Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Bocoran iPhone 16 Ada Tombol Misterius!

Apple iPhone_1a
Apple iPhone. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Bocoran informasi terkait iPhone 16 mulai tersebar di berbagai media online. Dan baru-baru ini bocoran terbaru menyebutkan bahwa seluruh model iPhone 16 akan menggunakan sistem operasi iOS 18 dan hadir dengan chip A18. Model iPhone 16 yang akan datang mencakup iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Mengutip Gadgets 360, Apple akan mengintegrasikan SoC baru – t8140 – Tahiti di seluruh jajaran ‌iPhone 16‌. Nama kode ini akan dikaitkan dengan chip A18. Apple juga diperkirakan akan membedakan chip yang digunakan pada model iPhone 16 dan iPhone 16 Pro, menggunakan branding A18 dan A18 Pro.

Menggunakan Chipset Berbeda Untuk Model non-Pro

Apple iPhone_3c

Apple iPhone. (Sumber: ZDNet)

Sekadar informasi, seri iPhone 15 dan iPhone 14 milik Apple juga menggunakan chipset berbeda untuk model non-Pro dan Pro. Perusahaan ini menggunakan SoC generasi lama di iPhone 2023 dan 2022 yang lebih murah. ‌

iPhone 15‌ berjalan pada chip A16 Bionic lama dari iPhone 14 Pro, sedangkan model ‌iPhone 15 Pro‌ ditenagai oleh Didukung oleh chip baru. Chip A17 Pro punya hati. GPU tambahan dan peningkatan kecepatan clock.

Selain chip A18, sistem operasi iOS 18 iPhone 16 dikatakan merujuk pada modul Broadcom Wi-Fi dan Bluetooth. Selain informasi tersebut, sebelumnya juga terdapat informasi bahwa seri iPhone 16 akan hadir dengan tombol khusus untuk merekam video. Tombol misterius ini seharusnya disebut tombol “Capture”.

Model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga akan memiliki tombol aksi baru, yang saat ini eksklusif untuk model iPhone 15 Pro. Sedangkan untuk varian 16 Pro dikabarkan memiliki layar yang lebih besar dibandingkan model iPhone 15 Pro.

iPhone 16 Pro Dibekali Kamera Tetraprisma

Sebelumnya, analis Ming-Chi Kuo mengonfirmasi bahwa iPhone 16 Pro dan iPhone 16‌ Pro Max akan memiliki lensa telefoto quad-prisma dengan kemampuan zoom yang ditingkatkan. Analis TF International Securities juga menyatakan hal serupa di blognya, mengutip Gadgets 360.

Pada tahun 2023, raksasa Cupertino ini akan melengkapi iPhone 15 dengan sistem lensa tetrafoto baru untuk mendukung zoom optik 5x. IPhone 15 Pro mendukung zoom optik 3x. Menurut laporan terbaru, iPhone 16 Pro diharapkan memiliki layar 6,27 inci dengan kecepatan refresh 120Hz berdasarkan teknologi oksidasi polikristalin suhu rendah (LTPO).

Sedangkan iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar berukuran 6,86 inci. Untuk model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, kedua model ponsel ini menggunakan layar masing-masing berukuran 6,12 inci dan 6,69 inci. Kedua layar seri iPhone 16 hanya mendukung refresh rate 60Hz. Rumor tersebut didukung oleh tweet dari leaker Ross Young.

Jika kabar ini benar, model iPhone 16 dan 16 Plus akan tetap menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz. Kemampuan refresh 60Hz mirip dengan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Ia mengatakan Apple baru akan mengintegrasikan Pro Motion ke model standar pada tahun 2025.

Baca juga: Apple Atasi Bug Instalasi Aplikasi Bawaan Pada IPhone Lawas

Dikabarkan Punya Layar Yang Lebih Besar

Apple iPhone_2b

Apple iPhone. (Sumber: CNET)

Kembali ke bocoran informasi mengenai seri iPhone 16 yang diperkirakan meluncur tahun depan, para penggemar Apple bisa berharap semoga semua model iPhone baru hadir dengan Dynamic Island.

Selain itu, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max dikabarkan memiliki layar yang lebih besar – 6,27 inci dan 6,86 inci, serta akan menggunakan panel LTPO 120Hz.

Bagaimana dengan varian iPhone 16 dan bagaimana dengan iPhone 16 Plus? Mengutip GSM Arena, Rabu (22 November 2023), kedua ponsel ini sama-sama menggunakan layar berukuran 6,12 inci dan 6,69 inci.

Dua layar seri iPhone 16 sama-sama mendukung refresh rate 60 Hz. Rumor ini didukung oleh tweet dari leaker Ross Young. Jika kabar ini benar, maka model iPhone 16 dan 16 Plus akan tetap menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz serupa dengan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Kehadiran headset mixed reality Apple Vision Pro terus menarik perhatian para pecinta teknologi. Dengan harga Rp 55 jutaan, sudah terjual lebih dari...

Apple

Unbox.id – Apple terkenal dengan kerahasiaannya dalam menjaga kerahasiaan detail produk, namun selalu ada celah bagi pembocor untuk mengungkap informasi terbaru. Bocoran ini melibatkan...

Apple

Unbox.id – Tingkat kepuasan Samsung Galaxy S24 dinilai sangat tinggi, untuk pertama kalinya mengungguli iPhone 15. Data analisis ini ditemukan oleh grup situs rekomendasi...

Software

Unbox.id – iOS 18 akan dirilis September mendatang. Meski begitu, bocoran mengenai sistem operasi iPhone terbaru sudah mulai bermunculan. Dari hadirnya fitur AI umum...