Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Bocoran Kandidat CEO Apple Berikutnya

Apple Company_1a
Apple Company. (Sumber: USA Today)

Unbox.id – Laporan terbaru dari Bloomberg mengangkat kemungkinan pengganti CEO Apple saat ini, Tim Cook. Seperti kita ketahui, Tim Cook telah menjadi orang nomor satu Apple sejak tahun 2011 dan akan menginjak usia 64 tahun. Meski laporan menyebutkan tidak ada kemungkinan pergantian kepemimpinan dalam waktu dekat, ternyata ada sejumlah kandidat potensial. untuk menggantikan Tim Cook sebagai CEO Apple.

Kemungikan Sosok CEO Apple

COO Apple Jeff Williams_2b

COO Apple Jeff Williams. (Sumber: Observer)

Mengutip informasi dari 9to5Mac, laporan Bloomberg didasarkan pada percakapan dengan beberapa orang yang mengetahui urusan internal perusahaan. Disebutkan kemungkinan akan ada perubahan dalam waktu dekat dan COO Apple Jeff Williams akan menjabat sebagai CEO Apple. Namun informasi ini belum dapat dikonfirmasi.

Laporan tersebut berbunyi: “Jika Tim Cook mengundurkan diri, kata orang-orang ini, dia hampir pasti akan digantikan oleh CEO Jeff William, yang telah muncul sebagai kandidat utama untuk menggantikan Cook dalam beberapa tahun sebelumnya”. Namun kemungkinan tersebut akan sedikit sulit karena tahun ini Jeff telah berusia 61 tahun.

Sementara itu, jajaran direksi Apple kemungkinan besar akan memilih sosok yang mampu bekerja setidaknya hingga satu dekade ke depan. Di sisi lain, laporan tersebut juga mengungkap, menurut sumber dekat Tim Cook, ia akan tetap menjadi CEO Apple setidaknya hingga 3 tahun ke depan.

Begitulah kemunculan karakter John Ternus yang dianggap sebagai penerus Tim Cook yang paling mungkin.

Sosok John Ternus di Apple

John Ternus sendiri saat ini menjabat sebagai Senior Vice President Hardware Engineering di Apple. Ini semakin sering muncul di acara-acara besar Apple dalam beberapa tahun terakhir. John Ternus disebut-sebut sangat populer di kalangan eksekutif Apple, termasuk CEO Tim Cook dan COO Jeff William. “Dia memiliki banyak kesamaan dengan karakteristik manajemen Tim,” kata laporan itu.

Bagaimana dengan eksekutif lainnya? Laporan tersebut menyebutkan sulit bagi orang seperti Craig Federighi dan Deirdre O’Brien untuk menjadi penerus Tim Cook, meski mereka dicintai banyak orang.

Sementara itu, orang lain, seperti Phil Schiller dan Dan Riccio, diperkirakan akan mengakhiri hubungan mereka. misi segera. masa jabatan di Apple. Selain laporan tersebut, Tim Cook sendiri telah menjalankan Apple selama 15 tahun menggantikan Steve Jobs. Di sisi lain, CEO Apple Tim Cook sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia, salah satunya untuk membahas investasi.

Menteri Informasi dan Komunikasi Budi Arie Setiadi kemudian mengatakan Apple akan berinvestasi di Indonesia senilai Rp 1,6 triliun.

Namun baru-baru ini sebuah akun Instagram memuat informasi bahwa Apple telah membatalkan investasinya sebesar Rp 1,6 triliun di Indonesia. Benarkah?

Menteri Informasi dan Komunikasi Budi Arie Setiadi pun membantah membatalkan investasi Apple di Indonesia. “Tidak, itu hanya hoax. Kenapa mereka mau (berinvestasi),” kata Budi Arie Setiadi baru-baru ini.

Budi Arie juga mengatakan sinyalnya menunjukkan investasi Apple di Indonesia positif, Semua sama dengan Microsoft. “Positif, tidak ada yang negatif, Microsoft juga baik-baik saja,” ujarnya.

Baca juga: Rumor Bocoran Desain IPhone 16 Beredar Di Internet

Investasi dalam Bentuk Apple Developer Academy

Apple Developer Academy_3c

Apple Developer Academy. (Sumber: EduTechno World)

Sebelumnya, dalam pertemuan saat berkunjung ke Indonesia, Budi Arie mengatakan Apple telah berinvestasi sebesar Rp 1,6 triliun. Investasi ini tidak dalam bentuk pabrik atau Apple Store namun menunjukkan komitmen Apple dalam memberikan pelatihan kepada para pengembang di Indonesia.

Investasi ini dilakukan dalam bentuk program pelatihan bernama Apple Developer Academy. Bahkan dalam kunjungannya ke Indonesia, CEO Apple Tim Cook meresmikan Apple Indonesia Developer Academy di Bali.

Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya Apple membuka akademi pelatihan bagi para pengembang. Perusahaan pertama kali membuka Apple Developer Academy di Indonesia pada tahun 2018 yang berlokasi di Jakarta.

Kemudian, Apple juga membuka akademi serupa di Surabaya dan Batam. Melalui program Apple Developer Academy, Apple melatih pengembang, pelajar, dan pengusaha dalam mengembangkan aplikasi untuk iOS.

Program Apple Developer Academy, yang kini tersedia di Surabaya, Batam, dan Jakarta, telah mengumpulkan lebih dari 2.000 pengembang potensial. “Rp 1,2 triliun untuk tiga akademi (Apple Developer Academy di Jakarta, Surabaya dan Batam).

“Kalau ditambah lagi di Bali jadi Rp 1,6 triliun,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie saat jumpa pers di kantor Kominfo usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu bos Apple Tim Cook.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple Vision Pro yang sebelumnya hanya tersedia di pasar AS, juga akan dijual di seluruh dunia. Informasi tersebut diketahui dari laporan terbaru...