar transistor 1cm²( 1,6 kali lebih banyak dari pendahulunya), yakni HiSilicon Kirin 980 ini memiliki dukungan 1.4Gbps Cat 21 LTE modem dan kecepatan WiFi super cepat hingga 1.732 Mbps kecepatan unduh /upload puncaknya.

Sebelumnya, perangkat smartphone Huawei P20 Pro sudah mengejutkan kita semua dengan performa kamera yang luar biasa terutama berkat adanya ISP yang efisien di dalamnya. Dan ISP tahun ini lebih ditingkatkan dan mewakili generasi keempat dari Huawei’s proprietary ISP. Ini memberikan peningkatan 46% dalam throughput data dan dukungan multi-kamera yang lebih baik secara keseluruhan.

Fitur unggulan lainnya dari HiSilicon Kirin 980 adalah ia akan mendukung teknologi reproduksi warna HDR baru, pengurangan kebisingan Multi-pass yang menghilangkan artefak tanpa merusak detail gambar dan pelacakan gerak yang lebih baik. Dan apakah chipset terbaru Huawei ini bisa membuktikan kinerja baik tersebut secara nyata? Untuk melihatnya, kita nantikan saja saat Huawei merilis seri Mate 20 dan 20 Pro yang direncanakan bulan Oktober mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Microsoft secara resmi telah meluncurkan ponsel lipat Surface Duo 2 yang sangat mengesankan, termasuk harganya pun fantastis. Ini adalah produk yang...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Laptop Surface Studio terasa seperti puncak dari semua perangkat Surface Microsoft. Laptop konvertibel 14,4 inci ini memiliki faktor bentuk dasar Surface Laptop, dengan...

Software

Unbox.id – Uninstall aplikasi dilakukan tidak hanya saat aplikasi yang digunakan error atau tidak berjalan sempurna. Banyaknya aplikasi dalam laptop bisa mempengaruhi kinerja dan...

How To

Jakarta, Unbox.id – Di era modern seperti sekarang ini, siapa yang tidak menggunakan handphone? Kebanyakan masyarakat memakainya untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan sehar-sehari. Hp...