Tech News

Google Segera Dalami IoT, rilis OS Android Things Khusus Perangkat Pintar

Hadirnya rumah pintar, mobil pintar, kulkas pintar dan peralatan pintar lainnya adalah pertanda kita masuk ke era internet yang lebih dalam lagi. IoT semakin berkembang dan dengan semakin bervariasinya alat yang dapat terintegrasi internet, masa depan otomasi dan kendali jarak jauh tampaknya akan terwujud.

Jika Anda kebetulan mengetahui atau sempat mendengar memantau perkembangan IoT, Anda mungkin sudah tak asing dengan Waeve, platform berbasis cloud untuk perangkat terkoneksi. Ya, platform kembangan Google ini sekarang diperkuat dengan adanya Android Things, sebuah sistem operasi berbasis Android, dengan seluruh kehebatannya, dilengkapi beragam API serta layanan IoT.

 OS ini tentu akan semakin memudahkan pengembang Android dalam mencipta aplikasi untuk Android Things. Saat ini Android Things tersedia dalam versi Developer Preview dan sudah digunakan pengembang IoT populer seperti Edison, NXP Pico, dan Raspberry Pi 3. 

Walaupun masih tahap awal pengembang yang tertarik dapat memanfaatkan beragam peralatan lengkap layaknya Android SDK dan Android Studio.

Berbicara mengenai Weave, platform cloud ini juga akan berkembang pesat dalam hitungan bulan. Sang raksasa mesin pencari telah mengumumkan jika Weave akan terpadu rapat dengan Android. Saat ini Weave Device SDK disebutkan mendukung perangkat IoT seperti bohlam, colokan listrik, saklar, dan amsih banyak lagi yang dapat dikembangkan dalam masa mendatang.

Jika Anda seorang developer, inilah saat yang tepat untuk lompat ke ara IoT, untuk menatap masa depan lebih yang canggih lagi. [Leo/UBX]

Related posts

Samsung Galaxy Fold Kembali Meluncur Pada September

Yuriantin

OPPO Siapkan Kehadiran Ponsel Reno 3 di Indonesia

Irianto Bina Dirgantara

Optimalkan Fitur Kamera Oppo A91 dengan Aktivitas Seru Saat #BetterAtHome

Irianto Bina Dirgantara

Leave a Comment