Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Drive Tambah Fitur Pemindai Dokumen ke iPhone

Google Drive_1a
Google Drive. (Sumber: Tech Idea)

Unbox.id – Baru-baru ini, Google Drive menambahkan fungsionalitas pemindaian dokumen ke iPhone dan iPad. Kita tahu bahwa perangkat Apple ini adalah platform terakhir yang mengadopsi fungsi ini, lebih lama dari Android. Untuk mengaksesnya, cukup cari tombol aksi mengambang (FAB) baru pada kamera di atas tombol “lainnya” di pojok kanan bawah layar. Fitur pemindaian dokumen ini membuka jendela bidik, secara otomatis memulai proses pemindaian, dengan opsi pengambilan foto manual tersedia di bagian bawah.

Fitur Dari Google Drive Untuk iPhone

Google Drive_2b

Google Drive. (Sumber: Gizchina)

Kamera ini dirancang untuk membantu Anda memposisikan dokumen secara optimal untuk hasil pemindaian kualitas terbaik. Pengambilan gambar berkelanjutan juga didukung, memungkinkan pemindaian dokumen multi-halaman.

Untuk penyesuaian lebih lanjut, ketuk pratinjau di sudut kiri bawah untuk mengatur batas (memotong), memutar, dan menerapkan filter seperti Warna, Skala Abu-abu, Hitam Putih, dan Foto. Setelah mengedit Setelah selesai, saat Anda menekan “Simpan”, Google Drive akan menggunakan pembelajaran mesin untuk menyarankan judul yang relevan (fitur ini sekarang tersedia di Amerika Serikat).

Selain itu, Drive juga dapat mengenali apakah dokumen tersebut merupakan resi pembelian atau bukan dan secara otomatis menambahkan informasi lokasi toko. Sebelum mengunduh, Anda dapat menentukan lokasi untuk menyimpan file PDF.

Pemindai dokumen Google Drive untuk iPhone dan iPad telah resmi diluncurkan dengan versi 4.2023.46227, untuk “semua pelanggan dan pengguna Google Workspace” dengan Google pribadi akun.”

Mengutip 9to5Google, fitur ini memungkinkan pengguna mengelola dokumen mereka dengan mudah dan efisien dengan cepat dan efisien.

Tampilkan PDF Dua Halaman Mirip Buku

Google Drive_3c

Google Drive. (Sumber: Tech Inspiring)

Di sisi lain, Google Drive baru-baru ini meluncurkan pembaruan untuk Android, menambahkan opsi tata letak dua halaman untuk menampilkan file PDF. Hal ini akan memudahkan pengguna ponsel dan tablet Android lipat.

Fitur ini memungkinkan pengguna menelusuri file PDF dalam dua halaman, menyimulasikan pengalaman membaca buku dan menggunakan layar lebih besar secara optimal. Dikutip dari 9to5Google, Sabtu (11 November 2023), fungsi baru Google Drive ini dapat diaktifkan dengan mengklik tombol bergambar dua daun baru yang ditempatkan di tengah bilah pencarian pencarian dan tiga item menu tambahan.

Sehingga pengguna dapat dengan mudah beralih antara tampilan halaman tunggal dan tampilan halaman ganda tergantung pada preferensi mereka. Inovasi ini juga menciptakan pengalaman membaca yang lebih intuitif dan nyaman di layar yang lebih besar, seperti tablet lipat dan layar ponsel.

Selain itu, Google juga memperkenalkan pembaruan lain untuk pengguna tablet termasuk multi -Dukungan contoh, bilah navigasi, dan widget yang dioptimalkan untuk layar tablet tambahan. Yang terpenting adalah meningkatkan produktivitas dan kenyamanan bagi pengguna Google Workspace di perangkat Android yang lebih besar.

Baca juga: Google Ubah Posisi Bilah Pencarian Pada Android

Google Sebut 2 Aplikasi Samsung ini Berbahaya

Masih berbicara tentang Google, perusahaan teknologi ini berkomitmen untuk menjaga penggunanya, salah satu caranya dengan memberitahu pengguna mengenai bahaya sebuah aplikasi yang hendak diinstal.

Melalui fitur Play Protect, Google baru-baru ini menandai dua aplikasi Samsung sebagai aplikasi berbahaya, meskipun sebenarnya tidak. Aplikasi Samsung yang dimaksud adalah Samsung Wallet dan Samsung Messages yang diberitahukan kepada pengguna dengan menyebutnya sebagai risiko bagi perangkat, demikian menurut laporan News18.

Aplikasi tersebut dipindai oleh Play Protect sebagai aplikasi yang mencoba memata-matai data pribadi pengguna, seperti pesan, foto, file audio, atau bahkan riwayat panggilan. Akibatnya, mereka secara default meminta pengguna untuk menghapusnya dari perangkat.

Bagi Google Play Store, hal ini melanggar peraturan mereka dan ditandai sebagai aplikasi berbahaya. Akan tetapi, aplikasi Samsung Wallet dan Messages terlihat aman saja karena telah digunakan jutaan pengguna.

Belakangan, Google mengakui bahwa hal tersebut disebabkan kegagalan server. Samsung dan Google kemudian berunding untuk memperbaiki masalah yang disebabkan oleh bug tersebut. Untuk diketahui, Google memiliki kontrol pada setiap aplikasi yang berjalan di ponsel Android. Caranya memonopoli hal ini dengan Play Store juga dipertanyakan mengenai cara mereka menangani aplikasi pihak ketiga.

Faktanya, Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mulai memindai aplikasi yang dimuat di ponsel Android. Artinya, Google akan menegakkan aturan ini dan memutuskan apakah aplikasi cukup aman untuk dijalankan di perangkat pengguna.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – iPhone SE generasi terbaru diperkirakan akan dirilis pada tahun 2025. Kabarnya, Apple kini tengah bersiap memperkenalkan lini iPhone terjangkau dengan layar OLED....

Tech Industry

Unbox.id – iPhone semakin mengukuhkan posisinya sebagai smartphone terpopuler di dunia. Meski Android memiliki fitur yang tak kalah menarik, namun konsumen di seluruh dunia...

Apple

Unbox.id – Tingkat kepuasan Samsung Galaxy S24 dinilai sangat tinggi, untuk pertama kalinya mengungguli iPhone 15. Data analisis ini ditemukan oleh grup situs rekomendasi...

Apple

Unbox.id – Sebuah bocoran informasi terkait rumor kehadiran iPhone SE 4 tersebar secara online. Salah satunya adalah bocoran mengenai desain iPhone SE 4 yang...