Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Deretan Smartphone Kelas Menengah Yang Sedang Tren

Redmi Note 12 Series_2b
Redmi Note 12 Series. (Sumber: Tech Inspire)

Last updated on 3 Desember, 2023

Unbox.id – Kamera terus menerus bergerak dengan cepat, terutama dalam tiga menit (Q3) lihat dengan harga 623. Terutama tidak berguna, di telepon atau telepon atau telepon. 3 juta. Berbagai produsen smartphone meluncurkan model baru untuk mendulang kesuksesan atau menunjang lini produknya. Lantas, apa sajakah produk smartphonenya tersebut yang menjadi pilihan panga pasarannya?

Sesuai Yang Diungkapkan Oleh Counterpoint

Redmi Note 12_2b

Redmi Note 12. (Sumber: Technology Idea)

Counterpoint baru-baru ini terungkap di ajang Indonesia Gadget Award (IGA) 2023, peningkatan terbesar penjualan smartphone dengan harga di bawah Rp 3 jutaan adalah merek Xiaomi dan Infinix. Berkat seri Redmi Note 12, Redmi 12, Redmi A2, Smart 7, Hot 30i, dan Note 30, keduanya menyumbang peningkatan penjualan sebesar 2% pada tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Sementara dengan pasar RP 3-6 jutaan, Oppo mencatatkan pertumbuhan pesat dari segi penjualan. Tiga merek terbesar yang mendominasi segmen ini adalah Samsung, Oppo dan Vivo dengan menguasai 63% pangsa pasar.

Selain penjualan produk baru, tren pertumbuhan ini juga tercermin dalam banyaknya peningkatan paket yang ditawarkan produsen untuk sistem telepon lama mereka.

Misalnya saja seri Vivo Y36, Y27 dan V29 yang meraih kesuksesan melalui kerja sama dengan penyedia layanan internet. Pada kuartal III tahun ini, Samsung menguasai pasar smartphone di Indonesia sebesar 20%, disusul Oppo dan Xiaomi sebesar 18%. Ini merupakan kejutan bagi Xiaomi karena perusahaan asal Tiongkok itu mencatatkan kenaikan sebesar 30 persen.

Beberapa brand besar juga mencatatkan peningkatan penjualan berkat kesuksesan produknya di pasar ponsel Rp3 juta ke bawah.

Sedangkan Oppo mengalami penurunan penjualan karena minimnya pengiriman produk di bawah Rp 3 juta. Menurut Counterpoint, Samsung mengelola pasar smartphone entry-levelnya mencapai Rp 6 jutaan.

Tren Spek Ponsel Entry Level

Dalam laporan yang sama, Counterpoint menyebutkan penjualan ponsel 5G pada kuartal ketiga tahun ini meningkat sebesar 28%.

Di pasar ponsel Rp. 3 jutaan ke bawah, perubahan teknologi dan perkembangan ponsel 5G didukung oleh Vivo, Samsung dan juga Infinix. Sedangkan di pasar ponsel Rp. 3-6 jutaan, Oppo, Xiaomi, Vivo dan Infinix jadi operatornya.

HP entry level mengalami peningkatan 147 persen dibandingkan kuartal ketiga tahun lalu, sedangkan Rp. 6 juta ke bawah mengalami peningkatan sebesar 23 persen. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan perangkat di masa endemi, produk tersebut dilengkapi berbagai fitur terbaik yang tentunya dibandrol dengan harga sesuai keinginan konsumen.

Berguna untuk pembayaran transaksi non-tunai, NFC menjadi fitur favorit yang ditambahkan pada ponsel entry-level. Dalam laporan Counterpoint, entry level HP berhasil mencapai peningkatan transaksi NFC sebesar 94% dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, ponsel kelas menengah mengalami peningkatan sebesar 131 persen, mencatatkan nilai pasar sebesar 86 persen di kelas ini. Selain itu, fitur-fitur kelas atas seperti pengisian cepat, kecepatan refresh 120Hz, RAM 8GB, dan penyimpanan 256GB semakin populer di kalangan konsumen HP kelas entry dan menengah.

Baca juga: Smartphone Huawei Deteksi Google Sebagai Virus

Dampak Pada Penjualan Masa Mendatang

Hot 30i_3c

Hot 30i. (Sumber: Tech Universe)

Catatan di atas menunjukkan bahwa meningkatnya kebutuhan alat pada kurun waktu ini mempunyai ciri khas tersendiri.

Dengan berkembangnya berbagai fitur dan inovasi teknologi yang biasanya terdapat pada ponsel kelas atas, konsumen pun berharap dapat menikmati fitur-fitur tersebut di ponsel entry-levelnya. Seperti NFC, fitur ini sangat penting saat ini, terutama karena besarnya sistem pembayaran pasca-tunai.

Counterpoint berharap tren ini bisa menjadi sinyal perubahan kebutuhan pasar ponsel kelas menengah. Ingin mendapatkan layar, RAM, memori, fitur, dan performa terbaik, konsumen pun mencari model yang paling terjangkau untuk kantongnya.

Counterpoint mengatakan pembuat ponsel perlu mengembangkan cara terbaiknya untuk menghubungkan pasar dengan kebutuhan bisnis, baik melalui pemasaran maupun integrasi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Saat ini, smartphone telah menjadi perangkat kebutuhan pokok yang membantu banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna mengandalkan smartphone untuk berkomunikasi, mengakses informasi,...

Hardware

Unbox.id – Akhir pekan sudah semakin dekat, setelah jam kerja yang melelahkan, masyarakat kerap disibukkan dengan persiapan acara akhir pekan. Berkemah di alam liar...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Seri OnePlus Nord telah menunjukkan kinerja yang sangat baik untuk merek tersebut dalam tiga tahun terakhir. Merek yang memulai perjalanannya dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Counterpoint Research telah mengungkap pasar smartphone global untuk Q1 2024. Dalam laporan tersebut terungkap bahwa dua merek smartphone terlaris di awal tahun...