Fx Tec Pro1, Ponsel Yang Masih Dilengkapi Keyboard

Unbox.id – Seiring dengan maraknya kehadiran ponsel lipat dan monster baterai raksasa yang dirilis selama pameran tahunan Mobile World Congress (MWC), tren ponsel kuno telah mencuat kembali dari kuburnya. Seperti Fxtec Pro1 yang masih dilengkapi dengan keyboard.

Meski punya tampilan layaknya Samsung Galaxy S9, yang punya layar dengan tepian melengkung (curve) dan menyisakan bezel tipis di bagian atas dan bawah, ponsel unik ini masih memiliki keyboard QWERTY fisik.

Untuk menggunakan keyboard jadul tersebut, pengguna harus mengubah posisi ponsel ke tampilan landscape, lalu slide layar ke atas. Setelah menggeser layar ke atas, pengguna akan melihat keyboard fisik yang tersembunyi di tengah bodi. Ringkasnya, Fx Tec Pro1 mengingatkan kita pada ponsel lawas Nokia seri E dan N.

Lewat keyboard fisiknya, Fx Tec Pro1 menawarkan papan ketik yang lengkap layaknya pada PC atau laptop. Pengguna bisa menggunakan tombol-tombol yang tidak bisa ditemukan di ponsel-ponsel zaman ‘now‘, seperti Ctrl, Shift, Caps, Es, dan Del.

Selain itu, ada juga baris angka di bagian atas keyboard, serta tombol panah untuk mengatur navigasi di layar. Sepertinya, ponsel ini didesain untuk mendukung aktivitas kerja harian para penggunanya.

Bicara spesifikasi, layar pada Fx Tec Pro1 menggunakan teknologi AMOLED. Ponsel berukuran 5,99 inci ini pun hadir dengan resolusi layar yang terbilang premium, yaitu Full HD+.

Sedangkan untuk urusan dapur pacu, ponsel terbaru ini dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang dikombinasikan dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Sebelumnya BlackBerry (BB), yang pernah menjadi raja ponsel cerdas namun jatuh oleh Android, pernah mencoba bertahan selama bertahun-tahun dengan berpegang teguh pada warisan ponsel keyboard. Namun sayangnya tidak berhasil.

Fx Tec Pro1,

Mengapa BB dengan keyboard fisik gagal? Nah, itu karena solusi atas masalah yang kerap muncul di on screen keyboard jelas bukan dengan memunculkan keyboard fisik.

Sekarang ini kesalahan ketik bisa dijaga (sebagian besar) oleh autocorrect yang semakin pintar dan selalu belajar. Selain itu, keyboard di layar memungkinkan pengetikan dengan gaya swipe yang merupakan keajaiban untuk pengguna satu tangan.

Ya tapi mungkin saja Fxtec Pro1 akan menemukan sejumlah kecil penggemar keyboard fisik. Tetapi target mereka sepertinya hanya akan semakin kecil seiring perkembangan teknologi. Suatu hari, akhirnya, mungkin akan hilang. Kita lihat saja perkembangannya!

Sumber : berbagai sumber

Foto : berbagai sumber

Tinggalkan Balasan