Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Membuat dan Menggunakan WhatsApp Community

Cara Membuat dan Menggunakan WhatsApp Community (sumber: whatsapp.net)
Cara Membuat dan Menggunakan WhatsApp Community (sumber: whatsapp.net)

Last updated on 22 November, 2022

Unbox.id – Baru-baru ini, WhatsApp memperkenalkan fitur WhatsApp Community untuk mengatur beberapa grup di bawah satu atap untuk memudahkan pengguna membuat pengumuman. Ini adalah salah satu dari beberapa fitur baru baru yang Meta tambahkan, seperti Polling (Jajak Pendapat) dan Perbankan.

Bagi Anda yang ingin mengirim pesan ke beberapa grup di WhatsApp, biasanya, Anda harus meneruskannya satu per satu di setiap grup. Tentunya hal tersebut membuat prosesnya memakan banyak waktu. Di sinilah fitur WhatsApp Community dapat Anda manfaatkan.

Cara Membuat dan Menggunakan WhatsApp Community (sumber: techcrunch.com)

Cara Membuat dan Menggunakan WhatsApp Community (sumber: techcrunch.com)

WhatsApp Community, Banyak Grup di Satu Entitas Besar

Fitur baru ini memungkinkan Anda mengatur beberapa grup dengan minat yang sama di bawah satu entitas besar, membuat koordinasi dan pengumuman skala besar menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Setelah Anda berada di komunitas, admin dapat mengirimkan pembaruan penting untuk menjangkau semua orang sekaligus. Berikut ini adalah beberapa fitur penting dari Komunitas WhatsApp:

  • Dapat menambah dan mengelola hingga 21 Grup di dalam satu Komunitas WhatsApp.
  • Setelah menambahkan grup, semua pesertanya akan ditambahkan secara otomatis.
  • Saat admin mengirimkan pesan di dalam komunitas, setiap peserta grup akan menerimanya secara individual.
  • Tidak seperti grup, peserta tidak dapat membalas pengumuman komunitas yang admin unggah.
  • Dapat menjangkau 10.752 orang sekaligus dengan pengumuman.
  • WhatsApp membatasinya hingga 5.000 Anggota.

Baca juga: Cara Berbagi Link Panggilan WhatsApp di Android dan iPhone

Tidak seperti grup WhatsApp, Komunitas berfungsi sebagai entitas yang lebih besar atau induk tempat Anda dapat menampung beberapa grup bersama dan menjaga mereka tetap terhubung dengan pengumuman Anda. Idealnya, Anda dapat menggunakan grup WhatsApp untuk menghubungkan orang-orang dengan minat yang sama dalam satu percakapan.

Selain itu, Komunitas juga memungkinkan Anda membawa beberapa grup WhatsApp di bawah satu payung untuk membuat pengumuman skala besar lebih mudah untuk dikirim. Namun, peserta tidak dapat membalas pesan di dalam komunitas, karena hanya admin yang bisa mengirim pesan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk memanfaatkan fitur Komunitas dari WhatsApp, berikut ini adalah beberapa langkah untuk menggunakannya.

Android

  • Buka WhatsApp dan alihkan ke tab Komunitas dengan menggeser ke kiri layar Anda. Atau, Anda dapat menekan ikon tab Komunitas di pojok kiri atas.
  • Ketik nama komunitas baru dan tambahkan deskripsi yang relevan.
  • Pada halaman berikutnya, Anda harus menambahkan grup ke komunitas Anda untuk mengelolanya. Anda dapat membuat grup baru atau memilih dari yang sudah ada dengan mengetuk opsi ‘Tambahkan Grup yang Ada’.
  • Selanjutnya, tambahkan grup yang Anda inginkan ke komunitas yang dibuat. Anda dapat menambahkan hingga 21 grup di dalam satu komunitas untuk mengelolanya.
  • Setelah ditambahkan, semua peserta grup akan mendapatkan notifikasi secara otomatis tentang komunitas yang baru dibuat.
  • Terakhir, ketuk nama komunitas yang Anda buat untuk memposting pesan pengumuman. Pesan Anda akan dikirimkan ke semua peserta grup satu per satu, di mana mereka dapat melihatnya. Namun, peserta tidak dapat memposting balasan ke pesan terkirim Anda di komunitas.

iPhone

  • Buka WhatsApp di iPhone Anda dan ketuk tab Komunitas di bagian bawah.
  • Tambahkan nama baru ke komunitas Anda dengan deskripsi yang relevan.
  • Selanjutnya, pilih dan tambahkan grup yang Anda inginkan ke komunitas dan ketuk tombol Buat di pojok kanan atas.
  • Setelah dibuat, ketuk nama komunitas untuk memposting pengumuman baru.

Web

  • Buka WhatsApp web dan klik tab Komunitas di bagian bawah.
  • Klik Mulai Komunitas dan tambahkan nama baru ke komunitas Anda dengan deskripsi yang relevan.
  • Selanjutnya, pilih dan tambahkan grup yang Anda inginkan ke komunitas dan ketuk tombol Buat di pojok kanan atas.
  • Setelah berhasil dibuat, ketuk nama komunitas untuk memposting pengumuman baru.

Baca juga: 2 Cara Membuat dan Menggunakan Meta Avatar di WhatsApp

Cara menghapus WhatsApp Community

Jika Anda merasa bahwa Komunitas WhatsApp tidak cocok untuk Anda, Anda juga dapat menghapusnya dengan beberapa langkah mudah berikut:

  • Buka Komunitas WhatsApp yang Anda buat dan ketuk tombol Nonaktifkan Komunitas di bagian bawah halaman.
  • Di layar berikutnya, ketuk tombol Nonaktifkan dan konfirmasikan tindakan Anda dengan mengetuk tombol Nonaktifkan pada pop-up.
  • Anda telah berhasil menghapus Komunitas WhatsApp Anda. Setelah menonaktifkannya, grup yang terhubung akan terputus, dan semua informasi komunitas akan langsung terhapus. Anda juga dapat menonaktifkan Komunitas baik melalui Android, iOS maupun Web.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: whatsapp.net, techcrunch.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Spotify baru saja meluncurkan kampanye tahunan mereka, Spotify Wrapped 2022. Pengguna Spotify bisa melihat lagu teratas mereka selama satu tahun ini. Untuk...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang memiliki beragam fitur menarik di dalam produk aplikasinya ini. Lebih lanjut, aplikasinya ini dapat menjadi pilihan...

Tech Industry

Last updated on 23 November, 2022 Unbox.id – WhatsApp baru-baru ini telah meluncurkan beberapa fitur baru, salah satunya WhatsApp Companion. WhatsApp merilis fitur ini...

Tech Industry

Unbox.id – Beberapa waktu lalu, Microsoft mengatakan akan membawa integrasi foto iCloud ke aplikasi Windows Photos, yang sebelumnya tersedia untuk Windows Insiders. Kini Microsoft...