Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Backup WhatsApp di Android Akan Makan Kuota Penyimpanan Google

Google Storage_1a
Google Storage. (Sumber: Cashify)

Unbox.id – Google dan WhatsApp telah mengumumkan perubahan kebijakan, dimana dukungan nantinya atau pendukung percakapan dan media di Android tidak lagi gratis seperti sebelumnya. Jadi setelah selesai melakukan chat WhatsApp dan file backup media di Android akan mulai memperhitungkan batas penyimpanan cloud atau batas akun Google pengguna. Ini berlaku untuk pengguna beta mulai Desember 2023. “Sebagai informasi penting, pencadangan WhatsApp di Android akan segera dimulai terhadap batas penyimpanan cloud akun Google Anda, sesuai dengan cara mengelola pencadangan WhatsApp dan platform seluler lainnya,” tulisnya Google.

Penyimpanan Gratis Hanya Sebatas 15GB Saja

Google Storage_2b

Google Storage. (Sumber: CNET)

“Perubahan ini pertama-tama akan diluncurkan kepada pengguna WhatsApp Beta mulai Desember 2023, dan secara bertahap ke seluruh pengguna WhatsApp di Android mulai awal tahun depan,” tambah mereka di laman Dukungan Google.

Google mengatakan bahwa akun Google pribadi memiliki penyimpanan gratis hingga 15GB. Google mengatakan kapasitas ini tiga kali lipat dari kebanyakan platform seluler, yang digunakan bersama di Google Drive, Gmail, dan Foto.

Google juga mengatakan bahwa pencadangan WhatsApp untuk Android masih dapat dilakukan jika pengguna memiliki akses ke akun Google mereka. Jika penyimpanan penuh, pengguna harus bisa mengosongkan ruang jika ingin terus menyimpan file cadangan WhatsApp ke Google, menghapus yang tidak perlu.

Pengguna akan dapat menghapus konten langsung dari aplikasi WhatsApp. Menghapus item dari aplikasi akan menghapusnya dari penyimpanan cloud pengguna, sehingga mengurangi penyimpanan yang digunakan oleh pencadangan WhatsApp berikutnya.

Berlangganan Google One

Jika ingin keamanan lebih, Google menyarankan pengguna mendaftar ke Google One. Selain itu, merujuk pada halaman FAQ WhatsApp, perubahan ini akan diluncurkan untuk pengguna aplikasi beta mulai Desember 2023, dan secara perlahan untuk pengguna Android selama paruh pertama tahun 2024. Perubahan ini juga akan mulai berlaku pada bulan Desember jika pengguna menggunakan akun pribadi.

Jika pengguna login ke Google Workspace melalui kantor atau sekolah, batas keamanan tidak berlaku. Nantinya, WhatsApp juga akan menginformasikan kepada pengguna 30 hari sebelum menerapkan perubahan ini, melalui banner di Pengaturan, Obrolan, dan latar belakang obrolan.

Jika tidak ingin menyimpan chat dari akun Google, pengguna tetap bisa mentransfer chat antar perangkat Android menggunakan fitur Transfer WhatsApp Chat. Fitur Transfer Transfer memungkinkan pengguna untuk mentransfer semua informasi akun, termasuk pesan pribadi, foto, video, dan dokumen. Namun, pengguna tidak dapat mentransfer informasi pembayaran atau riwayat panggilan antar rekan.

Baca juga: WhatsApp Channel Sudah Raup 500 Juta Pengguna Aktif

Cara Transfer Riwayat Chat WhatsApp

WhatsApp Backup_3c

WhatsApp Backup. (Sumber: Jatis Mobile)

Berikut cara mentransfer riwayat chat ke perangkat Android lain:

Yang Anda butuhkan adalah,

  • Telepon Android lama dan baru yang diinstal Android 6 atau versi yang lebih baru.
  • Kedua telepon mendukung Wi-Fi Direct.
  • Menggunakan nomor telepon lama di telepon baru.
  • Jangan mendaftarkan telepon baru ke WhatsApp sampai Anda memulai migrasi di telepon lama.
  • Kedua telepon harus saling berdekatan.
  • Kedua telepon harus terhubung ke sumber daya dan Internet.
  • Kedua telepon harus mengaktifkan Wi-Fi dan lokasi.
  • Izin perangkat tertentu diperlukan untuk memulai transfer. Izin mengakses lokasi persis Anda diperlukan. WhatsApp tidak akan menyimpan informasi ini.

Transfer Riwayat atau history chat ke ponsel baru,

  • Unduh WhatsApp di telepon baru, lalu buka aplikasi. Selesaikan tahap penyiapan.
  • Ketuk Terima syarat dan ketentuan > Verifikasi nomor telepon Anda.
  • Setelah mencari cadangan, pilih opsi Transfer dari perangkat lama.
  • Ketuk MULAI di layar Transfer riwayat chat dari telepon lama.
  • Terima permintaan izin, lalu kode QR akan ditampilkan.
  • Pindai kode QR yang ditampilkan di telepon baru menggunakan kamera telepon lama.
  • Terima undangan untuk terhubung di telepon baru agar dapat menautkan telepon baru ke telepon lama.
  • Saat riwayat chat Anda dipindahkan, bilah persentase akan menampilkan progres. Pastikan kedua telepon tetap menyala dan jangan tutup aplikasi WhatsApp. Berkirim pesan akan dijeda sementara selama transfer riwayat chat berlangsung. Anda dapat mengetuk BATAL untuk membatalkan proses kapan saja.
  • Setelah impor selesai, ketuk SELESAI.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis kode untuk Project Gameface, sebuah proyek inovatif yang memungkinkan pengguna ponsel cerdas mengontrol menggunakan ekspresi wajah. Setelah dipresentasikan...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Pada konferensi I/O kali ini, Google telah meluncurkan fitur baru untuk Circle to Search. Fitur yang dapat membantu siswa untuk mengerjakan...