Google Luncurkan Alat Anti-Spam Untuk Android Messages

Unbox.id – Peluncuran alat anti-spam kelihatannya terbatas untuk saat ini karena tidak semua pengguna Android bisa mengaksesnya, menurut Android Police. Pemilik smartphone Android akan tahu jika mereka termasuk orang-orang yang beruntung jika mereka mendapatkan pemberitahuan alat anti spam saat membuka aplikasi Messages.

Opsi anti-spam ini akan muncul di bawah bagian Advanced dari menu Setting bagi pengguna yang mendapatkan fitur ini. Alat ini dapat dinyalakan dan dimatikan secara manual, tetapi anda mungkin bertanya-tanya kenapa juga ada pengguna yang memilih untuk menonaktifkan fitur yang sangat bermanfaat ini.

Pengguna yang sadar akan privasinya mungkin jangan terlalu tergesa-gesa untuk menyetujui alat anti-spam ini, karena dari pemberitahuannya mengatakan bahwa beberapa data tentang pesan pengguna akan dikirim ke Google. Opsi perlindungan spam ini menambahkan informasi yang dikirimkan ke Google tidak akan disertakan konten pesan dan nomor telepon pengguna yang sebenarnya.

Situs web Google, yang lebih awal menerbitkan bagian pendeteksian spam untuk aplikasi Messages, beralih ke rincian yang lebih lanjut tentang bagaimana alat anti-spam ini bekerja tepatnya.

Aplikasi Messages memungkinkan pengguna untuk memblokir dan melaporkan spammer, serta tag pesan spam yang dicurigai. Namun, agar aplikasi Messages bisa mengidentifikasi spammer, Google sementara waktu akan menyimpan nomor telepon orang yang mengirim dan menerima pesan dengan pengguna. Laporan spam, mungkin juga termasuk 10 pesan terakhir dari spammer, tetapi pesan yang tidak dibalas oleh pengguna.

Alat perlindungan spam ini secara otomatis diaktifkan bagi pengguna yang mendapatkannya, tetapi bagi mereka yang tidak menginginkan Google bisa mengintip pesan mereka, fitur ini dapat dinonaktifkan secara manual di Setting.

Google telah meningkatkan perlawanan mereka demi melawan spam, dengan salah satu tindakan terbaru terhadap komunikasi yang tidak diinginkan adalah aplikasi Google Phone yang diperbarui yang dengan mengalihkan panggilan yang tidak diinginkan ke voicemail secara otomatis.

Fitur perlindungan spam ini menjadi semakin penting, terutama dengan tahun 2018 yang ditandai sebagai “tahun spam.” Sebagian besar metode yang digunakan oleh penjahat cyber tidak lagi berfungsi, tetapi spam tetap lazim, sehingga meningkatkan kebutuhan mereka akan alat-alat antiĀ  spam milik Google pada aplikasi Messages.

Baca Juga – Rayakan Ulang Tahun Pertamanya, Google Lens Hadirkan Desain Ulang Beserta Pembaharuan

Tinggalkan Balasan