Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Apple Ungkap Adopsi iOS 17 Masih Kalah Cepat dari iOS 16

iOS 17_1a
iOS 17. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Apple baru saja mengumumkan adopsi sistem operasi selulernya, khususnya iPadOS dan iOS. Laporan ini mengungkap adopsi iOS 17 dan iPadOS 17 dibandingkan pendahulunya. Mengutip informasi dari GSM Arena, adopsi iOS 17 masih akan lebih rendah dibandingkan pendahulunya iOS 16, namun tidak banyak. iOS versi terbaru ini dikatakan telah mencapai 76% dari iPhone yang dirilis dalam 4 tahun terakhir. Sebagai perbandingan, iOS 16 menjangkau 81% perangkat secara bersamaan. Sementara itu, sekitar 20% iPhone yang diluncurkan dalam 4 tahun terakhir masih menggunakan iOS 17 dan 4% masih menggunakan iOS versi lama. Pindah ke iPadOS, situasinya agak berbeda dengan iOS. iPadOS 17 akan memiliki tingkat adopsi yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. iPadOS 17 kini diinstal di 61% iPad yang dirilis dalam 4 tahun terakhir. Berikutnya, 29% perangkat masih menjalankan iPadOS 16 dan 10% menjalankan versi lama.

Capaian Terbaru

iOS 17_2b

iOS 17. (Sumber: PC Mag)

Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Selama periode yang sama, iPadOS 16 hanya diinstal pada 53% perangkat yang dirilis dalam 4 tahun terakhir.

Setelah itu, jumlah total iPad yang menjalankan iPadOS 17 kini mencapai 53%, diikuti oleh 29% perangkat yang menjalankan iOS 16, dan 18% iPad masih menjalankan sistem operasi lama.

Jumlah ini jelas membuat adopsi iOS dan iPadOS lebih baik dibandingkan sistem operasi seluler lain seperti Android. Pasalnya, Apple mengelola seluruh sistem operasi pada perangkatnya, berbeda dengan Android yang digunakan pada lebih banyak perangkat dari vendor yang lebih beragam.

Tidak jarang setiap operator memiliki kebijakan berbeda mengenai pembaruan Android di perangkatnya.

Apple Siapkan HP Layar Lipat Pertama untuk Rilis Tahun 2026 atau 2027

Di sisi lain, Apple sejauh ini menjadi satu-satunya perusahaan teknologi yang masih ragu untuk “memasuki” pasar smartphone layar lipat.

Faktanya, banyak rumor yang menyebutkan Apple akan memperkenalkan ponsel layar lipat pertamanya sekitar tiga tahun lagi. Sejauh ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS itu belum mau membeberkan apa pun terkait ponsel layar lipat tersebut. Namun, hal ini tampaknya mulai berubah. GSM Arena terkemuka, 2026 atau 2027 akan menjadi masa peluncuran ponsel layar lipat Apple.

Informasi ini diungkap oleh sumber anonim di Korea. Ponsel Apple ini konon akan memiliki layar utama berukuran 7 atau 8 inci. Dengan ukuran tersebut, ponsel Apple ini berpotensi menggantikan lini iPad mini yang ada di pasaran dalam beberapa tahun mendatang.

Baca juga: Royalti Spatial Audio Apple Music Cuma Untungkan Pemain Besar

Spesifikasi Soal HP Baru Apple

HP Layar Lipat Apple_1a

HP Layar Lipat Apple. (Sumber: CNET)

Sayangnya, spesifikasi teknis dan tampilan ponsel baru Apple tersebut belum terungkap. Samsung Display dan LG Display dikabarkan akan menyediakan model panel layar lipat berukuran 6 dan 7 inci. Jika Apple memutuskan untuk memperkenalkan ponsel layar lipat, kemungkinan besar perusahaan akan menggunakan panel berukuran 6 dan 7 inci.

Hal ini didasarkan pada pengalaman Samsung Display sebagai pemasok terkemuka ponsel lipat Samsung, seperti Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold.

Melalui hal ini, ada kemungkinan perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini akan memperluas produk layar lipatnya. online jika ponsel mereka sukses di pasaran. Maka tak heran jika pada tahun 2028 Apple meluncurkan produk dengan layar lipat berukuran 20,25 inci.

Tentunya model smartphone baru dari Apple ini akan menjadi pilihan yang menarik dan juga bisa menjadi pilihan yang pas bagi para pecinta gadgetnya dimana menginginkan spek gadget yang canggih dan juga memiliki berbagai fitur canggihh di dalamnya.

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah mengupdate perangkat Anda ke versi yang jauh lebih baru lagi? Dengan mengupdate perangkat, akan ada banyak fitur baru yang menarik. Jangan ketinggalan dengan info-info menarik lainnya di Unbox.id.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple Watch menjadi smartwatch paling populer selama hampir satu dekade. Terbaru dikabarkan Apple akan merilis Apple Watch X sebagai suksesor dari Apple...

Apps & Games

Unbox.id – iPhone memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya menghapus pesan yang dikirim ke orang lain. Hal ini tentu sangat membantu, karena mengirim pesan kepada...

Artikel

Jakarta. Unbox.id – Perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat, Apple, kemungkinan akan menciptakan perangkat wearable yang lebih canggih di masa depan. Menurut beberapa sumber,...

Apple

Unbox.id – iPhone SE generasi terbaru diperkirakan akan dirilis pada tahun 2025. Kabarnya, Apple kini tengah bersiap memperkenalkan lini iPhone terjangkau dengan layar OLED....