Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Google Tunda Peluncuran Jaringan Find My Device

AirTag Google_1a
AirTag Google. (Sumber: Cashify)

Unbox.id – Mei lalu, Google mengumumkan rencana meluncurkan jaringan Temukan Perangkat Saya untuk perangkat Android sebagai perangkat mirip AirTag. Namun dalam perkembangan terkini, Google memutuskan untuk menunda peluncuran jaringan Temukan Perangkat Saya hingga Apple menerapkan perlindungan pelacakan di iOS. Sekadar informasi, jaringan Temukan Perangkat Saya bekerja dengan menggunakan jutaan ponsel Android dari berbagai merek untuk membantu menemukan perangkat yang hilang.

Google Umumkan Penundaan Peluncuran

AirTag Google_2b

AirTag Google. (Sumber: Cashify)

Meluasnya penetrasi perangkat Android di seluruh dunia telah mendorong beberapa mitra besar, termasuk Tile, Pebblebee, dan Chipolo, untuk mendaftar di jaringan Temukan Perangkat Saya milik Google. Mereka siap menyediakan pelacak jenis AirTag yang akan memanfaatkan jaringan Google.

Sayangnya, pada bulan Juli tahun ini, Google mengumumkan penundaan peluncuran hingga Apple menerapkan perlindungan pelacakan di iOS. Keputusan ini diambil untuk memastikan pemilik iPhone dapat menemukan pelacak yang kompatibel dengan Find My Device, serta mencegah penyalahgunaan jaringan untuk melacak perangkat Apple tanpa izin.

Keputusan ini dinilai tepat, terutama setelah adanya kritik terkait penggunaan yang tidak etis. dari AirTag. Mengutip 9to5Google, jaringan Apple kuat di pasar AS, namun jaringan Google berbasis Android diprediksi akan segera menyalip Apple secara global. Memang benar, perangkat Android lebih banyak digunakan secara internasional.

Itulah mengapa peluncurannya begitu menarik, dan Google bahkan memasok perangkat kerasnya secara langsung.

Pre-Order Harus Ditunda

Sementara itu, Juli lalu, Google dan Apple juga meluncurkan “peringatan pelacakan tidak dikenal” di Android, mendeteksi AirTag tanpa memerlukan aplikasi terpisah. Sistem ini didasarkan pada spesifikasi industri baru yang juga akan mendukung pelacak dari jaringan lain, termasuk SmartThings Find Samsung dan merek pihak ketiga seperti Chipolo dan Tile.

Meskipun Google mengatakan Spesifikasi baru diketahui akan diselesaikan pada akhir tahun 2023, masih belum ada update setelah pengumuman. Pengguna Android masih harus menunggu jaringan Find My Device diluncurkan sambil mencari alternatif seperti SmartThings Find dari Samsung.

Pengguna Android menunggu pre-order pelacak Chipolo dan Pebblebee untuk jaringan Google masih tertunda, sementara pengguna perlu mempertimbangkan opsi pihak ketiga yang mungkin tidak didukung sepenuhnya.

Meskipun jaringan SmartThings Find Samsung adalah salah satu opsi terbaik, pembatasannya hanya pada perangkat Samsung membuatnya kurang optimal dibandingkan jaringan yang mencakup semua perangkat Android.

Baca juga: Google Drive Tambah Fitur Pemindai Dokumen Ke IPhone

Mengenal Apa Itu AirTag, Perangkat Tracker Besutan Apple

AirTag_3c

AirTag. (Sumber: Popular Science)

Di sisi lain, kehilangan barang berharga seperti kunci, dompet atau tas bisa menjadi masalah yang memakan waktu dan mahal. Namun, memiliki alat pelacak seperti AirTag dapat membantu Anda menemukan barang-barang tersebut dengan lebih mudah.

AirTag adalah alat pelacak yang dikembangkan oleh Apple, dirancang untuk membantu Anda menemukan barang-barang tersebut. Barang mudah hilang. Bentuknya kecil dan kompak, mirip dengan piring kecil. Anda dapat menjepitkannya ke kunci, tas tangan, dompet, atau barang berharga lainnya yang sering Anda bawa.

AirTag menggunakan teknologi Bluetooth dan jaringan luas Apple untuk membantu Anda menemukan lokasi objek yang mengganggu. AirTag memiliki banyak keunggulan yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa di antaranya:

  • Pelacakan Efisien
    • Dengan melampirkan AirTag pada barang berharga, kamu dapat melacaknya dengan mudah melalui aplikasi “Find My” pada perangkat Apple kamu. Ini memungkinkan kamu untuk menemukan barang-barang yang hilang dalam waktu singkat.
  • Pemberitahuan Lokasi
    • Jika kamu meletakkan AirTag di dalam tas atau koper, kamu dapat menerima pemberitahuan lokasi saat barang tersebut berada di luar jangkauan kamu. Hal ini membantu mencegah kehilangan yang lebih jauh.
  • Mode Pencarian
    • AirTag memiliki fitur “Lost Mode” yang memungkinkan kamu menandai barang yang dianggap hilang. Jika ada perangkat Apple lain yang mendekati AirTag tersebut, kamu akan menerima pemberitahuan tentang lokasi yang terdeteksi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang terdapat di sistem operasi Apple, termasuk...

Tech Industry

Last updated on 9 Juni, 2024 Unbox.id – Google telah merilis NotebookLM versi terbaru. Sekadar informasi, NotebookLM merupakan asisten peneliti dan penulis yang didukung...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Fitbit, anak perusahaan Google, telah mengumumkan peluncuran Fitbit Ace LTE, jam tangan pintar baru dengan rancangan khusus untuk anak-anak. Perangkat ini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...