Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Hati-Hati! Ini 10 Tips dan Tricks Beli iPhone Second di 2023!

iPhone_1_1
Ketahui tips dan trik untuk beli iPhone second di tahun 2023 ini. (Sumber: Apple)

Last updated on 18 Juni, 2024

Unbox.id – Pada saat ini, iPhone merupakan salah satu merk smartphone tersukses di dunia, merk ini juga terkenal dengan harga produknya yang sangat mahal. Namun, tidak perlu diragukan lagi kualitas dari smartphone iPhone tersebut. Smartphone ini selalu selangkah lebih maju dari Android dalam hal performa, kamera, dan desain. Bagi Anda yang tertarik untuk beli iPhone ditahun 2023, berikut adalah 10 tips untuk diikuti.

baca artikel menarik lainnya tentang : aplikasi cek iphone bekas

Pilih iPhone Second Yang Bergaransi Resmi

Tips pertama yaitu, harus memilih iPhone yang bergaransi resmi. Karena, kalua tidak bergaransi resmi “Ibox” atau “Digimap” ditahun 2023 akan rentan berbahaya dengan Imei yang terblokir oleh kemenprin dan jangan pernah beli iPhone second yang tidak bergaransi resmi!

Namanya juga bekas dipakai orang lain, kita tidak pernah tahu kalau iPhone yang kita beli sebelumnya ada kerusakan atau tidak

iPhone Harus Menyala Normal

Tips kedua yaitu, Anda bisa mencoba untuk mematikan iPhone bekas dan menyalakannya lagi dengan menekan tombol Power. Pastikan iPhone itu bisa masuk ke layar home saat selesai booting. Jika saat booting, iPhone terhenti di logo Apple dan tidak kunjung masuk ke layar home, kemungkinan besar terdapat gangguan pada perangkat.

Pastikan iCloud atau Apple ID Sudah Kosong

iPhone_1_2_1

Penting bagi penggunanya ketika beli iPhone second di 2023 untuk mengecek apakah iCloud sudah kosong atau belum. (Sumber: Engadget)

ID Apple atau akun pengguna diperlukan untuk menggunakan iPhone. Setiap iPhone hanya dapat dimasukkan dengan Apple ID yang terdiri dari username dan password. Pastikan ID Apple iPhone yang Anda gunakan kosong. Jika ID Apple Anda masih terdaftar, Anda akan kesulitan untuk menggunakan iPhone Anda secara bebas. Jadi Anda tidak dapat mengunduh aplikasi apa pun dan memulihkan iPhone Anda dengan bebas.

Keberadaan Apple ID pada iPhone yang digunakan dapat diketahui dengan mengklik menu Settings dan kolom informasi Apple ID akan muncul di bagian atas menu. Jika ID Apple kosong, nama akun pengguna tidak ditampilkan.

Baca juga: 3 Smartphone Harga Dibawah 8 Jutaan Pesaing IPhone

Periksa Body iPhone

Anda bisa mengecek bodi iPhone pada rangka dan bagian belakang ponsel. Jika bingkainya tergores, retak atau pecah, kemungkinan iPhone bekas terbentur dengan keras. Benturan juga mungkin telah mempengaruhi bagian-bagian telepon.

Pastikan Semua Fungsi “Tombol” & “Sensor” Normal

Tips kelima yaitu, Ada beberapa tombol yang terpasang di bodi iPhone, antara lain tombol volume atas, tombol mute, tombol home (untuk model iPhone Touch ID) dan tombol power. Pastikan semua tombol dapat ditekan dan berfungsi dengan baik.

IPhone memiliki beberapa sensor untuk menggunakan fungsi ponsel seperti sensor jarak, gyroscope, haptic, Face ID atau Touch ID, dll. Anda dapat mencoba berbagai fungsi pada iPhone untuk memastikan sensor berfungsi dengan baik.

Misalnya, coba sensor proximity dengan fungsi panggilan telepon. Idealnya, saat panggilan sedang berlangsung dan iPhone diletakkan di telinga, layar iPhone akan menjadi gelap untuk menunjukkan bahwa sensor proximity berfungsi normal.

Fungsi Kamera, Microphone, & Speaker Normal

Tips keenam yaitu, Anda dapat memeriksa fungsionalitas semua kamera iPhone dengan mencoba mengambil gambar atau video dengannya. Kemudian melihat gambar-gambar dari kamera. Jika terdapat bintik atau titik hitam di atasnya, kamera dapat mengganggu.

Kemudian, dapat memeriksa apakah pengeras suara iPhone Anda berfungsi dengan mencoba memutar suara dari musik atau video. Pastikan suara keluar dari speaker iPhone. Pastikan suara keluar dari dua lubang dengan benar dan tidak terpotong.

Sedangkan untuk mikrofon, Anda bisa menguji pengoperasiannya dengan merekam suara. Jika Anda merekam tetapi tidak ada suara atau suara terputus-putus, ada masalah dengan mikrofon.

Kondisi Kesehatan Baterai di Atas 90 Persen

iphone battery health_1_1

Battery health di iPhone jadi penting ketika ingin beli iPhone second di tahun 2023 karena penting untuk penggunaannya. (Sumber: Pocket-lint)

Tips ketujuh yaitu, iPhone memiliki fitur pemantauan kesehatan baterai yang dapat diandalkan yang dengan sebutan Battery Health. Sebelum membeli iPhone, anda dapat tanyakan terlebih dahulu kepada penjual tentang persentase kesehatan baterai iPhone tersebut.

Jika kurang dari 90 persen, Anda harus urungkan niat Anda untuk membeli iPhone tersebut. Jadi, Anda harus ekstra hati-hati saat membeli iPhone, karena banyak iPhone second yang tersebar di pasaran itu baterai disuntik melalui sistem.

IMEI Harus Terdaftar di Kemenperin

Tips beli iPhone kedelepan yaitu, dengan memastikan IMEI iPhone yang ingi kamu beli sudah terdaftar di Kemenperin. Cara mengeceknya sangat mudah, cukup kunjungan website resmi Kemenperin, masukkan IMEI smartphone ada dan klik cari.

Baca juga: 4 Poin Perbedaan Produk IPhone Di Pasarannya

Cek Keaslian Produk di Situs Resmi Apple

Tips dan trik kesembilan untuk beli iPhone yaitu mengecek keaslian produk Apple. Proses pengecekan sendiri bsia dikatakan hanya dengan langkah sederhana. Cara cek keaslian produk bisa dilihat dari IMEI , cara mengeceknya sama seperti poin nomor tiga, silahkan kunjungi website Apple lalu gunakan IMEI untuk mengecek keaslian produk.

Belilah di Toko Yang Sudah Terpercaya  

Tips kesepuluh yaitu, Salah satu ciri toko yang terpercaya adalah jumlah pembeli yang banyak. Menggunakan toko online memudahkan berbisnis, tetapi sebaiknya langsung ke toko iPhone hanya untuk memastikan. Padahal, yang menjadi perhatian saat membeli ponsel iPhone bekas adalah sektor baterai yang boros dan keaslian komponen di dalamnya. Oleh karena itu, Anda harus ekstra hati-hati saat membelinya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...