Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Meet Dukung Video Call Resolusi 1080p

Google Meet_1gm
Google Meet hadirkan resolusi terbaru untuk layanan dukungan aplikasi. (Sumber: TechJuice)

Unbox.id – Google telah merilis resolusi 1080p untuk platform rapat online-nya, Google Meet, sehingga pengguna bisa mendapatkan gambar yang lebih tajam dan jelas selama rapat online. Fitur resolusi 1080p Google Meet sejauh ini terbatas pada versi web, namun, memerlukan kamera berkemampuan 1080p, dan hanya untuk rapat dua orang. Selain itu, seperti dikutip Engadget, Minggu (30 April 2023), resolusi ini juga hanya tersedia untuk Meets berbayar Google, seperti Google Workspace Business Standard atau Plus, dan Enterprise Starter, Standard, Plus, dan Essential. Pelanggan Google One hanya dapat mengakses opsi 1080p jika mereka memiliki setidaknya 2 TB penyimpanan di perangkat. Jika syarat di atas terpenuhi, pengguna tetap perlu mengaktifkannya secara manual, karena resolusi 1080p dinonaktifkan secara default.

Fitur Baru Dari Google Meet

Jadi saat Anda bergabung dengan video call baru, pop-up muncul dari tombol edit dengan ikon tiga titik vertikal, dengan tulisan “Izinkan orang melihat Anda dalam Full HD” bersama dengan informasi taruhan yang diperbarui.

Pengguna Google Meet kemudian dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi. Resolusi kemudian dapat diubah dengan mengklik tombol, memilih pengaturan, video dan memilih opsi resolusi yang diinginkan.

Google Meet dengan resolusi 1080p akan diluncurkan dengan domain rilis cepat dalam dua minggu ke depan, sementara klien dengan domain rilis terjadwal baru akan diluncurkan paling lambat 19 Mei 2023.

Sementara itu, opsi panggilan 1080p di Google Meet mengikuti beberapa pembaruan terbaru pada platform rapat online, seperti respons emoji dan transkripsi otomatis.

YouTube Premium Tawarkan Video 1080p Kualitas Tinggi

YouTube Premium_2b

Layanan YouTube Premium juga hadirkan layanan video dengan resolusi 1080p. (Sumber: Rakscer.id)

Berbicara tentang Google dan resolusi 1080p, Youtube juga baru-baru ini memperkenalkan kualitas video HD 1080p yang ditingkatkan untuk pelanggan Premium. Namun, untuk saat ini, pembaruan baru hanya tersedia di iOS dan akan segera tersedia di web.

Menurut YouTube, opsi kualitas video Premium 1080p adalah versi bitrate 1080p yang ditingkatkan. Ini akan membantu gambar yang ditampilkan di YouTube terlihat lebih tajam, terutama pada video dengan banyak detail dan pergerakan.

Seperti dikutip dari The Verge, Rabu (12 April 2023), fitur baru di YouTube Premium ini sudah dalam versi beta sejak awal tahun 2023. Awalnya, pengumuman tersebut menimbulkan kekhawatiran bahwa YouTube akan menghapus opsi 1080p untuk pelanggan yang tidak membayar.

Untungnya, opsi video 1080p standar akan tetap dipertahankan, bahkan untuk pelanggan langganan YouTube Premium. Selain itu, tidak semua video YouTube memiliki opsi Premium 1080p.

Baca juga: Fitur Baru Dari Google Play Bisa Perbaiki Aplikasi Error

Berbeda Dengan Versi Premium

Perusahaan mengatakan opsi ini tidak akan tersedia di video YouTube yang diunggah dengan resolusi lebih tinggi atau lebih rendah dari 1080p, video pendek, atau streaming langsung. Perlu diketahui bahwa opsi video baru ini telah diuji sejak Februari 2023. Perlu diketahui, video 1080p dengan bitrate lebih tinggi akan sepenuhnya mengubah pengalaman menonton YouTube.

Apa bedanya dengan video 1080p yang saat ini dapat dinikmati pengguna YouTube? Karena akan ada lebih sedikit kompresi, kualitas gambar keseluruhan dari opsi Premium 1080p akan meningkat secara signifikan.

Apakah pengguna YouTube sekarang dapat menonton pada 1080p dengan penurunan kualitas? Kemungkinan itu tidak akan terjadi karena YouTube akan menghadapi reaksi balik di balik langkah tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang terdapat di sistem operasi Apple, termasuk...

Tech Industry

Last updated on 9 Juni, 2024 Unbox.id – Google telah merilis NotebookLM versi terbaru. Sekadar informasi, NotebookLM merupakan asisten peneliti dan penulis yang didukung...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Fitbit, anak perusahaan Google, telah mengumumkan peluncuran Fitbit Ace LTE, jam tangan pintar baru dengan rancangan khusus untuk anak-anak. Perangkat ini...

Tech Industry

Unbox.id – Bayangkan terbangun di suatu pagi dan menemukan bahwa ponsel Anda telah diretas. Pesan pribadi Anda, informasi perbankan, dan kendali ponsel Android Anda...